Modul Fisika Kelas 12 Sebagai Pendukung Kegiatan Belajar Mengajar

Bgtekno.com – Sebagai seorang guru, tentu anda membutuhkan modul sebagai bahan ajar dalam proses belajar mengajar yang dilaksanakan. Misalnya anda mengambil mata pelajaran fisika di kelas 12, maka anda membutuhkan Modul fisika Kelas 12.

Perlu anda ketahui, modul berbeda dengan buku. Mungkin ada beberapa orang diantara kita yang salah memahami dan mengira bahwa buku sama dengan modul pembelajaran. Yang membedakannya adalah dari segi isinya.

Jika buku berisi keseluruhan materi yang akan diajarkan, maka modul pembelajaran berisi ringkasan materi yang disusun secara sistematis Dalam setiap kelas dan mata pelajaran memiliki modul yang berbeda.

Baca juga: Cara mudah cari data NISN

Modul pembelajaran berguna untuk memudahkan peserta didik dalam mempelajari materi secara mandiri.Dengan adanya modul pembelajaran, maka peserta didik dapat mempelajari dan memahami materi pelajaran sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya.

Peserta didik juga bisa melakukan proses belajar secara mandiri. Selain untuk peserta didik, juga sangat membantu seorang guru dalam menentukan bahan ajarnya.

Berikut Gambaran Isi Modul Fisika Kelas 12

Modul fisika

Bgtekno.com

Sama seperti pada buku pelajaran, dalam modul pembelajaran juga memiliki peta konsep. Peta konsep bertujuan untuk membantu pembaca agar mampu menghubungkan setiap konsep yang telah ia pelajari.

Dalam Modul fisika Kelas 12 peta konsep dibuat berdasarkan judul materi atau sub bab pelajaran. Pada gambar diatas merupakan contoh peta konsep untuk materi Minyak Bumi.

Dengan adanya peta konsep maka peserta didik akan lebih mudah mengetahui apa yang harus mereka pahami. Sehingga dalam proses pembelajaran lebih mudah dan terarah.

Selanjutnya, pada Modul fisika ini anda akan diberi pemaparan tentang bagaimana kegiatan pembelajaran untuk memahami materi yang akan dibahas. Pada bagian ini juga berisi poin – poin penting yang harus dipahami oleh peserta didik.

Trending:  Soal dan Kunci Jawaban PAT Kelas 5 2021

Selain uraian materi juga disajikan rangkuman dalam setiap materi pembelajaran. Jika peserta didik sudah memahami materi tersebut, anda dapat menguji pemahamannya dengan memberikan tugas mandiri serta latihan soal.

Dibagian akhir Modul terdapat evaluasi. Hal ini bertujuan untuk menguji dan melihat sejauh mana kemampuan peserta didik dalam memahami materi yang diberikan.

Selain itu, dengan mengerjakan soal – soal evaluasi juga menjadi persiapan bagi peserta didik dalam menghadapi ujian. Serta melatih kemampuan dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

Jika anda berminat menggunakan Modul fisika atau modul untuk mata pelajaran kelas 12 lainnya, sudah banyak yang tersedia di google. Namun, anda juga bisa membuatnya sendiri.

Tetapi jika ingin membuat modul pembelajaran, terlebih dahulu anda harus mengetahui ciri – ciri modul pembelajaran. Agar, tidak ada kesalahan ketika membuatnya.

Yang pertama adalah self instructional. maksudnya adalah modul dapat memberi instruksi kepada peserta didik secara mandiri. Seperti yang ada pada gambaran Modul fisika Kelas 12 tadi.

Self contained, maksudnya materi dalam modul tersusun sesuai dengan unit kompetensi. Stand alone, yang berarti penyusunan modul benar – benar mandiri. Dan yang terakhir adalah konsisten dimana teknik penulisan modul sesuai dengan apa yang sebelumnya dijelaskan di awal.

Berdasarkan ciri – ciri tersebut anda dapat melihat apakah Modul fisika Kelas 12 atau modul mata pelajaran lain yang anda unduh ataupun buat sendiri sudah sesuai atau masih harus diperbaiki.

Modul pembelajaran memang sangat membantu proses belajar mengajar. Tidak hanya menguntungkan guru juga menguntungkan peserta didik. Namun, dibalik hal itu juga terdapat kekurangan dalam menggunakan modul pembelajaran.

Modul fisika kelas 12

Bgtekno.com

1. Kurangnya Pengawasan

Mungkin beberapa guru beranggapan dengan menggunakan Modul fisika Kelas 12 atau di mata pelajaran lainnya, maka peserta didik bisa belajar secara mandiri. Benar peserta didik bisa belajar secara mandiri namun tetap diperlukan adanya pengawasan.

Trending:  Membuat Silabus Bahasa Inggris Kelas 7 Berdasarkan Kurikulum 2013

Pengawasan tentunya sangat diperlukan agar pembelajaran lebih efektif. Karena peserta didik tetap membutuhkan penjelasan langsung dari guru dalam memahami pelajaran.

2. Efektivitasnya Belum Diketahui

Kita tidak dapat menjamin apakah peserta didik benar – benar memanfaatkan modul pembelajaran yang diberikan. Jadi tetap diperlukan evaluasi terhadap penggunaan Modul Kimia Kelas 11 atau mata pelajaran lainnya untuk mengetahui apakah efektif atau tidak.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan modul pembelajaran Modul fisika Kelas 12. Semoga bermanfaat.