Beranda » 4 Cara Mengatasi Memori Internal Xiaomi Penuh dengan Mudah

4 Cara Mengatasi Memori Internal Xiaomi Penuh dengan Mudah

Bgtekno.com – Xiaomi merupakan salah satu merek smartphone yang menghadirkan berbagai varian dan tipe dengan harga terjangkau namun berkualitas. Ketika sudah terlalu lama digunakan, pengguna seringkali menemukan permasalahan memori internal xiaomi penuh, sehingga tidak bisa menyimpan file lebih banyak lagi.

4 Cara Mengatasi Memori Internal Xiaomi Penuh dengan Mudah Dijamin Berhasil

Hal tersebut dipicu oleh berbagai faktor seperti penumpukan file sampah, penumpukan file berkas dan media WA, dan lain sebagainya. Hal ini tentu mengakibatkan performa dari ponsel menurun. Berikut terdapat tips untuk mengatasi permasalahan tersebut, antara lain sebagai berikut.

memori internal xiaomi penuh

1. Bersihkan File Junk dan Cache

Pengguna sebaiknya membersihkan file junk dan cache secara berkala agar tidak menumpuk dan membuat memori internal xiaomi penuh. Ponsel xiaomi sendiri sudah dibekali dengan aplikasi pembersih bawaan yang bisa digunakan untuk membersihkan semua file tersebut dengan cepat. Berikut langkah-langkahnya:

  • Silahkan buka dan jalankan aplikasi pembersih bawaan tersebut.
  • Tunggu hingga proses scanning cache selesai.
  • Setelah itu silahkan tap “Bersihkan” untuk memulai proses tersebut.
  • Tunggu beberapa saat hingga selesai.

Selain file sampah dan cache, pengguna juga perlu membersihkan file yang tidak dibutuhkan. Contohnya dokumen, aplikasi, foto, hingga video yang sudah tidak diperlukan lagi. Hal ini karena file tersebut paling banyak memakan memori internal.

2. Bersihkan File Whatsapp dan Matikan Pengunduhan Otomatis

Tanpa disadari, WA merupakan salah satu aplikasi yang menyebabkan memori internal xiaomi penuh. Hal ini karena banyak orang menggunakan aplikasi ini untuk berkomunikasi termasuk mengirim dan menerima berbagai media kepada orang lain.

Trending:  Agama Viral TikTok; Apakah Benar Tentatif Adalah Agama?

Sangat penting untuk membersihkan file whatsapp agar tidak semakin menumpuk dan menurunkan performa dari ponsel itu sendiri. Berikut beberapa langkahnya:

  • Silahkan buka aplikasi whatsapp.
  • Masuk ke menu “Pengaturan”.
  • Setelah itu klik pada opsi “Penyimpanan dan data” lalu klik “Kelola penyimpanan”.
  • Nantinya akan muncul berbagai pilihan file maupun kontak yang bisa dihapus.
  • Silahkan pengguna hapus yang sekiranya sudah tidak diperlukan lagi.

Setelah membersihkan file whatsapp, selanjutnya bisa matikan pengunduhan otomatis nya. Untuk mematikan pengunduhan otomatis pada WA bisa dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Silahkan buka dan jalankan aplikasi whatsapp. 
  • Setelah itu silahkan klik menu “Pengaturan”.
  • Kemudian klik pada opsi “Penyimpanan dan data”.
  • Silahkan matikan pilihan unduh otomatis media.

3. Tambahkan Memori Eksternal

Cara mengatasi memori internal xiaomi penuh juga bisa dengan menambahkan memori eksternal. Setiap ponsel, tentu dilengkapi dengan slot micro SD yang bisa dimanfaatkan apabila membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar.

Setelah memasang memori eksternal, maka pengguna bisa memindahkan semua file yang ada di ponsel ke memori eksternal agar internal ponsel lebih lega. Memori internal bisa digunakan untuk instalasi aplikasi dan game saja.

Selain itu, lakukan pengaturan pada kamera, unduhan browser maupun lainnya agar secara otomatis tersimpan ke memori eksternal ketika mengunduhnya. Dengan demikian, akan mencegah memori internal ponsel penuh.

4. Gunakan Layanan Cloud Storage

Untuk menghemat kapasitas memori internal juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan layanan cloud storage. Opsi ini bisa dijadikan alternatif apabila belum memiliki budget untuk membeli micro SD atau ketika ponsel yang dimiliki tidak dilengkapi slot microSD.

Pengguna bisa memanfaatkan google drive yang menyediakan ruang penyimpanan mencapai 15 GB. Selain itu, terdapat beberapa layanan cloud storage lainnya yang bisa digunakan seperti dropbox, OneDrive, dan masih banyak lagi.

Trending:  Jangan Sampai Keliru! Berikut Cara Verval Nomor Ponsel

Tidak hanya menghemat ruang penyimpanan, namun juga mampu mengintegrasi dari satu perangkat dengan perangkat lain. Selain itu, pengguna juga bisa mengakses file kapanpun sesuai kebutuhan dengan mudah. Dengan menggunakan satu akun, maka sudah terintegrasi dengan perangkat lain.

Baca Juga: Kenapa Setelah Update Android 12 Jadi Lemot

Cara mengatasi memori internal xiaomi penuh di atas bisa diaplikasikan agar kapasitas penyimpanan ponsel menjadi lebih lega. Selain menghapus file yang tidak diperlukan, juga disarankan untuk menambah penyimpanan eksternal.