Beranda ยป Silabus Kelas 5 Semester 1 Terlengkap

Silabus Kelas 5 Semester 1 Terlengkap

Bgtekno.com – Sedang mencari silabus kelas 5 semester 1? Silabus sendiri merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang harus dimiliki oleh guru. Sementara perangkat pembelajaran tentu sangat penting bagi para tenaga pendidik.

Tanpa adanya perangkat pembelajaran yang mumpuni, tentu proses pengajaran tidak akan bisa berjalan dengan baik. Walaupun jenis perangkat pembelajaran bukan hanya silabus, namun hingga sekarang masih dianggap cukup penting.

Di dalamnya berisi tentang pedoman yang diperuntukkan bagi para guru untuk penyusunan perangkat pembelajaran. Contohnya seperti program tahunan, program semester, pemetaan K1 dan KD, KKM, sert RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik.

Baca juga: Cara cek progres pengiriman PMP

Silabus kelas 5 semester 1 di bawah ini sudah merupakan revisi terbaru tahun 2021. Walaupun begitu, dari pihak Bapak/Ibu guru tetap bisa mengembangkannya serta menyempurnakannya sesuai kondisi yang ada.

Sebagai informasi saja, silabus juga merupakan seperangkat rencana pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis. Oleh sebab itu, setiap komponen di dalamnya pasti saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar.

Selain itu, pengembangan dari silabus nantinya akan disesuaikan berdasarkan pada Standar Kompetensi Lulusan atau SKL serta Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah pada pola pembelajaran tahun tertentu.

Manfaat Silabus

Sudah tahu belum apa manfaat silabus, baik silabus yang terbaru maupun silabus-silabus yang lain? Faktanya, silabus sendiri memiliki beberapa manfaat. Oleh sebab itu, hingga sekarang masih sangat populer seperti diantaranya adalah:

Trending:  Penyusunan SOP Pembelajaran Daring Paud Selama Covid - 19

Mengatur Kegiatan Pembelajaran

Silabus sangat berperan dalam pengaturan kegiatan pembelajaran. Sehingga guru bisa makin terarah untuk memberikan materi pada para peserta didik. Selain itu, silabus juga nantinya dapat membantu dalam pengembangan sistem penilaian.

Sebagai Sumber Penyusunan Rencana Pembelajaran

Tenaga pendidik tidak boleh sembarangan dalam membuat rencana pembelajaran buat para murid. Silabus ini menjadi sumber penyusunan rencana pembelajaran yang valid. Mengingat silabus sendiri akan berkaitan dengan standar kompetensi maupun satu kompetensi dasar.

Pedoman Perencanaan Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran Lebih Lanjut

Silabus kelas 5 semester 1 atau jenis silabus lainnya juga berperan sebagai pedoman perencanaan pengelolaan kegiatan pembelajaran untuk tingkat lanjut. Contohnya dalam penyusunan RPP, pengelolaan kegiatan pembelajaran, serta pengembangan sistem penilaian.

Sebagai Ukuran dalam Melakukan Penelitian Keberhasilan Program Pembelajaran

Dalam membuat suatu program pembelajaran, pastinya perlu dilakukan langkah pengukuran keberhasilan. Hal itu bertujuan untuk melihat seberapa baik program pembelajaran yang telah dibuat sebelumnya. Silabus adalah standar pengukurannya.

Sebagai Dokumentasi Tertulis (written document)

Silabus juga bermanfaat sebagai dokumentasi tertulis atau lebih dikenal dengan sebutan written document. Menjadi bukti akuntabilitas suatu pembelajaran yang telah dibuat dan diberikan pada peserta didik.

 

Komponen Silabus

Silabus pembelajaran tersebut mencakup kompetensi Inti (KI), kompetensi dasar (KD), indikator, materi pembelajaran, serta kegiatan pembelajaran. Inilah apa saja komponen yang ada pada sebuah silabus:

  • Identitas mata pelajaran yang diampu guru
  • Identitas sekolah termasuk nama satuan pendidikan dan kelas yang diampu guru
  • Kompetensi Inti yaitu pencapaian standar kompetensi aspek sikap, pengetahuan, serta keterampilan
  • Kompetensi Dasar yaitu kemampuan spesifik dalam hal sikap, pengetahuan, dan keterampilan
  • Indikator Pencapaian Kompetensi yaitu pengukuran pencapaian kompetensi dasar
  • Materi Pokok adalah fakta, konsep, prinsip, cara yang relevan dengan kondisi kelas
  • Kegiatan pembelajaran adalah proses kegiatan dalam kelas
  • Penilaian yang mana alatnya dapat berupa tes dan non tes
  • Alokasi Waktu merupakan penentuan alokasi waktu untuk setiap kompetensi dasar
  • Sumber Belajar bisa berupa buku, media cetak atau elektronik, dan lain-lain
Trending:  Berbagai Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Silabus Kelas 2 Semester 1

 

Silabus kelas 5 semester 1

Bgtekno.com

Materi Silabus SD Kelas 5 Kurikulum 2013 Edisi Terbaru Tahun 2021/2022

Untuk materi tematik kelas 5 SD kurikulum 2013 sendiri terbagi menjadi beberapa tema. Lebih tepatnya ada 9 tema yaitu sebagai berikut:

  • Tema 1 Gerak Hewan dan Manusia
  • Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan
  • Tema 3 Makanan Sehat
  • Tema 4 Sehat Itu Penting
  • Tema 5 Ekosistem
  • Tema 6 Panas dan Perpindahannya
  • Tema 7 Peristiwa dalam kehidupan
  • Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita
  • Tema 9 Benda-benda di sekitar kita

Itu dia tadi informasi tentang silabus kelas 5 semester 1. Mungkin dapat jadi bahan referensi buat siapa saja yang membutuhkan.