5 Jenis Output Device Komputer yang Sering Dijumpai

Bgtekno.com – Umumnya, komputer memiliki perangkat dalam dan luar yang seharusnya dipahami oleh pemiliknya. Salah satunya, output device komputer atau yang disebut sebagai perangkat keluaran.

5 Macam Output Device Komputer Ini Wajib Diketahui

Perangkat tersebut sering disebut dengan perangkat keras yang memanfaatkan data serta perintah untuk melakukan tugas. Berikut beberapa perangkat keras yang perlu diketahui, diantaranya sebagai berikut.

output device komputer

1. Monitor

Perangkat ini, memiliki peran yang cukup vital bagi keberlangsungan komputer. Tanpa adanya monitor, setiap perintah tidak akan berjalan dengan baik. Fungsi dari monitor ini yaitu menampilkan video, teks, dan gambar yang akan terlihat secara lebih jelas.

Komponen dari monitor ini terdiri dari casing, pengaturan layar, sirkuit, dan tombol. Semua komponen tersebut tidak dapat dipisahkan agar kinerja dari monitor bisa lebih maksimal. Dewasa ini terdapat monitor yang layarnya dibuat sangat tipis, sehingga lebih fleksibel dan ringan.

2. VGA

Data grafis yang ditampilkan pada layar, merupakan bentuk nyata bahwa VGA ini menjalankan fungsinya dengan baik. Memang perang dari VGA ini tidak bisa digantikan oleh komponen lain, sehingga wajib ada pada komputer dan kondisinya juga harus terjaga dengan baik.

Beberapa ahli mengatakan bahwa, VGA ini merupakan komponen utama supaya pengguna bisa melihat dengan jelas gambar, teks, maupun video yang ditampilkan. Tanpa adanya VGA, mustahil jika pengguna mampu mengoperasikan komputer dengan baik.

3. Sound Card

Setiap komputer biasanya dilengkapi dengan sound card ini, sehingga suara yang dihasilkan oleh komputer bisa didengarkan melalui speaker yang dimiliki. Boleh dibilang bahwa, komponen ini sebenarnya tidak terlalu penting, namun saat ini masih saja dipasang pada komputer.

Trending:  Cara Mengatasi Blacklist FF Termudah dan Work It

Bentuk output device komputer ini pun bisa dipasang pada bagian motherboard ataupun slot ekspansi. Pemasangannya yang benar akan menghasilkan suara yang jernih dan bisa didengarkan dengan mudah oleh pengguna komputer. Meskipun dianggap remeh, namun tak mengapa menyertakannya.

4. Printer

Printer tidak dapat menjalankan fungsinya, apabila berjalan dengan sendirinya. Butuh bantuan komputer untuk menyalurkan gambar, teks, ataupun foto ke dalam printer supaya bisa dicetak dengan menggunakan kertas yang telah dimasukkan ke dalam printernya.

Dengan bantuan printer ini, maka data yang ada di dalam komputer bisa digunakan, sehingga mampu digunakan oleh banyak orang yang membutuhkannya. Perangkat keras ini, juga harus terhubung dengan listrik untuk bisa mencetak data yang berasal dari komputer sehingga harus di colokan kabelnya.

Ada kabel yang harus disambungkan pada komputer agar data dapat tersalurkan dengan baik. Membeli printer ini, berarti harus membeli tinta warnanya juga agar bisa mencetak data yang memiliki warna beragam. Pastikan pula tidak terlalu penuh dalam mengisi tinta, agar tidak berlebihan.

5. Proyektor

Alat ini berguna untuk melakukan presentasi bisnis maupun kepentingan pembelajaran. Dimana, gambar yang dihasilkan oleh komputer bisa diambil alih oleh proyektor yang nantinya bisa dipancarkan pada bidang yang dikehendaki. Gambar pun bisa terlihat lebih besar dan jelas.

Gambar yang dihasilkan pun beragam, yaitu bisa berupa slide, gambar animasi bergerak, ataupun video panjang sekalipun. Nantinya, ada alat tambahan yang bernama pointer untuk menggeser slide dengan sekali klik saja. Perangkat keras ini, banyak dibutuhkan untuk kebutuhan presentasi.

Harga dari proyektor pun beragam, sehingga jika ingin membelinya silahkan melakukan survey terlebih dahulu. Pembelian dalam jumlah yang besar pun sangat disarankan agar mendapatkan harga lebih murah.

Trending:  3 Cara Menghubungkan WiFi HP ke Laptop

Baca Juga: 3 Software Pembuat Aplikasi Exe atau File Exe

Beberapa macam output device komputer yang telah disajikan tersebut wajib diketahui oleh penggunanya supaya lebih paham. Jadi, tak hanya bisa memakainya saja melainkan mengetahui fungsinya dari masing-masing perangkat yang sudah ada.