Beranda » 11 Menu Pada Photoshop yang Editor Harus Pahami

11 Menu Pada Photoshop yang Editor Harus Pahami

Bgtekno.com – Dalam memahami sebuah software, seorang pemula perlu mengetahui seperti apa fitur dalam software tersebut. Seperti halnya Photoshop, fitur-fitur penting pada software buatan Adobe ini ada pada menu. Menu pada Photoshop bukan hanya sembarang menu saja, karena disinilah berbagai fitur-fitur berada.

11 Menu Pada Photoshop, Editor Pemula Wajib Tahu!

Seiring berkembangnya software Adobe Photoshop, fitur-fitur yang disediakan akan semakin berlimpah. Karena itu, menu yang letaknya pada kolom atas ini, dapat digunakan untuk menyimpan beberapa fitur alat agar layar tidak penuh. Apa saja menu-menu dari Photoshop? Berikut penjelasannya.

menu pada photoshop

1. File

Menu pada Photoshop yang paling pertama ada menu File, yang letaknya paling pojok di samping logo Photoshop. Menu ini berisi opsi-opsi umum seperti membuat file baru, menyimpan hasil editan, dan juga Export/Import file. Namun menu ini selalu ada di software manapun.

2. Edit

Menu selanjutnya yaitu Edit. Sesuai dengan namanya, menu ini berisi alat umum seperti Cut, Copy, dan Paste. Fitur Step Forward dan Step Backward juga tersedia. Menu Edit memiliki fitur advanced seperti Brush Preset untuk membuat brush, dan Transform untuk mendistorsi gambar.

3. Image

Pada menu Image, terdapat fitur-fitur dasar yang digunakan untuk mengedit foto. Misalnya memotong foto, mengubah ukuran foto atau canvas, hingga fitur Adjustments untuk mengubah warna foto. Disini juga ada fitur Auto Tone/Contrast/Color untuk mempermudah pengubahan warna.

4. Layer

Menu Layer adalah menu terpenting dalam Photoshop. Pasalnya, menu ini memiliki semua fitur untuk mengatur Layer, yang merupakan inti dari editan. Fitur seperti Vector Mask, Layer Style, hingga Smart Objects digunakan untuk desain dan editing profesional.

Trending:  Cara Dapat Mlive Mod Apk Vip Gratis Terbaru 2022

5. Type

Sesuai dengan nama, menu ini adalah menu khusus untuk mengatur teks pada layer. Fitur-fitur pada menu Type akan membantu mempercantik teks, dan membuatnya menjadi menarik. Ingin mengubah teks menjadi 3D? Tinggal gunakan fitur Extrude to 3D dari menu ini.

6. Select

Menu pada Photoshop yang satu ini lebih mengarah pada fitur seleksi, dimana area yang diseleksi dapat diatur sesuai keinginan. Fitur seperti Refine Edge sangat krusial untuk mempercantik hasil seleksi, dan 3D Extrusion digunakan untuk mengubah seleksi menjadi 3D.

7. Filter

Seperti halnya aplikasi editing lain, Photoshop juga memiliki filter yang dikompilasikan dalam menu Filter. Menu ini memiliki semua fitur yang disediakan Adobe untuk digunakan pada editan. Jika ingin lebih, ada fitur Browse Filters Online untuk filter-filter yang lebih menarik.

8. 3D

Hal yang membuat Photoshop mutakhir adalah Photoshop tidak hanya mengedit gambar 2D saja. Software ini memiliki fitur-fitur untuk membuat dan mengedit gambar 3D melalui menu ini. Objek 3D juga dapat diubah langsung dari gambar 2D jika tidak ingin bersusah payah.

9. View

Selanjutnya, ada menu View untuk membantu proses editing menjadi lebih mudah. Fitur seperti Guide, Rulers, Slices, dan Screen Mode, akan membuat editing menjadi lebih rapi dan tertata. Fitur Proof Setup juga dapat memperlihatkan hasil editing dalam warna cetakan lain.

10. Window

Menu Window ini sangat berguna apabila tampilan layar terlalu penuh dengan kotak editing. Jika tidak ingin melihat kotak Color misalnya, tinggalkan hapus centang Color pada menu ini. Editor juga dapat memilih Workspace untuk memperlihat fitur editing khusus 3D dan sebagainya.

11. Help

Menu pada Photoshop yang terakhir adalah menu Help, dimana menu ini berisi mengenai software itu sendiri. Bingung dengan fitur-fitur terbaru Photoshop? Tinggal lihat opsi What’s New. Menu ini juga memiliki Photoshop Support Center dan Online Help jika membutuhkan bantuan.

Trending:  7 Aplikasi Pendingin HP Xiaomi yang Terbukti Efektif

Baca Juga: 3 Cara Mengecilkan Ukuran Foto Paling Mudah

Bagaimana, menu pada Photoshop cukup menjanjikan, bukan? Dengan menu-menu ini, editor akan dengan mudah menemukan fitur yang diinginkan tanpa harus kebingungan dan mencari-cari lagi. Pastikan untuk mengingat menu-menu dari Photoshop jika ingin menggunakan software dari Adobe ini.