Beranda » Silabus Kelas 2 semester 2 Kurikulum 2013

Silabus Kelas 2 semester 2 Kurikulum 2013

Bgtekno.com – Di dalam kegiatan belajar mengajar guru maupun siswa kelas 2 sekolah dasar, silabus kelas 2 semester 2 ini bisa memudahkan anda dalam membuat perangkat pembelajaran pada semester 2.

Untuk anda yang memiliki pekerjaan sebagai tenaga pendidik, maka pastilah tidak asing lagi dengan silabus.

silabus berisi rencana pembelajaran yang akan di laksanakan, program pertahunan atau persemester, pemetaan KI (kompetensi inti) dan KD (kompetensi dasar).

Pertama mari kita cari tahu apa itu silabus dan apa kegunaannya dalam proses pembelajaran.

Silabus ialah rangkaian yang di susun oleh pendidik atau guru untuk dijadikan sebagai dasar atau pedoman dalam mencapai tujuan dari pembelajaran tersebut.

Dalam silabus mengatur berjalannya proses belajar mengajar dan penilaian yang sistematis serta memuat bagian atau komponen yang mengarahkan siswa untuk mencapai kompetensi dasar.

Baca juga: silabus kelas 2 semester 1 

Silabus kelas 2 SD K-13

Kompetensi dasar maupun kompetensi inti tentunya dibuat berdasarkan pada subtema dari tema yang di ambil. Isinya memuat mapel yang akan diajarkan, indikator, materi dan kegiatan pembelajaran, penguatan karakteristik peserta didik, asesmen, sumber pembelajaran beserta alokasi waktu yang harus sesuai dengan kemampuan siswa.

Pada dasarnya silabus kelas 2 semester 2 dibuat untuk di gunakan dalam pelaksanaan pembelajaran, memudahkan serta meningkatkan hasil sari proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh siswa kelas 2 SD.

Manfaat silabus dalam pelaksanaan pembelajaran

Manfaat pertama silabus ini menjadi sumber 

 dari susunan perangkat kerja proses pembelajaran yang berdasar pada kompetensi inti dan dasar dari materi pembelajaran siswa pada kelas 2.

Manfaat lain dari silabus bagi pelaksanaan belajar siswa adalah sebagai dasar dalam pengembangan kemampuan siswa sekaligus pengembangan nilai.

Trending:  Materi Pada Silabus Kelas X Mata Pelajaran Sosiologi

Tahapan dalam menyusun silabus kelas 2 semester 2

Dibawah ini contoh silabus yang bisa anda cermati

Isi silabus kelas 2 semester 2

Berdasarkan gambar di atas, bisa kita simpulkan bahwa silabus berisi 8 bagian inti yaitu standar dari kompetensi, kompetensi dasar, materi pelajaran siswa, kegiatan pembelajaran. indikator dan tidak lupa alokasi waktu.

Adapun susunan Langkah penyusunan silabus sebagai berikut:

Langkah pertama tentu saja terlebih dahulu pendidik perlu mengetahui komponen dari silabus tersebut seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Tahapan kedua dalam membuat silabus yaitu menentukan kompetensi tujuan yang akan di capai oleh para peserta didik.

Selanjutnya menentukan materi pembelajaran berdasarkan potensi, manfaat, keluasan materi, kebutuhan, alokasi waktu dan perkembangan siswa kelas 2 sekolah dasar.

Langkah berikutnya yakni membuat rancangan untuk pelaksanaan proses pembelajaran yang menaikkan minat peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran.

Selanjutnya pada komponen indikator perlu di tentukan berdasarkan pencapaian siswa pada kompetensi dasar, perkembangan sikap, wawasan beserta keterampilan pada siswa.

kemudian ada asesmen  yang dibuat dengan menentukan terlebih dahulu penilaian seperti apa yang kelas akan dilakukan. Bisa berupa proyek atau tes lisan maupun tulisan.

Kemudian pada bagian alokasi waktu, sangat penting bagi guru atau pendidik menentukan alokasi waktu pelaksanaan pembelajaran dengan terlebih dahulu mempertimbangkan tingkat sulit atau mudahnya siswa dalam mempelajari materi.

Nah setelah semuanya, barulah Anda menentukan sumber belajar pada silabus ini.

Anda bisa menjadikan apa saja sebagai sumber belajar. Dari internet misalnya, ataukah buku dan sumber media pembelajaran lainnya.

Dengan membuat silabus kelas 2 semester 2 ini tentunya diharapkan dapat memberi manfaat baik untuk pendidik maupun peserta didik. Dan untuk membuat silabus yang benar penting untuk mengikuti langkah langkahnya dengan benar. Semoga apa yang disampaikan penulis ada manfaat yang bisa diambil di dalamnya.

Trending:  Beginilah Cara Mudah Cari NISN di http //nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data berdasarkan nama