Beranda » Silabus Kelas 4 Semester 1 berdasarkan kurikulum 2013

Silabus Kelas 4 Semester 1 berdasarkan kurikulum 2013

Bgtekno.com – Silabus kelas 4 semester 1 merupakan seperangkat perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang di buat untuk siswa kelas 4 pada sekolah dasar dan di sesuaikan dengan kemampuan para siswa didik.

Pada dasarnya silabus dibuat untuk memudahkan pendidik atau guru dalam melaksanakan proses pembellajaran.

Silabus ini akan dijadikan dasar dari pelaksanaan pembelajaran untuk siswa kelas 4 sekolah dasar sesuai tema yang di ajarkan.

Bagi seseorang yang bekerja sebagai tenaga pendidik atau guru silabus akan sangat membantu anda dalam mendidik peserta didik.

Silabus akan menjadi dasar bagaimana mengarahkan siswa pada pembelajaran sehingga tujuan kompetensi dasar bisa tercapai.

Baca juga: silabus seni budaya kelas 7 

Materi silabus kelas 4 semester 1 kurikulum 2013

Jika anda berminat untuk membuat silabus kelas 4 semester 1 secara mandiri berikut ini contoh nya

Silabus kelas 4 semester 1

Bagaimana? anda sudah bisa menyimpulkan bukan? bahwa silabus itu dibuat sesuai dengan judul tema yang akan di ajarkan. Sehingga penting untuk tahu terlebih dahulu apa saja materi pada tema kelas 4 semester 1.

Tema dan subtema pada silabus kurikulum 2013

Pada tema 1 dengan judul indahnya kebersamaan, berisi 3 subtema secara berurutan dengan judul beragam budaya, kebersamaan dalam keberagaman dan bersyukur atas keberagaman.

Kemudian tema 2 berjudul selalu berhemat energi. Tema 2 ini berisi 3 subtema dengan masing masing judul yaitu macam macam sumber energi, pemanfaatan energi dan yang terakhir gaya dan gerak,

Selanjutnya Tema 3 dengan judul kebersamaan yang memuat 3 subtema yang secara urut masing masing berjudul peduli terhadap makhluk hidup, keberagaman makhluk hidup di lingkungan serta judul terakhir yaitu ayo cintai lingkungan.

Trending:  Materi Matematika Kelas 7 Kurikulum Merdeka Belajar

Tema 4 pada berjudul berbagai pekerjaan memiliki 3 subtema juga yaitu pada subtema 1 berjudul jenis jenis pekerjaan, subtema 2 berjudul barang dan jada kemuadian pada subtema 3 berjudul pekerjaan orang tua.

Berikutnya adalah tema terakhir atau tema 5 yang berjudul pehlawanku. pada tema ini juga terdiri atas 3 subtema yang masing masing judulnya yaitu perjuangan para pahlawan, pahlawanku kebanggaanku dan sikap pahlawan.

itu dia 5 tema dengan judul dan subtema yang berbeda beda, Anda bisa membuat silabus kelas 4 semester 1 dengan judul tema di atas. Dengan ini akan memudahkan anda untuk Langkah selanjutnya dalam pembuatan silabus.

Setelah mencari tahu apa saja materi pada kelas 4 semester 1, apa lagi Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan dalam Menyusun silabus? Simak di bawah ini yaaa.

Bagian dari silabus siswa kelas 4

Silabus SD

Bagian pertama untuk menyusun silabus kelas 4 ini ada mata pelajaran, pada bagian ini Anda bisa menegisi sesuai pada tema yang anda ajarkan.

Bagian kedua yaitu kompetensi dasar dengan menentukan tujuan pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada periode ini sesuai dengan tema yang di pelajari siswa.

Selanjutnya dalam ada indicator, buatlah indicator tersebut sesuai dengan kemampuan siswa, manfaata bagi siswa, kebutuhan siswa dan semacamnya.

Lalu ada bagian materi pembelajaran, di isi sesuai pada subtema dan tema yang di ajarkan guru.

Poin kelima pada silabus kelas 4 semester 1 yaitu kegiatan pembelajaran yang berisi kegiatan yang akan dilaksanakan peserta didik selama pelaksanaan pembelajaran dilakukan.

selanjutnya merupakan Pendidikan penguatan karakter, memuat perkembangan karakter seperti apa yang diharapkan pada siswa Ketika melaksanakan pembelajaran.

Silabus kelas 4 semester 1 terdiri pula oleh penilaian atau asesmen, dimana berisi data data jenis penilaian guru pada siswa seperti apa. contohnya berdasarkan sikap, atau membuat proyek serta bisa pula dengan tes.

Trending:  Pahami Contoh Kalimat Persuasif Beserta Pengertiannya

Kemudian alokasi waktu, dimana perlu anda pertimbangkan dan sesuaikan dengan tingkaat kesulitan pada materi yang di ajarkan.

dan yang terakhir pada silabus ini adalah sumber belajar. Anda bisa mengambil sumber belajar darimana saja, seperti  buku, lingkungan maupun internet.

Nah itu tadi beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam menyusun sebuah silabus siswa SD dengan baik, semoga bisa membantu anda dalam penyusunan silabus. terimakasih.