Beranda » Menyusun RPP Kelas 1 semester 2 Beserta Contohnya

Menyusun RPP Kelas 1 semester 2 Beserta Contohnya

Bgtekno.com – Jika Anda seorang Guru, maka Anda pasti mengetahui apa yang di maksud dengan RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ). Sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran akan sangat baik apabila seorang Guru terlebih dahulu Menyusun rencana pembelajaran yang akan dilakukan, sehingga proses belajar mengajar berjalan lancar dan terarah. Contohnya pada RPP siswa SD

Apa Itu RPP

RPP siswa SD

Jadi RPP adalah sebuah rancangan kegiatan belajar mengajar yang di buat oleh guru agar pembelajaran siswa berjalan teratur dan tertata. Mencakup tujuan dilaksanakannya pembelajaran, kegiatan pembelajaran seperti apa yang akaan dilakukan dan penilaian seperti apa yang guru akan nilai dari proses belajar.

Baca juga: silabus kelas 2 semester 1

Apa sih kegunaan membuat RPP bagi seorang guru?

Tentunya hal ini sangat diperlukan sehingga rencana pelaksanaan pembelajaran wajib untuk di buat. Alasan pertama agar proses belajar mengajar berjalan sistematis dan teratur, karena dalam RPP ini memuat metode pembelajaran seperti apa yang akan dilakukan.

Selain itu RPP juga memudahkan untuk menganalisa hasil pembelajaran para siswa sekaligus memudahkan dalam menyampaikan materi pembelajaran. Maka dari itu penting untuk Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dengan baik dan benar.

Untuk Anda yang seorang Guru kelas satu, berikut adalah apa saja yang perlu di perhatikan dalam Menyusun atau membuat RPP siswa SD kelas 1 semester 2.

Menyusun RPP kelas 1 semester 2 

Untuk Menyusun RPP kelas 1 semester 2 Kurikulum 2013 berdasarkan surat edaran Mendikbud No. 14 Thaun 2019 ada 3 komponen utama yang harus dilengkapi  yaitu sebagai berikut

  1. Tujuan pembelajaran
  2. Kegiatan pembelajaran
  3. Penilaian assessment
Trending:  Hal yang Harus Dilakukan Ketika Menyusun Pemetaan KD Kelas 6 Semester 2 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat atau Menyusun RPP antara lain:

  • Dalam pembuatan RPP harus dikaukan dengan tepat, artinya tidak memakan banyak waktu maupun tenaga. RPP dibuat efektif untuk mencapau tujuan pembelajaran dan disesuaikan dengan kemampuan , ,minat, serta kebutuhan siswa di kelas.
  • RPP dibuat sesingkat mungkin, bahkan jika memungkukinakan 1 lembar saja cukup . Namun meski begitu bukan berarti bahwa RPP yang memuat 13 komponen tidak bisa digunakan.
  • Sekarang ini RPP hanya perlu melengkapi 3 komponen utama saja.
  • Guru dapat membuat RPP secara bebas dengan artian , tidak terikat pada suatu format apapun. Sehingga tidak heran jika ada yang membuat RPP yang kreatif dan inofatif seperti contoh RPP di bawah ini.

Menyusun RPP

Pada bagian awal setelah Judul, RPP siswa SD akan di isi dengan data-data yang sesuai dengan materi pembelajaran , yaitu : Satuan Pendidikan , kelas / semester, tema pembelajaran, sub tema yang akan di pelajari dari tema , muatan terpadu, pembelajaran keberapa , dan juga alokasi waktu pembelajaran.

Dalam pembuatan RPP kelas 1 semester 2, tentulah harus sesuai dengan apa yang ada di dalam buku paket. Nah disini untuk Rpp kelas 1 semester 2 tema 5 dengan judul ‘pengalamanku’ subtema 1 (pengalaman masa kecil) , pada bagian “tujuan pembelajaran” bentuknya akan seperti ini :

A.TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Setelah mendengarkan lagu bunda piara siswa diharapkan mampu untuk menyanyikan lagu di deoan teman sekelasnya dengan percaya diri
  2. Dst .

Kemudian ada “kegiatan pembelajaran” yang biasanya berbentuk tabel seperti contoh di bawah ini

Namun ada juga yang tidak. Pada bagian ini akan ada tiga bagian dalam komponen ini yaitu : 

  1. Pendahuluan yang mana biasanya deslripsinya berisi kegiatan orientasi , apresiasi , dan motivasi .
  2. Kegiatan inti yang berdasarkan tema 5 sub tema 1 deskripsinya berisi kegiatan menyanyi , mengamati , dan berlatih .
  3. Kegiatan penutup dimana guru memberikan evaluasi dari pont penting dari materi pembelajaran ( creativity )
Trending:  Makna dan Keutamaan Zikir La Haula Wala Quwwata Illa Billah, Setiap Muslim Wajib Tahu

Dan yang terakhir adalah “asesmen / penilaian” yang berisi penilaian seperti apa yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran.

Baiklah mungkin Itu tadi beberapa informasi yang bisa saya sampaikan tentang bagaimana Menyusun RPP siswa SD Kelas 1 semester 2, semoga ada manfaat di dalamnya.