Review Redmi 9A Lengkap dari Spesifikasi hingga Desain HP

Redmi 9A merupakan ponsel entry class dari Xiaomi yang cukup handal dan lengkap. Harganya yang bahkan di bawah 1,5 jutaan untuk RAM 3 GB membuat ponsel ini termasuk favorit di kelasnya. 

Hadir dengan harga yang sangat bersahabat nggak membuat Xiaomi pelit dalam spesifikasi. Buktinya Redmi 9A specs termasuk spektakuler untuk harga minimalis termasuk dari segi chipset, CPU, dan GPUnya. 

Enggak percaya? Ayo simak review Redmi 9A supaya kamu semakin yakin kehebatan ponsel murah tapi berkelas dari Xiaomi satu ini. 

Spesifikasi HP Redmi 9A

Redmi 9A spesifikasinya cukup lengkap dan sangat worth it untuk harga di bawah 1,5 jutaan. Bagaimana detail bagian demi bagian ponsel keluaran tahun 2020 ini? Ayo simak!

Umum

RilisJuli 2020
Technology NetworkGSM/HSPA/LTE
SIMDual SIM
OSMIUI 12, Android 10

Body

Dimensi164.9 x 77.1 x 9 mm
Berat6.91 Oz

Memory

EksternalDedicated slot
Internal32 GB
RAM2 GB, 3 GB

Hardware

GPU PowerVR GE8320
CPUOcta-core (4×2.0 GHz Cortex-A53 & 4×1.5 GHz Cortex-A53)
ChipsetMediaTek MT6762G Helio G25

Display

Tipe layarIPS LCD, 400 nits
Ukuran display layar6.53 inci, 81% rasio layar dan body ponsel
Resolusi720 x 1600 pixels, 20:9

Camera

Main camera13 MP, 28mm wide
Fitur LED Flash, HDR
Video[email protected]/60fps
Selfie camera5 MP, wide
FiturHDR
Video[email protected]

Suara

LoudspeakerYa
Audio 3.5 mm jackYa

Features

Sensor Accelerometer, Proximity
Radio FM
WarnaMidnight Black, Blue Sea, Ocean Blue

Konektivitas

WLANWi-Fi 802.11 b/g/n Direct Wi-Fi
Bluetooth5.0, A2DP
GPSYa, GLONASS, BDS 
USBmicroUSB 2.0

Baterai

Trending:  Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan HP Vivo Tanpa Menghapus Aplikasi
TipeLi-Po 5.000 mAh, tidak bisa dilepas
ChargerCharging 10 W

Harga

3 GB + 32 GBRp1.449.000
2 GB + 32 GBRp1.332.000

Desain

Redmi 9A Indonesia memang hadir dengan harga yang termasuk sangat murah di kelasnya. Akan tetapi, hal ini berbanding terbalik dengan desain apik nan stylist perangkat yang mempunyai 3 opsi warna tersebut. 

Bentuk bodinya simple dengan bagian atas memiliki node atau poni seperti gawai-gawai kekinian saat ini.  Node tersebut bukan asal hiasan, tetapi selfie camera dengan AI Beautification yang membuat foto selfie menjadi cantik.

Material bahan sendiri terbuat dari polikarbonat yang membuat kilau bodi terkesan mewah dan mengkilat. Kemudian, agar ponsel nggak licin dan nyaman digenggam, Xiaomi membuat bodi bertekstur. Jadi, tampilan tetap terkesan wah, tapi saat kamu memainkannya, enggak  selip meski berkeringat. 

Layar

Gadget satu ini memang nggak punya pelapis luar, akan tetapi layarnya cukup tangguh dari goresan. Penambahan lapisan pelindung tambahan yang sangat mudah membuat absennya screen protector tidak terlalu berarti. 

Dari segi resolusi, gawai sudah mendukung HD+ jadi mau menonton berbagai video pasti jernih dan mulus. Kerapatan pixel yang tinggi serta jenis layar IPS juga membuat tampilan lebih hidup dan nggak terkesan mute atau pucat.

Adanya tambahan knock feature lagi-lagi juga sangat memudahkan. Kamu nggak perlu takut terlalu sering menekan tombol “on/off” yang membuatnya cepat rusak. Ketukan dua kali tersebut akan menggantikan fungsi tombol “on/off” buat menyalakan dan mematikan layar. 

Hasil Tangkapan Kamera

Hasil tangkapan kamera menjadi salah satu aspek penting di jaman serba media sosial seperti sekarang, setuju? Untungnya, berbagai fitur yang ada seperti auto HDR, AI, ISO (100-3200), focus, dan exposure verification sangat mendukung. 

Trending:  Cara Memindahkan Aplikasi dari HP ke Laptop Tanpa Ribet

Hasil jepretan jadi lebih bagus, hidup, nyata, serta warnanya benar-benar keluar baik di siang atau sore hari. 

Performa dan Baterai

Redmi 9A price menengah ke bawah ini lagi-lagi membuktikan bahwa ia sangat worth it. Kombinasi dari CPU, chipset, dan GPU yang Xiaomi pilih sangat selaras. Performanya tetap oke dan lancar jaya untuk daily use bahkan tanpa lag untuk aplikasi besar selama memori aman.

Melihat dari segi baterai, gadget ini juga sangat lumayan dengan 5.000 mAH walaupun tanpa fast charging. Gabungan antara hardware dan softwarenya mampu mengefisienkan penggunaan daya. Jadi, ponsel lebih awet, enggak cepat habis, dan panas. 

Kesimpulan

Redmi 9A merupakan gawai entry level terbaik berdasarkan harga dan spesifikasi yang mereka tawarkan. Berdasarkan dapur pacu kombinasi hardware sempurna, sedangkan dari OS sangat memaksimalkan kinerja dengan baik. Tampilan dan desain ponsel juga kekinian serta mempertimbangkan berbagai hal.

Jadi, buat kamu yang bingung memilih ponsel murah tapi dengan spesifikasi lengkap Redmi 9A opsi paling tepat. Harga murah, spesifikasi mantap, tampilan stylist, desain keren, apalagi coba yang kamu butuhkan? Semuanya ada di 9A dengan berbagai kelebihan luar biasa untuk harga yang di bawah rata-rata. 

Tinggalkan komentar