Beranda » Pengertian VoIP dan Contoh Penerapannya

Pengertian VoIP dan Contoh Penerapannya

bgtekno.com – Dewasa ini penggunaan VoIP sudah tidak asing lagi karena teknologinya memang sudah begitu canggih. Namun, ternyata banyak juga yang belum mengetahui pengertian VoIP yang sesungguhnya. Oleh sebab itu, perlu menyimak informasi menarik yang akan disajikan berikut.

Apa Itu VoIP?

Apabila dilihat secara teknis, VoIP merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan komunikasi dengan jarak yang cukup jauh melalui jaringan internet. Tak ada batasan jarak dari VoIP ini bahkan di luar negara pun tetap bisa melakukan komunikasi.

Syarat agar terjadinya komunikasi tersebut yaitu harus jaringan internetnya tidak boleh lemah supaya aman terkendali. Adanya teknologi VoIP ini akan menghindarkan pengguna dari pemborosan pulsa, terlebih ketika melakukan panggilan ke luar negeri.

pengertian voip

Tak hanya bisa mengirimkan suara saja melainkan juga bisa mengirimkan pesan video juga, sehingga bisa melihat wajah secara langsung dari orang yang diajak bicara. Sistem ini pun terus melakukan perkembangan yang positif agar pengguna semakin nyaman melakukan panggilan kemanapun.

Fungsi VoIP sebenarnya memiliki 4 fungsi yang terlihat begitu nyata. Signaling merupakan fungsi yang dilakukan untuk menerima jaringan dari si penelepon. Kemudian, nanti jaringan tersebut bisa disampaikan kepada para pendengarnya dengan suara yang begitu jernih supaya memuaskan pengguna.

4 Contoh Teknologi VoIP yang Sering Kita Jumpai

Mengetahui pengertian VoIP tidak cukup, sehingga harus tahu penerapannya pada beberapa aplikasi yang telah tersebar secara luas. Adanya contoh penerapan dari teknologi VoIP ini sangat nyata sekali dan bermanfaat bagi para penggunanya, sehingga cocok untuk dikoleksi. Berikut beberapa contoh teknologinya.

Trending:  Cara Download Vanced MicroG Apk dan Fitur Utamanya

1. WhatsApp

Keberadaan aplikasi WhatsApp mampu mengalahkan aplikasi chatting lainnya sekelas BBM, Telegram dan sebagainya. Tidak dapat dipungkiri bahwa kini aplikasi WhatsApp semakin mengembangkan fiturnya agar membuat pengguna semakin betah menggunakannya.

Selain memberikan kebebasan untuk melakukan chatting pada nomor yang dimiliki, pengguna juga bisa melakukan telepon dan video call dengan suara yang jernih. Kualitas gambarnya pun boleh dibilang jernih, sehingga semakin memuaskan penggunanya.

Fitur yang begitu dicintai oleh pengguna WA yaitu mampu membuat story yang bisa dilihat oleh orang tertentu saja. Sistem keamanan dari aplikasi ini juga patut diacungi jempol karena terdapat fitur blok dan melaporkan chat yang dianggap mengancam pada pengembang aplikasi WA.

2. Zoom

Semenjak adanya pandemi, aplikasi Zoom menjadi primadona bagi beberapa sekolah untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Kelebihan aplikasi ini yaitu mampu melakukan share screen untuk menjelaskan materi yang akan diajarkan kepada muridnya.

Gambar yang disajikan ketika menampilkan video conference begitu jernih, sehingga sangat cocok sekali untuk dimanfaatkan. Terdapat fitur chat untuk grup dan juga pribadi yang bisa dicoba oleh pengguna ketika membutuhkan berkomunikasi dengan orang lain.

3. LINE

Meskipun kini aplikasi LINE ini sudah banyak ditinggalkan, namun dulu aplikasinya pernah menjadi trend bagi anak muda. Terdapat emoticon lucu yang ada pada line ini, sehingga begitu dicintai bagi penggunanya. Aplikasi chatting ini juga memungkinkan untuk melakukan video call yang bisa dilakukan dengan pengguna lain.

Membuat grub dengan aplikasi ini lebih direkomendasikan karena mampu menampung banyak nomor, sehingga akan lebih efektif. Terdapat kartun LINE yang begitu lucu, sehingga mampu menghibur bagi setiap pengguna setianya yang kini masih menggunakan aplikasi LINE di HP Android yang dimiliki.

Trending:  Setting Anonytun Axis Unlimited Gaming

Baca Juga: Pengertian Samba Server, Fungsi dan Kelebihannya

Pengertian VoIP memang layak untuk disimak agar lebih mengetahui teknologi yang sekarang ini telah berkembang. Mengetahui contoh penerapannya juga tak kalah pentingnya agar tidak meremehkan teknologi yang saat ini sudah berkembang dengan pesatnya.