Beranda » Silabus Kelas 5 Kurikulum 2013 Tahun 2021-2022

Silabus Kelas 5 Kurikulum 2013 Tahun 2021-2022

Kataku.id – Perangkat pembelajaran seperti silabus kelas 5 kurikulum 2013 adalah bagian tak terpisahkan dan wajib dimiliki oleh tenaga pendidik. Dengan begitu guru sebagai pendidik bisa mencapai tujuan pembelajaran secara efektif.

Silabus dapat menjadi pedoman guru dalam menyusun perangkat pembelajaran. Mulai dari program tahunan, program semester, KKM, pemetaan kompetensi inti dan kompetensi dasar, serta rencana pelaksanaan pembelajaraan (RPP) tematik.

Baca juga: silabus kelas 5 semester 1 

Sekilas Tentang Silabus Kelas 5 Kurikulum 2013

Silabus kelas 5 kurikulum 2013

Bagi Anda yang masih awam mungkin belum seberapa tahu apa itu silabus. Jadi silabus merupakan seperangkat rencana pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang telah tersusun secara sistematis.

Oleh sebab itu, komponen di dalamnya saling berkaitan satu sama lain. Tujuannya untuk bisa mencapai penguasaan kompetensi dasar atau KD. Pengembangan silabus akan didasarkan pada SKL dan standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah tahun tertentu.

Manfaat Silabus

Jangan salah, manfaat silabus seperti silabus kelas 5 SD, SMP, maupun tingkat lain memiliki banyak manfaat. Sehingga dirasakan begitu penting terutama untuk mendukung pembelajaran saat ini dan masa depan, berikut penjelasan selengkapnya:

Sebagai Pengaturan Kegiatan Pembelajaran

Tanpa silabus tenaga pendidik tidak akan bisa mengatur kegiatan belajar mengajar dengan baik. Selain itu, silabus bagi guru atau tenaga pendidik juga membantu dalam mengembangkan sistem penilaian.

Trending:  Beginilah Cara Mudah Cari NISN di http //nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data berdasarkan nama

Sumber Utama Penyusunan Rencana Pembelajaran

Silabus faktanya juga menjadi sumber utama penyusunan rencana pembelajaran. Khususnya yang berkaitan dengan standar kompetensi maupun satu kompetensi dasar. Sebagai yang telah diketahui, rencana pembelajaran sangat penting bagi pendidik.

Pedoman dalam Merencanakan Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran Lebih Lanjut

Manfaat lain dari silabus juga menjadi pedoman dalam merencanakan pengelolaan kegiatan pembelajaran lebih lanjut. Termasuk penyusunan RPP, pengelolaan kegiatan pembelajaran, penyediaan sumber belajar, serta pengembangan sistem penilaian.

Ukuran dalam Melakukan Penelitian Keberhasilan

Keberhasilan yang dimaksud di sini adalah suatu program pembelajaran. Tenaga pendidik bisanya ingin mengukur seberapa efektif program pembelajaran yang telah dibuatnya. Silabus ini bisa jadi standar pengukuran sebagai bahan pertimbangan.

Sebagai Dokumen Tertulis

Beberapa silabus termasuk silabus kelas 5 SD dan lainnya pun menjadi salah satu dokumentasi tertulis. Biasa juga disebut dengan written document sebagai akuntabilitas suatu program pembelajaran.  

Fungsi Silabus

Fungsi silabus kelas 5

Disamping punya banyak manfaat, silabus juga memiliki beberapa fungsi. Sehingga tenaga pendidik akan sangat mempertimbangkan untuk membuat silabus ini demi kelancaran aktivitas belajar mengajar. Fungsi silabus diantaranya adalah:

Memberikan Informasi Seputar Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Fungsi silabus yang pertama adalah dapat memberikan informasi seputar rencana pelaksanaan pembelajaran. Selain itu tentang penilaian secara sistematis sehingga dapat memudahkan tenaga pendidik dalam melaksanakan pembelajaran.

Memudahkan Tenaga Pendidik Dalam Segala Hal

Hal-hal yang akan lebih mudah dilakukan oleh guru dengan menggunakan silabus meliputi melihat, mengamati, menganalisis, serta memprediksi proses pembelajaran. Dengan begitu, akan membentuk kerangka kerja yang lebih terencana.

Pedoman Dalam Pengembangan Pembelajaran

Silabus juga memiliki fungsi sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran. Sehingga, nantinya silabus juga akan menjadi dasar pembuatan rencana pengelolaan pembelajaran pada setiap satuan pendidikan.

Trending:  Materi dan Soal PAS Kelas 3 Semester 1 

Sumber Pokok Dalam Upaya Penyusunan Rencana Pembelajaran

Selain itu, silabus juga berfungsi sebagai sumber pokok dalam upaya penyusunan rencana pembelajaran. Dengan begitu rencana pembelajaran dapat tersusun rapi berdasarkan prosedur yang ditentukan.

Alat Aktualisasi Kurikulum

Anda harus tahu jika silabus pun berfungsi sebagai alat aktualisasi kurikulum secara operasional pada satuan tingkat pendidikan tertentu. Jadi artinya, dengan silabus tenaga pendidik atau guru dapat lebih mudah dalam melaksanakan tugas pembelajaran.

Sebagai informasi saja, guru sebetulnya punya kebebasan untuk mengembangkan silabus sesuai kebutuhan dan kondisi satuan pendidikan masing-masing. Artinya guru diberikan kewenangan penuh dalam menambah atau mengurangi silabus sesuai keinginan.

  • Tema 1 tentang Organ Gerak Hewan dan Manusia
  • Tema 2 tentang Udara Bersih Bagi Kesehatan
  • Tema 3 tentang Makanan Sehat
  • Tema 4 tentang Sehat Itu Penting
  • Tema 5 tentang Ekosistem
  • Tema 6 tentang Panas dan Perpindahannya
  • Tema 7 tentang Peristiwa dalam Kehidupan
  • Tema 8 tentang Lingkungan Sahabat Kita
  • Tema 9 tentang Benda-benda di sekitar kita

Itu dia tadi penjelasan singkat tentang silabus kelas 5 kurikulum 2013. Bagi Anda terutama peserta didik atau guru dapat menjadikan informasi di atas sebagai bahan referensi.