NISN Tidak Ditemukan? Berikut Penyebab dan Langkah Mengatasinya

Bgtekno.com – NISN merupakan singkatan dari kalimat Nomor Induk Nasional. NISN merupakan kode yang menjadi pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar serta berlaku sepanjang masa yang menjadi pembeda antara satu siswa dengan yang lainnya. Namun, biasanya terjadi kendala pada NISN salahsatunya NISN tidak ditemukan.

NISN memiliki fungsi penting bagi peserta didik. Salah satunya adalah Nomor Induk Siswa Nasional ini menjadi salah satu syarat bagi peserta didik ketika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi bahkan untuk mendaftar ke perguruan tinggi.

Masalah yang umumnya terjadi adalah tidak ditemukannya data NISN pada laman nisn.data.kemdikbud.go.id. Hal ini dapat disebabkan karena beberapa faktor, diantaranya sebagai berikut :

  • NISN yang tercantum di vervalPD tidak valid
  • Salah memasukkan data, baik NISN maupun nama ibu kandung
  • Perbedaan arsip data dengan data sebelumnya
  • NISN yang tercantum di ijazah merupakan milik orang lain
  • dll

Baca juga: Cara mudah mencari NISN

Untuk mengetahui apakah NISN anda dapat ditemukan atau tidak, Anda bisa melakukan pengecekan dilaman yang telh disediakan. Pada laman tersebut anda cukup memasukkan nama, tempat dan tanggal lahir serta nama ibu.

Kemudian centang kolom captcha lalu klik cari data maka jika NISN anda tidak bermasalah akan secara otomatis ditampilkan di layar.

NISN tidak ditemukan

Bgtekno.com

NISN Tidak Ditemukan Karena NISN Belum Terbit

Pada masalah NISN tidak ditemukan ini lebih dikhususkan pada peserta didik baru yang sebelumnya belum pernah memiliki NISN dan terdata aktif pada Dapodik. NISN dapat diterbitkan secara otomatis dengan memenuhi beberapa syarat. Diantaranya:

Pertama, peserta didik harus bersekolah di satuan pendidikan yang telah memiliki Nomor Induk Pokok Sekolah ( NPSN ).

Trending:  5 Apk Kamera Tembus Pandang Baju Gratis!

Kedua, pastikan peserta didik belum memiliki NISN di basis data induk peserta didik. Ketiga, peserta didik harus terdata dengan lengkap. Yang dimaksud disini adalah semua data telah terisi mulai dari Nama, NIK, jenis kelamin, tanggal lahir dan nama ibu kandung.

Dan yang terakhir adalah pastikan data yang telah diinput sesuai sesuai pada dokumen yang ada sebelumnya dan telah memenuhi ketentuan dan syarat yang berlaku.

Jika NISN peserta didik belum terbit, itu menjadi salah satu alasan mengapa NISN tidak ditemukan. Maka harus diterbitkan terlebih dahulu.

Adapun langkah untuk mengatasi permasalahan NISN yang belum terbit dengan melakukan perbaikan pada data peserta didik melalui aplikasi vervalPD. Langkah ini dilakukan oleh operator Dapodik satuan pendidikan masing – masing.

Permasalahan NISN Tidak Ditemukan Karena NISN Tidak Tampil Di VervalPD

Salah satu masalah sehingga NISN tidak ditemukan adalah NISN peserta didik yang telah terisi pada aplikasi pendataan baik Dapodik atau Emis tetapi tidak tampil di vervalPD. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab NISN tidak tampil di vervalPD.

Hal pertama yang menjadi penyebab NISN tidak tampil di vervalPD karena tidak menggunakan mekanisme tarik data saat dilakukan registrasi masuk peserta didik pada aplikasi pendataan.

Faktor lain NISN tidak tampil di vervalPD sehingga menyebabkan NISN tidak ada adalah data peserta didik tidak terisi dengan lengkap atau tidak sesuai dengan data sebelumnya.

Untuk mengatasi masalah NISN tidak tamoil di vervalPD, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan. Yaitu dengan melakukan perbaikan pada data peserta didik yang bermasalah.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah tidak ditemukannya NISN ini? Berikut penjelasannya.

Trending:  6 Cara Cek Tagihan Listrik Online yang Mudah dan Cepat

NISN Tidak Ditemukan Pada Laman Pencarian nisn.data

Ada beberapa hal yang menyebabkan NISN tidak ada ketika anda melakukan pencarian atau pengecekan di laman nisn.data. Hal ini bisa disebabkan karena terjadi kesalahan penginputan data peserta didik.

Selain itu, bisa juga disebabkan karena NISN tidak valid, atau NISN tidak ditemukan di data induk peserta didik. Dan bisa juga karena NISN terdeteksi ganda.

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi masalah NISN tidak ditemukan ini. Bukankah NISN sangat penting bagi peserta didik. Jadi yang harus anda lakukan jika hal ini terjadi pada anda, yaitu :

Pertama, anda harus memastikan bahwa variabel data peserta didik yang diinput ketika hendak melakukan pengecekan sudah benar. Kedua, anda harus mengkoordinasikan dengan satuan pendidikan.