Beranda » Mata Pelajaran Pendidikan Moral Pancasila ( PMP 2019.12 ) Kembali Diajarkan

Mata Pelajaran Pendidikan Moral Pancasila ( PMP 2019.12 ) Kembali Diajarkan

Bgtekno.com – PMP atau Pendidikan Moral Pancasila merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib pada masa pemerintahan Orde Baru. Selain itu, PMP juga menjadi salah satu dasar dalam pembentukan moral serta landasan ideologis rakyat Indonesia. Lalu benarkah akan diajarkan kembali PMP 2019.12 ?

Umumnya, Pendidikan Moral Pancasila membahas tentang pembelajaran mengenai Undang – Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 dan pancasila. Juga sedikit membahas tentang sejarah bangsa Indonesia.

Namun, setelah berlalu nya masa Orde Baru dan memasuki awal reformasi, terrjadi perubahan dari Pendidikan Moral Pancasila menjadi Pendidikan Kewarganegaraan. Namun dikabarkan Pendidikan Moral Pancasila akan kembali diajarakan di tahun 2019 menjadi PMP 2019.12.

Sejarah Pendidikan Moral Pancasila Sebelum PMP 2019.12

Mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila pertama kali ditetapkan pada tahun 1975 setelah dilakukan pergantian kurikulum. Dari kurikulum 1968 menjadi kurikulum 1975.

Pada kurikulum 1968, Pendidikan Moral Pancasila bernama Pendidikan Kewarganegaraan. Dimana, pada mata pelajaran ini disatukan dengan beberapa mata pelajaran lainnya seperti ilmu bumi Indonesia, sejarah Indonesia, ekonomi dan hak asasi manusia.

Setelah perubahan kurikulum dan perombakan Pendidikan Kewarganegaraan menjadi Pendidikan Moral Pancasila, PMP juga dirubah menjadi mata pelajaran tersendiri yang dikhususkan untuk membahas Pancasila serta Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Dan untuk mata pelajaran lain yang sebelumnya termasuk di Pendidikan Kewarganegaraan kembali digabungkan sehingga menjadi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Lalu bagaimana jika PMP 2019.12 benar diajarkan?

Tentunya akan ada beberapa yang dimodifikasi untuk disesuaikan denga perkembangan di masa ini. Dan diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta para siswa dan siswi terhadap pancasila dan Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Trending:  Verval TIK terhadap Kesiapan Teknologi dan Komunikasi

Itulah mengapa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud melaksanakan pengkajian sebelum menerapkan kembali mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memaparkan bahwa dalam proses penerapan kembali mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila tidak dilakukan secara sepihak. Tetapi turut mengambil saran dari beberapa pihak yang terkait.

Mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila akan menjadi wujud dalam penanaman nilai – nilai pancasila yang tentunya akan disempurnakan dengan moral dalam penerapannya.

Baca juga: Cara cek progres pengiriman PMP 

Apa Alasan Penerapan Kembali Pendidikan Moral Pancasila PMP 2019.12

Materi PMP 2019.12

Bgtekno.com

Rencana penerapan kembali mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila telah disepakati oleh banyak pihak. Hal ini dikarenakan, melihat nilai – nilai kebangsaan sekarang ini sudah sangat meredup dan hampir padam dalam kehidupan bermasyarakat.

Itulah mengapa banyak pihak yang setuju untuk kembali menerapkan mata Pelajaran Pendidikan Moral Pancasila 2019.12. seperti yang diketahui anak bangsa menjadi pondasi bagi bangsa Indonesia dan menjadi penentu bagaimana masa depan Indonesia kedepannya.

Apa yang akan terjadi jika nilai – nilai pancasila dalam diri anak – anak bangsa kita hampir hilang. Dapat kita lihat dimasa ini yang menggambarkan pudarnya karakter bangsa dari banyaknya intoleransi, radikalisme, maraknya korupsi, berkurangnya kesantunan terhadap sesama dan masih banyak masalah – masalah lainnya.

Dalam penerapan kembali materi PMP 2019.12 dilakukan sedikit modifikasi dari Pendidikan Moral Pancasila yang diterapkan di masa Orde Baru.

Hal ini diharapkan agar mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila dapat diterima siswa / siswi di masa sekarang ini. Yang tentunya berbeda dengan masa Orde Baru. Pembelajarannya akan dirancang sedemikian rupa sehingga anak – anak bisa lebih antusias mempelajarinya.

Trending:  SK Panitia Ujian Sekolah Untuk Semua Tingkatan ( SD, SMP, SMA/ SMK )

Diharapkan dengan diterapkannya kembali mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila 2019.12 dapat menumbuhkan nilai – nilai moral yang sesuai dengan pancasila di kalangan siswa ataupun siswi.

Kebijakan ini dianggap menjadi salah satu langkah yang tepat untuk menyelamatkan dan membentengi para peserta didik dari banyaknya pengaruh negatif di zaman modern ini. Karena sekurang – kurangnya moral para siswa(i) sudah terbina sejak awal.

Namun, sampai saat ini belum ada kejelasan terhadap penetapan apakah benar PMP 2019.12 akan berlalu. Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengkaji hal ini. Agar dapat diterapkan sebaik – baiknya.