Beranda » Modul Kimia Kelas 11 Bahan Pendukung Kegiatan Belajar Mengajar

Modul Kimia Kelas 11 Bahan Pendukung Kegiatan Belajar Mengajar

Bgtekno.com – Hampir semua tenaga pendidik atau guru membutuhkan bahan ajar untuk mengembangkan materi yang akan dibahas. Jika anda memegang mata pelajaran kimia, maka anda dapat memanfaatkan Modul Kimia Kelas 11 dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Perlu anda ketahui, modul berbeda dengan buku. Perbedaannya memang sangat tipis, sehingga biasanya menimbulkan kekeliruan dalam membedakannya. Yang membedakannya adalah dari segi isinya.

Buku bersifat lebih umum dan luas dalam membahas suatu materi. Sedangkan modul lebih rinci dan khusus. Modul kelas 11 tentu saja berbeda dengan Modul Kimia Kelas 12. Tergantung dengan materi di setiap tingkatan.

Baca juga: modul ekonomi kelas 11

Dengan menggunakan modul pembelajaran dalam proses belajar mengajar, peserta didik dapat belajar dengan mandiri. Selain itu mereka dapat memahami dan mempelajarai setiap materi sesuai dengan kemampuan dan daya tangkap masing – masing.

Peserta didik dapat lebih mandiri dalam menambah pengetahuan dan wawasannya. Selain berguna untuk peserta didik, Modul juga sangat bermanfaat untuk seorang guru atau tenaga pendidik dalam membantu proses transfer ilmu.

Berikut Gambaran Isi Modul Kimia Kelas 11

Modul Kimia Kelas 11

Tidak hanya dalam buku pelajaran, peta konsep juga terdapat dalam modul pembelajaran. Dengan adanya peta konsep sangat membantu pembaca dalam menghubung –  hubungkan setiap materi dalam modul tersebut.

Dalam Modul Kimia Kelas 11 peta konsep dibuat berdasarkan judul materi atau sub bab pelajaran. Dalam setiap materi akan dibagi menjadi beberapa poin penting. Yang hubungannya dapat dilihat pada peta konsep. 

Dengan memahami peta konsep pembaca khususnya peserta didik lebih mudah memahami konsep materi secara keseluruhan. Sehingga dalam proses pembelajaran lebih mudah dan terarah.

Trending:  Inilah Materi yang Bisa Ditemukan Pada Modul Biologi Kelas 12

Kemudian, terdapat juga pembahasan materi yang dibahas secara ringkas dengan dilengkapi poin – poin penting yang harus dipahami peserta didik atau pembaca.

Dalam modul pembelajaran juga terdapat rangkuman dari setiap materi yang dibahas. Untuk mengukur sejauh mana pemahaman peserta didik selama mempelajari materi secara mandiri anda dapat memberikan soal latihan.

Di akhir  Modul terdapat evaluasi. Yang bertujuan untuk mengukur dan menguji hasil belajar dan pemahaman peserta didik selama proses belajar mengajar.

Selain sebagai bahan evaluasi, peserta didik juga lebih terlatih  untuk menyelesaikan soal – soal latihan. Serta melatih kemampuan dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

Untuk mendapatkan modul pembelajaran yang anda inginkan, anda dapat menyusunnya sendiri atau lebih mudahnya anda dapat mengunduhnya langsung di internet.

Modul Kimia

Namun, dalam menyusun modul kimia kelas 11 ada beberapa ciri – ciri yang sebaiknya dipahami terlebih dahulu. Agar, tidak ada kesalahan ketika membuatnya.

Yang pertama adalah self instructional, yang dimaksud disini adalah modul dapat memberikan instruksi secara mandiri pada pembacanya khsusnya peserta didik. Seperti yang ada pada gambaran Modul Kelas 11 tadi.

Self contained, yaitu setiap materi dan poin – poin dalam modul disusun sesuai dengan unit kompetensi yang ada.  Stand alone, yang artinya dalam menyusun modul benar – benar mandiri. Dan yang terakhir adalah konsisten  artinya dalam penjelasan modul tidak kemana – mana sesuai dengan topik yang telah ditetapkan di awal.

Berdasarkan ciri – ciri tersebut anda dapat melihat apakah Modul Kimia Kelas 11 atau modul mata pelajaran lain yang anda unduh ataupun buat sendiri sudah sesuai atau masih harus diperbaiki.

Modul pembelajaran memang sangat membantu proses belajar mengajar. Tetapi, dibalik itu juga terdapat beberapa kekurangan dalam mengaplikasikan modul pembelajaran.

  • Kurangnya Pengawasan

Memang, dalam menggunakan Modul peserta didik dapat belajar secara mandiri. Namun, bukan berarti guru dapat lepas tangan dalam hal ini. Peserta didik tetap membutuhkan bimbingan dari guru.

Trending:  Menyusun RPP Kelas 1 semester 2 Beserta Contohnya

Pengawasan tentunya sangat diperlukan agar pembelajaran lebih efektif. Dengan guru menjelaskan secara langsung dapat meningkatkan pemahamn dan pengatahuan peserta didik.

  • Efektivitasnya Belum Diketahui

Tidak semua peserta didik memiliki kesadaran dan mau belajar secara mandiri. Jadi, selain pengawasan langsung dari guru juga diperlukan evaluasi diakhir pembelajaran untuk mengetahui apakah efektif atau tidak.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan modul pembelajaran Modul Kimia Kelas 11. Semoga bermanfaat.