Pentingnya Modul Ekonomi Kelas 11 Bagi Guru dan Siswa

Bgtekno.com – Seorang guru menggunakan perangkat pendukung dalam proses pembelajaran demi tercapainya tujuan pembelajaran. Salah satu yang kerap digunakan adalah Modul Ekonomi Kelas 11. Lalu apa saja manfaat menggunakan modul pada proses pembelajaran? Mari simak informasi berikut ini.

Baca juga: Silabus kelas 5 semester 1 

Manfaat Penggunaan Modul

Modul mempunyai manfaat tidak hanya bagi guru tapi juga siswa. Apalagi di jaman serba digital ini Direktorat Pembina SMA menerbitkan salah satu produk Modul elektronik. Manfaat dari penggunaan modul diantaranya sebagai berikut.

Memberikan Feedback

Guru mata pelajaran Ekonomi pada jenjang Sekolah menengah Atas tentu akan terbantu dengan adanya Modul Ekonomi ini. Perangkat pembelajaran ini dapat memberikan umpan balik yang besar dan cepat, maka dari itu siswa bisa mengetahui tingkat hasil belajarnya. Kesalahan dalam pengerjaan soal dapat segera di ketahui dan diperbaiki.

Modul ekonomi

Bgtekno.com

Jika ulangan hanya diberikan beberapa kali dalam sebuah semester, tidak dengan modul. Evaluasi biasa dilakukan setiap kali pertemuan. Sehingga kegiatan pembelajaran berjalan lebih efektif.

Penguasaan Materi Tuntas

Dalam pelaksanaannya, pembelajaran menggunakan modul ekonomi, setiap siswa bisa memperoleh kesempatan yang sama dalam meraih nilai maksimal. Syarat capain adalah siswa telah menguasai materi ajar dengan tuntas.

Apabila siswa telah memahami materi Ekonomi dengan tuntas dan memiliki dasar teori sebelumnya, maka siswa telah siap menghadapi pelajaran selanjutnya. Hal ini menjadi nilai plus modul dibandingkan dengan pengajaran tanpa modul. Dimana umumnya penguasaan materi siswa hanya sedikit yang tuntas.

Tujuan

Modul ekonomi kelas 11 ini disusun dengan dasar tujuan yang spesifik, jelas dan bisa dicapai oleh siswa. Pentingnya tujuan dalam perangkat pembelaajran adalah kegiatan belajar siswa terarah dan tujuan dapat dicapai lebih cepat.

Trending:  Berbagai Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Silabus Kelas 2 Semester 1

Motivasi

Kegiatan belajar dan mengajar adalah guru berperan sebagai fasilitator dalam membimbing siswa untuk mencapai ketuntasan belajar. Tujuan hanya bisa dicapai dengan langkah yang disusun teratur kemudian muncullah motivasi kuat untuk belajar dengan giat.

Lebih Fleksibel

Dengan menggunakan Modul Ekonomi, pendidik dan tenaga kependidikan dapat menyesuaikan perbedaan kecepatan belajar siswa. Sebagaimana yang diketahui bahwa masing-masing siswa memiliki kecepatan belajar yang beragam, yakni cepat, sedang, dan lambat.

Modul dapat memfasilitasi kecepatan belajar murid Anda yang berbeda-beda. Selain itu manfaat dari penggunakan modul adalah dapat menyesuaikan cara belajar siswa dan bisa menjadi bahan ajar.

Kerjasama

Penggunaan Modul Ekonomi juga bisa menekan rasa persaingan yang kerap dialami oleh siswa. Perasaan tersebut umumnya muncul karena kesenjangan yang ada. Oleh karena itu modul memiliki peran dalam membantu siswa untuk mencapai hasil belajar tinggi tanpa rasa persaingan.

Siswa tidak lagi bersaing dalam meraih ranking tertinggi sebab dalam penggunaan modul tidak menggunakan kurva normal untuk menentukan angka. Membangun kerjasama antara guru dan siswa yang terus berkembang sebab kedua pihak merasa memiliki tanggungjawab atas keberhasilan pembelajaran.

Pengajaran Remedial

Pengajaran menggunakan metode modul memberikan kesempatan bagi siswa untuk melaksanakan remedial. Yang dimaksud remedial disini adalah menemukan dan memperbaiki kelemahan dalam belajar. Guru dan siswa juga dapat menemukan kekurangan tingkat pemahaman siswa dalam suatu materi berdasarkan hasil evaluasi.

Modul ekonomi kelas 11

Bgtekno.com

Sistem pembelajaran menggunakan modul yang kontinu memudahkan siswa dalam melakukan remedial. Siswa tidak diharuskan mengulang semua materi pelajaran, melainkan cukup mengulang pada materi yang kurang tuntas.

Keuntungan lain bagi guru yang menggunakan modul ekonomi kelas 11 adalah memberikan kesempatan memberikan bimbingan lebih intensif pada siswa. Guru dapat membantu belajar siswa secara individual tanpa mengganggu seluruh siswa dalam kelas.

Trending:  SK Panitia Ujian Sekolah Untuk Semua Tingkatan ( SD, SMP, SMA/ SMK )

Guru mendapatkan ekstra waktu untuk menyampaikan materi di dalam kelas atau melaksanakan pengayaan. Hasil belajar siswa lebih terjamin sebab modul sengaja disusun untuk memudahkan penguasaan materi siswa menyesuaikan metode yang dibutuhkan.

Tercapainya tujuan pembelajaran pada saat siswa menggunakan Modul Ekonomi Kelas 11 memberikan kepuasan tersendiri bagi pendidik. Disamping itu, pembelajaran menggunakan modul memberikan kebebasan bagi guru dari rutinitas yang mengharuskan menyiapkan banyak bahan ajar.

Guru tidak lagi harus mempersiapkan banyak metode dan perangkat pembelajaran karena semua sudah termuat dalam modul Ekonomi. Sehingga proses belajar dan mengajar berjalan lebih efektif dengan hasil yang maksimal.