Berbagai Komponen yang Bisa Ditemukan Dalam Silabus Kelas 4

Bgtekno.com – Sebelum memulai tahun ajaran baru, biasanya setiap guru akan diminta untuk membuat silabus. Silabus sendiri merupakan seperangkat rencana pengaturan pelaksanaan pembelajaran. Setiap tingkatan kelas memiliki silabus yang berbeda-berbeda, seperti silabus kelas 4. 

Biasanya, pengembangan silabus sendiri diserahkan kepada satuan pendidikan masing-masing. Sehingga memang akan lebih leluasa untuk mengembangkannya. Meskipun begitu, silabus yang dibuat tetap harus dalam bingkai pengembangan kurikulum nasional. 

Beberapa prinsip yang harus diikuti dalam pengembangan silabus antara lain ilmiah, relevan, sistematis, memadai, konsisten, aktual, kontekstual, fleksibel, dan menyeluruh. Semuanya harus diperhatikan sebaik mungkin ketika mengembangkan silabus. 

Karena memang merupakan rencana pembelajaran satu semester ke depan, sudah pasti ada banyak sekali komponen yang terdapat di dalam silabus kelas 4. Tidak hanya terdapat KI, dan KD saja, tetapi juga indikator lainnya. 

Berikut ini akan dibahas beberapa komponen yang bisa ditemukan dalam sebuah silabus. Berikut pembahasan singkatnya.

Baca juga: Membuat silabus kelas 2 semester 2 berdasarkan kurikulum 2013

Beberapa Komponen dalam Silabus Kelas 4 

Silabus kelas 4

Bgtekno.com

KI – Kompetensi Inti 

Komponen pertama yang bisa ditemukan adalah KI. KI sendiri merupakan gambaran mengenai kompetensi dalam aspek, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari oleh setiap peserta didik. Kompetensi inti sendiri bukan untuk diajarkan, tetapi akan dibentuk melalui mata pelajaran yang relevan. 

Artinya, semua mata pelajaran harus relevan dengan KI yang sudah dirumuskan atau bisa juga mata pelajaran tersebut berkontribusi dalam pembuatan silabus kelas 4. 

KD- Kompetensi Dasar 

Komponen selanjutnya yang bisa kamu temukan adalah kompetensi dasar. Komponen satu ini bisa dibilang spesifik, karena mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait dengan mata pelajaran. Dalam mengkaji kompetensi dasar mata pelajaran harus memperhatikan urutan berdasarkan dengan hierarki konsep disiplin ilmu.

Trending:  Mari Nikmati Musim Semi Jepang

Indikator Pencapaian

Indikator pencapaian merupakan komponen silabus yang lainnya. Indikator pencapaian sendiri adalah perilaku yang dapat diukur atau diamati untuk menunjukkan ketercapaian sebuah kompetensi dasar. 

Indikator ini digunakan sebagai penanda pencapaian dari kompetensi dasar. Biasanya ditandai dengan perubahan perilaku yang dapat diukur. Indikator pencapaian sendiri dikembangkan berdasarkan karakteristik peserta didik, satuan pendidikan, mata pelajaran, dan potensi daerah. 

Materi Pokok 

Dalam silabus siswa kelas 4 juga terdapat materi pokok. Sesuai dengan namanya, sudah pasti materi ini merupakan materi yang akan dibahas pada mata pelajaran tersebut. Materi pokok sendiri memiliki judul dan sub judulnya masing-masing. 

Metode Pembelajaran 

Untuk bisa menyampaikan materi dengan baik kepada para peserta didik, sudah pasti harus membuat metode pembelajaran yang tepat. Bisa berupa kegiatan tatap muka langsung atau non tatap muka. Untuk caranya sendiri bisa dengan menulis materi, mendengarkan penjelasan guru, berdiskusi, sampai dengan tanya jawab. 

Metode pembelajaran harus disesuaikan dengan materi dan keadaan para peserta didiknya. Jika mau melakukan observasi atau praktik, maka pastikan peserta didik mampu diarahkan dengan baik. Akan lebih baik jika metode yang dipakai bervariasi, sehingga peserta didik tidak merasa bosan. 

Penilaian 

Proses penilaian

Bgtekno.com

Komponen lain yang bisa ditemukan dalam silabus ini adalah penilaian. Penilaian adalah serangkaian kegiatan untuk menganalisis, memperoleh, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar dari peserta didik itu sendiri.

Nantinya, hasil penilaian akan dianalisis untuk menentukan sebuah tindak lanjut. Tindak lanjut di sini bisa perbaikan proses pembelajaran, pengayaan, atau program remedial bagi para peserta didik yang pencapaian kompetensinya berada di bawah kriteria ketuntasan. 

Sumber Pembelajaran 

Terakhir ada sumber pembelajaran yang sudah pasti sangat penting dalam proses belajar mengajar. Sumber pembelajaran sendiri tidak hanya berupa buku saja, tetapi ada e-book, buku digital, video, aplikasi dan lain sebagainya. 

Trending:  Materi Pada Silabus Kelas X Mata Pelajaran Sosiologi

Adanya teknologi modern seperti saat ini semakin memperbesar sumber pembelajaran yang bisa didapatkan. Setidaknya, para peserta didik bisa mendapatkan banyak materi lain dari berbagai sumber. Sehingga, jika ada kebingungan bisa langsung memecahkannya. 

Nah, demikianlah beberapa komponen yang bisa ditemukan pada silabus kelas 4. Silabus sendiri memang menjadi perangkat penting yang selalu digunakan dalam proses mengajar. Untuk pengembangannya sendiri tidak bisa sembarangan, sebab ada prinsip dan komponen yang perlu dipahami.