Beranda Ā» Pengertian Samba Server, Fungsi dan Kelebihannya

Pengertian Samba Server, Fungsi dan Kelebihannya

Bgtekno.com – Pasti pernah dengar dengan kata samba atau samba server, namun tidak tahu maksud dari kata tersebut. Jika begitu, maka sangat tepat, sebab kali ini akan dibahas mengenai pengertian samba server dengan jelas. Juga akan disebutkan mengenai fungsi dan juga keunggulannya.

Sekilas Tentang Samba Server

Perlu diketahui, bahwa samba merupakan perangkat lunak atau aplikasi yang menggunakan protokol SMB. Perangkat lunak ini melayani dalam beberapa hal, yakni sebagai sumbernya daya seperti data dan juga printer antar komputer dan tentunya saat terhubung pada jaringan.

Software samba server sering dikenal sebagai alat untuk melakukan pertukaran data di antara beberapa perangkat yang berbasis windows. Meski begitu, tak hanya berbasis windows saja yang bisa menggunakannya, namun juga Linux dan berbasis Unix. Selain itu, samba juga mudah digunakan dan dikonfigurasi.

pengertian samba server

Fungsi Samba Server itu buat apa?

Setelah tahu tentang apa yang dimaksud dengan pengertian samba server, maka kali ini akan dibahas mengenai fungsi dari samba server tersebut. Fungsi dari samba sendiri sangatlah banyak. Namun tentunya masih dalam lingkup fungsi utama yakni untuk berbagi data.

  • Fungsi pertama yang dimiliki oleh samba adalah bisa bekerja atau bertindak sebagai domain master browser.
  • Juga mampu melakukan file server, juga bisa bekerja sebagai lembaga cal master browser.
  • Samba server ini juga bisa terhubung atau mentransfer file atau sebagai printer server.
  • Juga beberapa fungsi lain juga dimiliki oleh samba server ini.
Trending:  Kelebihan dan Kekurangan Baterai Non Removable Pada Ponsel

4 Kelebihan Samba Server Dibanding Punya Lain

Selanjutnya yang akan dibahas adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh samba server Kenapa banyak sekali penggunanya. Keunggulan yang dimiliki pun banyak sekali. Agar bisa tahu lebih jelas mengenai keunggulannya, maka berikut ulasannya:

1. Gratis

Keunggulan pertama yang dimiliki oleh samba server adalah bisa digunakan secara gratis. Hal ini tentu akan sangat membantu bagi kebanyakan orang. Sebab untuk menggunakan aplikasi atau software ini, tidak perlu berlangganan atau semacamnya.

Dengan begitu, siapa saja bisa menggunakannya sebab tidak membutuhkan biaya tambahan. Entah itu hanya digunakan untuk pribadi. Namun juga bisa digunakan untuk komunitas besar seperti misalnya adalah untuk instansi pendidikan atau untuk perkantoran dan perusahaan besar.

2. Tersedia Untuk Berbagai Macam Platform

Keunggulan yang kedua yang dimiliki oleh samba server adalah tersedia untuk berbagai macam platform. Jadi, aplikasi ini mampu menjembatani pada dua perangkat atau platform yang berbeda. Misalnya adalah komputer berbasis Linux dan perangkat Windows.

3. Mudah Saat Akan Dikonfigurasi

Kelebihan dan juga keunggulan yang dimiliki oleh samba server ini memang banyak sekali, seperti misalnya mudah saat akan dikonfigurasi oleh admin. Karena Samba ini mengoptimalkan pada mesin Linux PDC. Dengan kemampuan itu, akan membuat Linux memiliki kemampuan kayaknya windows.

4. Dapat Diandalkan

Tentu setiap aplikasi juah memiliki fungsi yang bisa diandalkan, seperti misalnya Samba Server ini. Dikatakan bisa diandalkan adalah karena samba sendiri jarang sekali mengalami masalah. Jadi, akan sangat aman saat memasangnya di windows.

Namun yang namanya setiap perangkat, pasti tidak selalu awet seperti itu. Samba ini bisa saja bermasalah, atau lebih tepatnya tidak bisa digunakan adalah ketika ada kerusakan pada server komputer. Sehingga yang bermasalah bukan Sambanya, namun perangkat keras komputer itu.

Trending:  3 Cara Komen Kosong di TikTok

Baca Juga: Kenapa Stumble Guys Tidak Bisa Login?

Demikian adalah penjelasan mengenai pengertian samba server yang bisa pengguna pelajari. Sudah disebutkan juga mengatakan beberapa fungsi yang dimiliki. Juga keunggulan apa saja yang bisa membuat pengguna yakin untuk mengunduhnya dan menggunakannya. Selain itu juga gratis, sehingga tidak perlu dipikir ulang.