Posisi Tubuh Saat Meluncur yang Benar Saat Berenang

bgtekno.com – Bagi yang masih dalam pelajaran penjaskes, mungkin sudah tahu bila dalam olahraga renang ada yang namanya posisi meluncur. Namun masih banyak yang awam akan hal ini, apalagi jika tidak ada pelatihnya. Padahal mengetahui Posisi Tubuh Saat Meluncur sangatlah penting. 

Memang dalam setiap cabang olahraga memiliki teknik permulaannya sendiri, seperti misalnya adalah olahraga jalan cepat yang harus memperhatikan posisi kakinya. Sama halnya seperti dalam bidang olahraga renang, yakni harus memperhatikan posisi saat akan meluncur. 

Posisi Tubuh Saat Meluncur

Manfaat Posisi Meluncur Dalam Olahraga Renang

Sebelum tahu tentang bagaimana cara memposisikan saat akan meluncur dalam olahraga renang. Maka akan dibahas dahulu mengenai manfaat dari penempatan posisi tersebut. Karena tentu, dalam setiap hal apapun itu, memiliki manfaat dan juga fungsi yang sangat penting. 

Gerakan tubuh meluncur dalam olahraga renang, adalah bertujuan agar tubuh dapat seimbang, atau melatih keseimbangan di dalam air. Bila tubuh sudah seimbang di dalam air, maka resiko cedera pada atlet semakin kecil. Karena posisi yang seimbang dapat menghindari resiko tersebut. 

Dijelaskan juga, bahwa gerakan meluncurkan sendiri ada banyak, karena setiap gaya renang memiliki posisi meluncurnya sendiri. Sedang gaya rendah sendiri ada banyak, sehingga bila semua gaya tersebut ingin dicoba. Maka hafalkan juga beberapa posisi meluncur tersebut. 

Bagi pemula, mungkin tak akan cukup jika hanya mencoba satu kali dalam penerapan posisi tubuh saat meluncur. Sebab, setiap orang memiliki posisi ternyamannya, meski masih dalam garis aturan. Sebab itu, teknik meluncur in perlu dilakukan berulang agar bisa mendapatkan posisi terbaik. 

Posisi Meluncur Dalam Olahraga Renang

Setelah dibahas tentang manfaat dari posisi renang, maka harus diketahui juga bagaimana Posisi Tubuh Saat Meluncur dan perlu dipraktekkan. Seperti yang sudah disebutkan, bahwa dalam setiap gaya renang memiliki posisi meluncurnya sendiri. Kali ini akan disebut sebagai posisinya saja, diantaranya:

Trending:  5 Cara Download Video Tiktok MP4 Tanpa Watermark HD dan Tanpa Aplikasi, Berikut Tutorialnya! 

1. Posisi Meluncur Gaya Dada

Posisi meluncur yang pertama yang akan dibahas adalah posisi meluncur gaya dada. Ada teknik khusus pada kaki yang perlu dipertimbangkan dalam posisi meluncur gaya ini. Untuk lebih jelasnya, bisa langsung simak ulasannya berikut.

  1. Pertama, pengguna bisa masuk ke dalam kolam renang, selanjutnya berdiri dengan tegak membelakangi dinding kolam. 
  2. Kemudian, tinggal tempelkan telapak kaki pada dinding kolam, teknik ini adalah teknik untuk melakukan tolakan sebelum siap berenang. 
  3. Untuk menemukan posisi yang benar-benar pas, pengguna bisa mengulangi hingga 20-25 kali atau lebih, sehingga memiliki teknik yang sesuai. 

2. Posisi Meluncur Gaya Bebas

Setelah tahu posisi tubuh saat meluncur gaya dada, maka ini adalah posisi tubuhnya saat akan meluncur gaya bebas. Teknik atau posisi dalam meluncur gaya bebas memang sedikit berbeda ketimbang gaya dada. Untuk lebih jelasnya, maka berikut adalah uraiannya.

  1. Pertama, pengguna bisa masuk ke dalam kolam renang terlebih dahulu, setelah itu tinggal berdiri tegak membelakangi di dinding kolam. 
  2. Setelah itu, tempelkan telapak kaki salah satunya pada dinding kolam. 
  3. Bila sudah, bungkukkan badan dan sejajar dengan permukaan air kolam, kedua lengan juga diluruskan juga sesuai permukaan air. 
  4. Tetap pertahankan agar badan bisa tetap lurus.
  5. Saat sudah meluncur, pertahanan tangan juga agar tetap lurus dan sejajar dengan permukaan air kolam.
  6. Pada saat meluncur juga, usahakan untuk tidak mengambil nafas hingga sampai akhir.

Baca Juga: Ini dia Beberapa Contoh Soal PJOK Kelas 4 Semester 2

Demikian adalah pengertian tentang betapa pentingnya mengetahui Posisi Tubuh Saat Meluncur dalam renang. Sudah disebutkan juga dua posisi atau teknik meluncur yang bisa pengguna praktekkan. Kedua teknik atau posisi yang telah dijelaskan pun mudah dan gampang bila ingin coba dipraktekkan.

Trending:  5 Film Hits yang Diperankan Aktris Muda Berbakat Aghniny Haque