Modul PKWU Kelas 12, Bahan Ajar Kewirausahaan untuk Siswa Kelas 12

Bgtekno.com – Bagi seorang guru, bahan ajar menjadi salah satu yang harus dimiliki untuk mendukung proses belajar mengajar. Jika anda memegang mata pelajaran Prakarya dan Kewirauahaan, maka anda bisa menggunakan Modul PKWU Kelas 12 sebagai salah satu bahan ajar.

Modul disusun secara sistematis dengan materi yang berasal dari buku pembelajaran. Dengan adanya modul pembelajaran diharapkan peserta didik dapat belajar secara mandiri.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini beberapa keuntungan menggunakan modul pembelajaran.

Baca juga: Silabus kelas 5 semester 1 

Keuntungan Menggunakan Modul PKWU Kelas 12

  • Dapat menumbuhkan kesadaran peserta didik terhadap dirinya sendiri, sehingga bisa belajar secara mandiri. Namun, tetap diawasi oleh guru
  • Menumbuhkan sikap dan rasa tanggung jawab pada diri peserta didik
  • Peserta didik lebih bebas berekspresi dalam mempelajari materi yang ada sesuai dengan kemampuan dan keahliannya

Tidak hanya menguntungkan siswa, dengan menggunakan Modul khusus pada pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan juga memberikan keuntungan bagi guru atau tenaga pendidik.

Menurut Asep Harry Hernawan, berikut ini beberapa keuntungan modul pembelajaran bagi seorang guru :

  • Menutupi serta mengatasi kelemahan sistem pendidikan atau pengajaran tradisional
  • Meningkatkan motivasi belajar peserta didik
  • Mewujudkan proses belajar mengajar yang berkonsentrasi
  • Mewujudkan prinsip maju berkelanjutan
  • Meningkatkan kreativitas proses belajar mengajar dalam mempersiapkan pembelajaran secara individual

Berikut Gambaran Isi Modul PKWU Kelas 12

Jika di buku pelajaran terdapat peta konsep, maka dalam modul pembelajaran juga terdapat peta konsep. Dengan adanya peta konsep akan memudahkan peserta didik untuk mengetahui poko k – poko materi yang akan mereka pelajari.

Trending:  Tips Cepat Mempelajari Modul Bahasa Indonesia Kelas 11

Sehingga, kedepannya peserta didik lebih mudah memahami materi dan mampu menghubungkan setiap materi yang telah mereka pelajari.

Selanjutnya, dalam Modul PKWU Kelas 12 diberi materi yang berkaitan dengan mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Pada bagian ini merupakan penjabaran dari peta konsep sebelumnya. Jadi, setiap poin – poin yang ada di peta konsep akan dijelaskan satu persatu dibagian ini.

Setelah menguraikan materi berdasarkan peta konsep, diakhir materi akan diberi rangkuman. Hal ini akan memudahkan peserta didik untuk mengetahui inti dari apa yang sebelumnya telah dipelajari.

Modul PKWU Kelas 12

Bgtekno.com

Pada bagian akhir dari modul ini akan diberi evaluasi. Evaluasinya berupa soal berbentuk pilihan ganda, isian serta essay. Dengan adanya evaluasi dimaksudkan untuk mengukur sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah ia pelajari.

Fungsi Modul Kewirausahaan bagi Kelas 12

  • Sebagai bahan ajar. Dengan adanya Modul PKWU Kelas 12, meningkatkan keterampilan peserta didik dalam mempelajari Prakarya dan Kewiraushaan secara mandiri.
  • Menggantikan fungsi guru. Dengan adanya modul pembelajaran, menyediakan materi yang lengkap dan mudah dipahami. Meskipun begitu, seorang guru juga tidak boleh lepas tangan.
  • Guru tetap berperan dalam proses menerangkan untuk memperbaiki pemahaman peserta didik.
  • Menjadi bahan rujukan peserta didik. Hal ini karena modul pembelajaran berisi materi yang lengkap.

Setelah mengetahui bagaimana fungsi modul dalam proses belajar mengajar, tidak ada salahnya jika anda juga mengetahui apa tujuan disusunnya sebuah modul pembelajaran.

Tujuan Disusunnya Modul PKWU Kelas 12

Menurut Prastowo, ada beberapa tujuan disusunnya sebuah modul pembelajaran. Diantaranya :

  • Agar pesera didik terbiasa untuk belajar mandiri, dengan atau tanpa guru
  • Peran guru menjadi tidak kelihatan otoriter dalam proses belajar mengajar
  • Melatih kejujuran peserta didik
  • Mengakomodasi perbedaan tingkat dan kecepatan belajar peserta didik. Sehingga tidak saling mempengaruhi antara peserta didik yang memiliki kecepatan belajar yang tinggi dengan peserta didik yang lumayan lambat
  • Peserta didik dapat mengukur secara mandiri kemampuan penguasaan materinya.
Trending:  Berbagai Komponen yang Bisa Ditemukan Dalam Silabus Kelas 4

Berdasarkan fungsi, keuntungan dan tujuan disusunnya suatu modul pembelajaran, tidak dapat dipungkiri bahwa modul juga memiliki peran yang penting dalam proses belajar mengajar.

Anda dapat menyusun model pembelajaran anda sendiri. Atau untuk lebih mudah, anda cukup mengunduhnya di internet. Sudah banyak tersedia modul pembelajaran sesuai yang anda butuhkan.

Itulah uraian – uraian singkat tentang Modul PKWU Kelas 12. Semoga bermanfaat.

 

 

 

.