Beranda » Gambaran Modul Geografi Kelas 11 Kurikulum 2013

Gambaran Modul Geografi Kelas 11 Kurikulum 2013

Bgtekno.com – Sebagai seorang  tenaga pendidik, tentu anda membutuhkan modul sebagai bahan ajar dalam proses belajar mengajar yang dilaksanakan. Misalnya anda mengambil mata pelajaran Geografi di kelas 11, maka anda membutuhkan Modul Geografi Kelas 11.

Perlu anda ketahui, modul berbeda dengan buku. Untuk membedakannya dapat dilihat dari segi isinya.

Dalam buku pelajaran, penjelasannya materinya bersifat lebih umum dan meluas. Sedangkan pada modul pembelajaran materi di dalamnya lebih terperinci dan lebih ringkas dibanding buku pelajaran.

Dengan digunakannya modul pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar, peserta didik dapat mempelajari materi sesuai dengan kekuatan daya tangkap dan pemahamannya.

Baca juga: modul ekonomi kelas 11 

Bukan hanya peserta didik, guru atau tenaga pendidik juga merasa sangat terbantu dengan adanya modul pembelajaran.

Berikut Gambaran Isi Modul Geografi Kelas 11

Modul geografi kelas 11

Hampir semua buku ataupun modul terdapat peta konsep di dalamnya. Mengapa demikian? Peta konsep memiliki peran yang cukup penting. Itulah mengapa dalam modul ataupun buku sebaiknya memiliki peta konsep.

Dalam Modul Geografi ini, peta konsep disusun sesuai dengan  judul materi atau sub bab pelajaran. Pada gambar diatas merupakan contoh peta konsep untuk modul pembelajaran kelas 11.

Dengan adanya peta konsep memudahkan peserta didik dalam menghubungkan setiap poin yang terdapat dalam modul sehingga lebih mudah untuk dipahami.

Selanjutnya, pada Modul Geografi ini anda akan diberi pemaparan tentang bagaimana kegiatan pembelajaran untuk memahami materi yang akan dibahas. Pada bagian ini hanya dimasukkan materi – materi pokok saja yang minimal harus diketahui peserta didik.

Setelah uraian materi, selanjutnya akan disediakan rangkuman materi yang berisi hal – hal penting dalam materi pelajaran yang sebelumnya dibahas. Setelah uraian materi akan diberikan tugas mandiri kepada peserta didik.

Trending:  Makna dan Keutamaan Zikir La Haula Wala Quwwata Illa Billah, Setiap Muslim Wajib Tahu

Dibagian akhir  Modul Geografi Kelas 11 terdapat evaluasi. Dengan adanya evaluaisi anda dapat mengetahui apakah proses pembelajaran yang selama ini anda lakukan berhasil atau tidak.

Dengan mengerjakan soal evaluais juga melatih peserta didik dalam memecahkan soal – soal sehingga akan sangat membantu dalam pelaksanaan ujian yang akan datang.

Jika anda berminat menggunakan Modul Geografi atau modul untuk mata pelajaran lainnya, sudah banyak yang  tersedia di google. Namun, anda juga bisa membuatnya sendiri.

Modul geografi

Dalam penyusunan modul pembelajaran, anda sebaiknya mengetahui ciri – ciri modul pembelajaran. Agar, modul yang anda susun sesuai dengan standar pada umumnya.

Ciri pertama adalah memuat rumusan tujuan pembelajaran dengan eksplisit. Maksudnya yaitu dalam modul yang disusun terdapat tujuan yang spesifik tentang media ataupun kegiatan dalam proses pembelajaran.

Ciri kedua ada pengetahuan terstruktur, maksudnya materi yang terdapat didalamnya tersusun sehingga pembaca dapat mengikuti urutan kegiatan pembelajaran di dalamnya. 

Ketiga ada Evaluasi, yang terpenting dalam modul pembelajaran adalah evaluasi. Gunanya untuk mengukur pengetahuan peserta didik setelah mnggunakan Modul Geografi Kelas 11 ataupun modul lainnya.

Berdasarkan ciri – ciri tersebut anda dapat melihat apakah Modul Geografi atau modul mata pelajaran lain yang anda unduh ataupun buat sendiri sudah sesuai atau masih harus diperbaiki.

Kekurangan Penggunaan Modul Geografi Kelas 11

Modul pembelajaran memang sangat membantu proses belajar mengajar. Namun, tentu tetap akan ada kekurangan dibalik penggunaan modul pembelajaran. Berikut untuk lebih lengkapnya.

  • Kurangnya Pengawasan

Mungkin beberapa guru beranggapan dengan menggunakan Modul Geografi atau di mata pelajaran lainnya, maka peserta didik bisa belajar secara mandiri. Walaupun demikian, peran guru tidak boleh lepas dalam mendampingi peserta didik

Trending:  RPP Kelas 5 Semester 2 Untuk Wali Kelas 5

Pengawasan tentunya sangat diperlukan agar pembelajaran lebih efektif. Karena tentunya akan berbeda jika dijelaskan langsung oleh guru.

  • Efektivitasnya Belum Diketahui

Tidak ada jaminan apakah peserta didik benar berinisiatif untuk belajar secara mandiri. Jadi tetap diperlukan evaluasi terhadap penggunaan Modul bagi Kelas 11 atau mata pelajaran lainnya untuk mengetahui apakah efektif atau tidak.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan modul pembelajaran Modul Geografi Kelas 11. Semoga bermanfaat.