Lupa Password? Ini Cara Atasi Lupa Kata Sandi FB Dijamin Work

Lupa kata sandi FB dan sulit untuk meresetnya mungkin akan membuat frustrasi. Jangan takut ada beberapa cara  untuk mereset kata sandi Anda yang terlupakan.

Jika Anda memiliki email atau nomor telepon yang sama dengan yang Anda daftarkan, cara atasi lupa kata sandi FB dijamin work dan tidak akan lama. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba. Berikut langkah lengkapnya.

Dengan Kode Pemulihan

Cara atasi lupa kata sandi FB dijamin work yang paling mudah adalah menggunakan kode pemulihan. Hanya saja  Anda harus memiliki akses ke akun email yang Anda gunakan saat mendaftar ke Facebook:

  1. Pertama, buka halaman login Facebook.
  2. Coba masuk dengan kata sandi terakhir yang Anda ingat gunakan.
  3. Jika salah, Google akan mengirimkan kode pemulihan ke alamat email yang terkait dengan akun Anda. Gunakan untuk masuk ke akun Anda.

Alamat Email atau Nomor Telepon Cadangan

Apa yang harus dilakukan jika Anda tidak lagi memiliki akses ke alamat email yang Anda gunakan untuk mendaftar? Anda masih dapat memulihkan akun Facebook Anda melalui alamat email atau nomor telepon cadangan. 

Hanya saja cara ini akan berfungsi jika Anda sebelumnya sudah menautkan Facebook dengan akun Google Anda. Berikut cara kerjanya:

  1. Buka halaman login Facebook.
  2. Klik Lupa akun?
  3. Pilih metode untuk menyetel ulang sandi Anda: Akun Google, alamat email cadangan, atau nomor telepon.
  4. Klik Lanjutkan dan ikuti petunjuk untuk mengatur ulang kata sandi Anda.

Dengan Menggunakan Kontak Terpercaya

Cara ketiga jika Anda juga tidak dapat mengakses akun Anda dengan dua cara diatas adalah Anda bisa menggunakan kontak tepercaya untuk memulihkan akun Anda. Namun, ini hanya berfungsi jika Anda telah memilih kontak tepercaya sebelumnya. Berikut langkahnya:

  1. Buka halaman login Facebook.
  2. Klik Lupa akun?
  3. Di jendela berikutnya, pilih Tidak lagi memiliki akses ke ini?
  4. Masukkan alamat email atau nomor telepon baru yang ingin Anda gunakan.
  5. Minta kontak tepercaya Anda untuk mengunjungi https://www.facebook.com/recover dan memberi Anda kode pemulihan.
  6. Masukkan kode, klik Lanjutkan, dan ikuti petunjuk untuk mengatur ulang akun Anda.
Trending:  3 Cara Update Net Framework Termudah untuk Dijamin Berhasil

Jika tiga cara diatas, mulai dari Anda tidak dapat mengakses akun email yang Anda gunakan saat mendaftar ke Facebook atau telah menyiapkan email cadangan, nomor telepon, dan kontak darurat, maka, sayangnya, Anda tidak akan dapat lagi masuk ke akun Facebook Anda.

Tidak ada cara lain untuk memverifikasi bahwa Anda benar-benar mencoba untuk mendapatkan kembali akses ke Facebook Anda karena ini juga dibutuhkan untuk melindungi diri Anda dari serangan pihak tidak bertanggung jawab yang mungkin ingin mengakses akun Anda.

Oleh karena itulah, sebelum Anda lupa, Anda sebaiknya tambahkan metode verifikasi dan pemulihan tambahan, seperti nomor telepon dan kontak tepercaya. Anda tidak pernah tahu kapan Anda mungkin lupa kata sandi Anda, atau seseorang mungkin mencoba meretas akun Anda – yang terbaik adalah memiliki beberapa metode verifikasi yang berbeda.

Menambahkan Fitur Keamanan

  1. Masuk ke akun Facebook Anda, klik panah kecil di sebelah kanan, dan pilih Pengaturan.
  2. Di tab Umum, pilih Kontak dan tambahkan alamat email cadangan dan nomor telepon Anda saat ini.
  3. Kemudian, pilih tab Keamanan dan masuk di sebelah kiri dan gulir ke bawah ke Menyiapkan keamanan ekstra.
  4. Anda dapat memilih 3 hingga 5 teman yang akan membantu Anda memulihkan akun jika Anda lupa kata sandi di kemudian hari.

Saat Anda melakukan setting, Anda dapat mengubah pengaturan keamanan dan privasi lainnya. Siapkan peringatan untuk login yang tidak dikenal dan autentikasi dua faktor jika Anda belum melakukannya.

Anda juga dapat mengubah kata sandi menjadi sesuatu yang panjang dan rumit, Dengan cara ini, Anda tidak akan menanggung risiko kehilangan di masa depan. Selamat mencoba.