Pemetaan KD Kelas 4 Semester 1: Contoh dan Langkah penyusunannya

Bgtekno.com – Jika Anda seorang guru, maka tidak akan asing dengan yang Namanya pemetaan KD. Misalnya seorang guru kelas 4 maka pemetaan KD kelas 4 semester 1 merupakan dokumen wajib dalam memandu siswa melaksanakan pembelajaran.

KD atau Kompetensi Dasar ialah target pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik. Meliputi kompetensi sikap, spiritual, pengetahuan, dan keterampilan.

Pemetaan KD bagi seorang guru merupakan bayangan atau gambaran dari kompetensi dasar yang harus dicapai peserta didik dalam semester ini selama proses pembelajaran.

Pemetaan ini dimanfaatkan sebagai pemandu alur pembelajaran dalam mencapai kompetensi dasar.

Baca juga: Silabus kelas 5 semester 1 

Selain itu, pemetaan kompetensi dasar ini juga bertujuan untuk menemukan batas potongan antar KD dalam maple dan meneliti KD untuk menemukan muatan dalam menyusun silabus.

Dengan adanya pemetaan KD Anda dapat mengetahui muatan pelajaran tiap subtema dari tema yang akan di ajarkan.

pemetaan KD bagi siswa kelas 4 ini disusun berdasarkan materi pada buku guru tematik kelas empat semester ganjil Kurikulum 2013 dengan berdasar pada pembelajaran 1 hingga pembelajaran 6 pada tiap subtema.

Tentunya bukan hal yang mudah membuat pemetaan KD, dimana guru harus mengidentifikasi kompetensi dasar sesuai dengan materi yang ada pada buku pelajaran.

Pemetaan KD untuk siswa kelas 4 semester 1 ini dibuat dengan mengacu pada kemampuan minimal yang akan dicapai oleh siswa kelas 4.

Contoh pemetaan KD kelas 4 semester 1

Dibawah ini contoh pemetaan KD bagi siswa kelas 4 mengambil materi dari tema 1.

Pemetaan KD kelas 4 semester 1

Bgtekno.com

Dari gambar tersebut dapat kita simpulkan komponen penyusunan pemetaan KD untuk siswa di bangku kelas 4 semester 1 berisi muatan pelajaran, kompetensi dasar, dan subtema dari tema yang diajarkan.

Trending:  Ini dia Beberapa Contoh Soal PJOK Kelas 4 Semester 2 

Apabila Anda menginginkan dokumen pemetaan KD, Anda bisa mencari referensi di internet. Karena sudah banyak yang membagikan hasil pemetaannya untuk memudahkan guru lain.

Meski begitu Anda tetap bisa membuat pemetaan KD ini secara mandiri dengan mengikuti Langkah-langkah berikut.

Langkah pertama dimulai dengan menentukan mata pelajaran apa saja yang akan dipadukan.

Tentu saja dengan memperhatikan lingkungan dekat peserta didik, dimulai dari mudah ke sulit, mulai dari sederhana ke kompleks, dari konkret ke abstrak serta tema yang dipilih memacu proses berfikir siswa dan ruang lingkupnya disesuaikan dengan kemapuan siswa kelas 4 SD

Contoh pemilihan tema pada pemetaan KD:

Tema “pengalamanku” dapat dikembangkan menjaadi subtema : (1) pengalaman menyenangkan, (2) pengalaman menyedihkan, (3) alat transportasi udara.

Tema “alat transportasi” dapat dikembangkan menjadi subtema : (1) alat transportasi, (2) alat transportasi laut, (3) alat transportasi udara.

Langkah kedua yaitu mengelompokkan KD-KD dari berbagai mata pelajaran menjadi beberapa kelompok yang sudah direncanakan.

Dalam menetapkan pemetaan KD menjadi kelompok KD, ada beberapa tahapan dalam mengembangkan tema.

Tahap pertama, yaitu dimana guru merancang peringkat paling penting. Mencakup tujuan, bahan, sejauh mana tujuan dicapai, apa yang ingin dipelajari, cara terbaik untuk belajar dan bagaimana mengetahui apa yang telah dipelajari berdasarkan tema yang di pilih.

Tahap kedua yakni mengembangkan aktivitas pembelajaran berdasarkan rancangan pada tahapan pertama.

Hal ini terdiri dari beberapa aspek yaitu: perspektif, fungsi, sebab dan akibat, perubahan, refleksi, dan hubungan sesuai tema yang di pilih.

Tahap ketiga, yaitu menghubungkan tema dengan kompetensi dasar dan indikator dari setiap mata pelajaran.

Selesai dengan pengelompokan KD, Langkah selanjutnya yakni menentukan tema, tema yang di pilih boleh mengambil dari salah satu KD atau kompetensi dasar.

Trending:  Wajib Tahu, Cara Mendapat Akun FF Sultan Gratis dengan Mudah

Dan yang terakhir dari penyusunan pemetaan KD ini yaitu penentuan alokasi waktu per tiap temanya.

Nah dengan begitu anda akan mudah menyusunnya dalam bentuk tabel.

Bagaimana? tertarik untuk membuat pemetaan KD kelas 4 semester 1 secara mandiri? Semoga apa yang disampaikan penulis bisa bermanfaat dan memudahkan Anda dalam kegiatan memetakan kompetensi dasar. Terima kasih.