4 Perbedaan Kerusakan LCD dan Touchscreen HP

bgtekno.com – Sebenarnya apa perbedaan kerusakan LCD dan touchscreen Hp? Pasti banyak yang bingung mengenai perbedaannya. Pasalnya komponen LCD dan touchscreen menyatu dalam satu rakitan mesin. Sehingga bagi orang awam kedua komponen tersebut dianggap serupa padahal sudah tentu berbeda.

Karena berbeda, maka kerusakan yang diakibatkan keduanya pun tak sama. Bahkan jika salah satu mengalami kerusakan, satunya lagi masih bisa berfungsi dengan baik. Masih bingung? Untuk memahaminya silahkan simak penjelasan selanjutnya.

perbedaan kerusakan lcd dan touchscreen hp

Pengertian LCD dan Touchscreen Hp

Sebelum membahas apa perbedaan kerusakan LCD dan touchscreen Hp, sebaiknya ketahui lebih dulu tentang pengertian keduanya. Hal ini akan memudahkan pengguna memahami perbedaan kerusakan yang disebabkan keduanya. Juga pengambilan langkah perbaikan yang tepat.

Karena seperti yang dijelaskan secara singkat tadi bahwa apabila salah satunya mengalami kerusakan, maka komponen sebaliknya tetap akan berfungsi. Tanpa perlu diganti ke tukang service. Lalu, apa perbedaannya?

Touchscreen sendiri adalah lapisan transparan yang sering pengguna sentuh untuk menjalankan sistem operasi perangkat. Sentuhan pada touchscreen nantinya akan diteruskan pada sistem untuk diproses. Setelah itu jadilah sebuah perintah, sehingga pengguna dapat menjalankan semua data di Hp.

Sedangkan layar LCD yaitu berupa panel atau komponen yang terdapat di dalam perangkat. Gunanya untuk menampilkan data sesuai perintah dari touchscreen yang sudah diolah sistem tadi.

Perbedaan Kerusakan LCD dan Touchscreen Hp

Apabila pengguna mengalami beberapa masalah yang disebabkan keduanya, maka sangat mudah mengetahui perbedaan kerusakan LCD dan touchscreen Hp tersebut. Cara memahaminya adalah sebagai berikut.

Trending:  Chord Lagu Emas Hantaran yang Mudah bagi Pemula¬†

1. Garis Pada Layar

Jika ponsel pengguna timbul garis entah hanya satu baris atau beberapa, maka kerusakannya dipastikan dari LCD. Cobalah untuk memberikan perintah pada touchscreen. Apabila masih sangat sensitif artinya ponsel pengguna masih bisa digunakan tanpa perlu mengganti LCD.

Namun penting untuk mengetahui penyebab muncul garis tersebut. Apakah karena jatuh atau salah satu kabel terlepas, sehingga kerusakan parah dapat diantisipasi.

2. Layar HP Pecah

Kerusakan satu ini sudah pasti dari LCD bukan touchscreen karena yang pecah adalah layar Hp. Akan tetapi, layar pecah terkadang membuat touchscreen juga mengalami kerusakan. Namun tidak selalu begitu.

Pasalnya sekalipun layar retak parah dan muncul noda hitam pada LCD, touchscreen akan tetap berfungsi dengan baik selama layar Hp hidup. Hanya saja, noda tersebut akan terus menyebar jika tidak segera diganti.

3. Layar Tidak Sensitif

Berdasarkan pengertian yang sudah dijelaskan di atas bahwa touchscreen berfungsi sebagai penerus perintah dari sentuhan tangan pengguna. Apabila layar sangat sulit disentuh atau kurang sensitif artinya yang rusak adalah touchscreen.

4. Layar HP Retak

Kerusakan ini hampir sama seperti kerusakan kedua. Hanya saja lebih parah, sehingga mengakibatkan keretakan. Untuk penyebab satu ini biasanya kerusakan akan dialami keduanya.

Untuk membedakannya silahkan periksa berdasarkan fungsi keduanya. Jika sentuhan tangan masih sensitif berarti touchscreen aman. Sebaliknya jika layar retak dan terdapat noda, maka kerusakannya ada pada LCD.

Selagi tidak begitu parah, ponsel tersebut masih bisa dimanfaatkan seperti biasanya. Namun tampilannya terkadang membuat tidak nyaman, sehingga tak sedikit akan langsung mengganti.

Itulah perbedaan kerusakan LCD dan touchscreen Hp yang bisa pengguna pahami, sehingga saat mengalami kerusakan tersebut tidak harus mengganti ke tukang service. Sebenarnya kerusakan keduanya sangat mudah diketahui mengingat fungsinya memang berbeda.

Trending:  Cara Cek Progres Pengiriman PMP Termudah

Baca Juga: Kode Remot TV Samsung LCD,Tabung Dan Cara Settingnya

Perlu diketahui juga bahwa touchscreen yang kurang sensitif tak selalu mengalami kerusakan. Bisa juga disebabkan kualitas LCD yang rendah bila pernah menggantinya.