Home » Tutorial Menutupi Jerawat dan Flek Hitam Dengan Concealer

Tutorial Menutupi Jerawat dan Flek Hitam Dengan Concealer

Masih banyak wanita yang belum mengetahui cara menggunakan concealer yang benar dimana bisa digunakan untuk menutupi jerawat dan flek hitam juga. Simak panduan cara pemakaian concealer dengan teknik yang tepat.

Seperti yang kita ketahui bersama dimana make up telah menjadi rutinitas keseharian banyak wanita namun masih banyak wanita yang mengetahui cara pemakaian make up yang tepat, salah satunya adalah pemakaian concealer.

Concealer sendiri sangat penting untuk membuat make up anda makin sempurna dimana concealer dapat membantu anda membuat wajah anda makin mulus. Bahkan bisa menutupi jerawat hingga flek hitam sehingga anda pun bisa makin percaya diri.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara pemakaian concealer dengan teknik yang tepat untuk anda aplikasikan sebagai berikut.

Tutorial Pemakaian Concealer yang Benar

Menutupi Jerawat dan Flek Hitam Dengan Concealer

Concealer Alis

Pertama dan paling krusial adalah anda harus mengetahui cara menggunakan concealer alis. Apabila anda ingin pergi ke acara penting yang membutuhkan riasan, penampilan alis yang rapi bisa menambah kesan cantik berkali-kali lipat.

Caranya pun sangat mudah dimana pertama-tama anda harus pastikan kulit di sekitar alis bersih dan bebas dari minyak atau krim. Lalu anda bisa bersihkan wajah terlebih dahulu dan gunakan pelembap ringan jika diperlukan. Selanjutnya anda pilih concealer yang satu atau dua nada lebih terang dari warna kulit alami. Begini panduan cara penerapannya.

  • Anda bisa gunakan sikat atau aplikator concealer untuk mengaplikasikan produk dengan tipis di bawah alis, mengikuti bentuk alis secara alami.
  • Apabila anda mengalami masalah dengan alis yang tidak rata atau berlubang, anda bisa gunakan concealer lebih banyak pada area yang membutuhkan perbaikan.
  • Gunakan jari atau kuas concealer untuk mengblend concealer secara lembut ke kulit. Pastikan concealer menyatu dengan kulit dan tidak terlihat terlalu terang atau tebal.
  • Setelah mengaplikasikan concealer, anda dapat menetapkannya dengan sedikit bedak tabur agar concealer tetap berada di tempatnya sepanjang hari.
Trending:  Cara Dana ID Topup Games Mobile Legends dan Free Fire

Sebagai catatan agar jangan terlalu banyak mengaplikasikan concealer, karena dapat membuat alis terlihat berat dan tidak alami. Gunakan hanya secukupnya untuk menyamarkan kekurangan dan membantu memberi definisi pada alis.

Concealer Bawah Mata

Selanjutnya adalah cara pakai concealer bawah mata. Metode ini cocok bagi anda yang punya mata panda atau area bawah mata yang jauh lebih gelap. Anda bisa memilih warna concealer yang lebih muda satu hingga dua tingkat dari warna kulit asli untuk menyamarkan bayangan bawah mata.

Sebelum mengaplikasikan concealer, pastikan kulit di area bawah mata bersih dan lembapkan dengan menggunakan pelembap. Hal ini akan membantu concealer lebih mudah diaplikasikan dan merata di kulit. Simak panduan cara memakai concealer untuk mata panda sebagai berikut.

  • Anda bisa gunakan ujung jari atau kuas concealer dan aplikasikan concealer di bagian bawah mata, mulai dari sudut dalam mata hingga sudut luar mata.
  • Oleskan concealer dengan lembut dan meratakan dengan gerakan mengetuk-ngetuk untuk menghindari gesekan berlebih yang dapat merusak kulit yang sensitif di area bawah mata.
  • Pastikan concealer terblend dengan baik pada kulit. Baurkan concealer ke arah luar, mengarah ke tulang pipi dan bagian atas pipi untuk menciptakan transisi yang halus dengan kulit wajah.
  • Agar concealer lebih tahan lama dan tidak mudah menggumpal, set concealer dengan sedikit bedak transparan. Ini juga membantu mengurangi kilau di area bawah mata.

Sebagai saran bagi anda yang ingin menutup area gelap di bawah mata, maka anda bisa gunakan concealer secukupnya. Jangan over-apply karena bisa menimbulkan efek yang tidak diinginkan, seperti terlihat berat atau menyoroti garis-garis halus.

Concealer Hidung

Seelanjutnya adalah cara menggunakan concealer pada hidung yang salah satu tutorial pakai concealer yang paling banyak dicari dan cocok bagi anda yang menginginkan bentuk hidung mancung saat menggunakan make up. Simak panduannya sebagai berikut.

  • Sebelum menggunakan concealer, oleskan primer pada hidung untuk memastikan hasil yang lebih tahan lama dan mengurangi pori-pori yang terlihat.
  • Gunakan concealer dengan kuas kecil atau jari untuk menitikkan beberapa titik concealer di bagian hidung yang ingin Anda tutupi. Misalnya, sisi hidung dan ujung hidung.
  • Setelah menitikkan concealer, ratakan dengan lembut menggunakan jari atau kuas kecil. Pastikan untuk meratakan concealer dengan lembut dan tipis sehingga terlihat alami.
  • Blend concealer dengan lembut ke arah wajah untuk menghindari garis tegas yang terlihat. Hindari menggosok-gosok concealer, tetapi tepuk-tepuklah lembut untuk hasil yang lebih baik.
  • Setelah concealer teraplikasi dengan baik, gunakan bedak untuk mengunci dan menetapkan concealer agar tahan lama. Hindari menggunakan terlalu banyak bedak agar tidak membuat hidung terlihat terlalu kering.
Trending:  Cara Melihat Postingan Ulang di TikTok Sendiri dan Teman

Sebagai informasi tambahan, anda bisa menciptakan efek highlight pada hidung dengan gunakan concealer yang lebih terang dari warna kulit pada bagian tengah hidung. Contohnya pada tulang hidung dan bagian bawah ujung hidung.

Concealer Menutup Flek

Tutorial pakai concealer berikutnya adalah cara memakai concealer untuk menutupi flek hitam agar bisa terlihat samar dengan make up. Simak panduannya sebagai berikut.

  • Jika flek hitam lebih gelap dari warna kulit, pilih concealer yang lebih muda satu hingga dua nada agar bisa menyamarkan dengan baik.
  • Oleskan pelembap ringan untuk menjaga kelembapan kulit dan memastikan concealer merata saat diaplikasikan.
  • Ambil sedikit concealer dengan ujung jari atau kuas concealer. Titikkan concealer pada bagian flek hitam secara perlahan. Hindari menggosok kulit agar tidak memperburuk kondisi flek.
  • Ratakan concealer dengan lembut menggunakan ujung jari atau spons makeup. Pastikan concealer menyatu dengan kulit secara menyeluruh, sehingga tidak terlihat seperti lapisan terpisah.

Dan terakhir, anda bisa set dengan bedak setelah concealer merata. Anda bisa gunakan bedak yang sesuai dengan warna kulit untuk mengunci concealer agar tahan lebih lama dan mencegah concealer menggumpal. Jika memungkinkan, anda bisa menggunakan produk dengan SPF agar tidak memperburuk flek hitam.

Concealer Menutup Jerawat

Bagi anda yang memiliki jerawat dan membuat anda tidak percaya diri, maka anda bisa menyimak panduan menutup jerawat menggunakan concealer dimana pertama-tama pastikan kulit wajah sudah bersih dan kering sebelum mulai aplikasi. Simak panduannya sebagai berikut.

  • Pertama, silahkan pilih concealer dengan formula non-comedogenic (tidak menyebabkan komedo) sangat disarankan untuk menghindari jerawat baru.
  • Sebelum mengaplikasikan concealer, gunakan primer untuk mempersiapkan kulit. Primer akan membantu concealer lebih tahan lama dan mengurangi kemungkinan concealer menggumpal pada jerawat.
  • Lalu anda bisa mengambil concealer menggunakan ujung jari atau kuas dan usapkan secara lembut pada jerawat yang ingin ditutup. Jangan menggosok keras agar tidak memperparah kondisi jerawat.
  • Setelah mengaplikasikan concealer, anda bisa tepuk-tepuk dengan lembut menggunakan ujung jari atau kuas concealer.
Trending:  Apa Arti Restricted View? Istilah Umum dalam Konser Musik

Sebagai sedikit tips, anda harus hindari penggunaan concealer terlalu banyak pada area berjerawat karena bisa membuatnya terlihat jelas dan mencolok. Selain itu, rutin melakukan perawatan kulit dan penggunaan produk yang tepat akan sangat meredakan jerawat dari waktu ke waktu agar anda tidak tergantung pada pemakaian make up.

Demikian informasi mengenai panduan cara pemakaian concealer dengan teknik yang tepat dan bisa membuat penampilan wajah anda makin sempurna dan bisa menutupi jerawat serta flek di wajah. Semoga berguna dan bermanfaat.