Beranda » Jangan Sampah Salah Niat, Ini Dia Niat Sholat Taubat Yang Benar

Jangan Sampah Salah Niat, Ini Dia Niat Sholat Taubat Yang Benar

Bgtekno.com – Manusia merupkan makhluk ciptaan tuhan yang tak pernah lepas dari kesalahan dan kekhilafan atau dosa. Salah dan khilaf yang melahirkan dosa bagi manusia ini hadir karena setiap manusia pasti pernah melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT atau abai atas perintah-Nya. Oleh karena itu, untuk menebus dosa tersebut, manusia dianjurkan untuk melaksanakan salat taubat. Salat taubat sendiri merupakan salat sunnah yang dikerjakan ketika seseorang hendak meminta ampunan kepada Allah atas segala dosa maupun kesalahan yang pernah diperbuat selama hidup. Berikut niat sholat taubat.

Secara umum sih, orang-orang melakukan salat ini dilakukan bersamaan dengan taubat nasuha. Meskipun tidak ada waktu khusus yang ada di dalam aturan dalam melaksanakan salat dengan 2 rakaat ini, namun beberapa ulama di dunia menganjurkan untuk melaksanakan salat taubat ketika memasuki bulan Ramadan dan di malam hari setelah tidur dan sebelum salat subuh. Salat yang dikenal dengan nama lain salat istighfar atau salat minta ampun ini juga membawa hikmah yang sangat luar biasa bagi orang yang melaksanakannya, lho. 

Salah satu diantaranya adalah diampuni dosa-dosanya, diangkat derajatnya oleh Allah SWT, dan juga dipermudah segala sesuatunya adalah beberapa dari banyaknya hikmah yang diperoleh oleh orang yang melaksanakan amalan sunah yang satu ini.nah berbicara terkait bagaimana niat sholat taubat ini, ada niat sholat taubat yang benar yang bisa Anda lakukan, Anda perlu memperhatikannya dengan betul agar tidak terjadi kesalahan dalam melaksanakan ibadah tersebut.  Lalu bagaimana niat bacaam dan tata caranya langsung di simak saja penjelasan di bawah ini ya. 

Contents

Niat Sholat Taubat yang Benar

Untuk memulai sholat taubat ini Anda harus mengawalinya dengan membaca niat terlebih dahulu. Bacaan niat ini dibacar hendak ingin melaksanakan sholat taubat uang mana bunyinya yaitu “ Usholli sunnatat taubatai nasuha lillahita’ala”. Yang mana didalamnya mengandung artian Artinya: “Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.”, nah setelah membaca niat tersebut Anda harus focus untuk melaksanakan ibdah sebanyak 2 rakaat seperti sholat biasanya atau pada umumnya. 

Nah, setelah melaksanakan sholat Anda bisa berdo’a seperti biasanya dan juga berdzikir untuk meminta ampunan kepada allah swt. Anda bisa berdoa apapun yang Anda inginkan. Akan tetapi sebelum Anda membaca doa Anda dianjurkan untuk memperbanyak bacaan istighfar dan permohonan ampunan dari Allah SWT. Adapun bacaan dzikir yang biasa dibaca setelah sholat taubat adalah sebagai berikut : “Astaghfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuumu wa atuubu ilaihi. Yang artinya aku memohon ampunan kepada allah, tiada tuhan selain allah, dan aku memohon taubat kepadanya”. 

Nah, balik lagi nih, Anda perlu memperhatikan betul tata cara dalam melakukan shholat taubat, meskipun sudah niat sholat yang benar, akan tetapi Anda juga perlu memperhatikan tata caranya juga agar sholat Anda bisa diterima oleh Allah swt. Maka dalam hal ini tata cara sholat taubat adalah sebagai berikut : 

Tata Cara Sholat Taubat Yang Benar

Melakukan sholat taubat sama halnya dengan sholat fardlu, hanya saja yang membedakannya adalah terletak pada doa dan niat yang dilakukan. Sholat taubat ini terdiri dari dua rakaat dengan satu kali salam, sholat ini juga bisa dilakukan lebih dari dua rakaat loh. Sebelum melakukan sholat Anda harus suci dari berbagai macam hadast baik hadast besar maupun kecil, selai itu menutup aurat, membaca niat, takbiratul ikhram, membaca alfatihah dan surat pendek, rukuk, I’tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, begitu pula rakaat kedua seperti itu dan yang rakaat terakhir nanti ditutup dengan mengucapkan salam. 

Trending:  Socialspy Whatsapp: Penjelasan dan Cara Menggunakannya

Sebagai orang muslim, kita harus benar-benar memperhatikan bagaimana cara melakukan sholat, jangan sampai salah dalam melakukannya apalagi dalam hal niat, karena niat merupakan yang paling utama dan paling penting. Maka dalam hal ini Anda perlu memperhatikan betul bagaimana niat sholat taubat yang benar.