Beranda ยป Berbagai Hal Mengenai Silabus Kelas 5 Semester 2

Berbagai Hal Mengenai Silabus Kelas 5 Semester 2

Bgtekno.com – Silabus merupakan hal penting yang diperlukan sebelum proses belajar mengajar dimulai. Silabus sendiri merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang pastinya dimiliki semua guru. Setiap tingkatan kelas memiliki silabusnya sendiri, salah satunya adalah silabus kelas 5 semester 2.

Biasanya memang untuk anak SD, silabus sendiri tidak dibuat per mata pelajaran, tetapi berdasarkan tingkatan kelas. Hal ini dikarenakan untuk tingkat SD sendiri, mata pelajarannya lebih sedikit. Selain itu juga, hanya digunakan tema saja.

Baca juga: Membuat silabus kelas 2 semester 2 berdasarkan kurikulum 2013

Beberapa Tema dalam Silabus Kelas 5 Semester 2

Silabus kelas 5 semester 2

Bgtekno.com

Panas dan Perpindahannya

Untuk tema 6 dalam silabus kelas 5 ini akan membahas tentang panas dan perpindahannya. Di sini, dibahas mengenai kalor dan perpindahannya, kalor dan suhu, dan perpindahan kalor. Pembahasan ini bisa ditemukan pada mata pelajaran IPA di tema tersebut.

Sementara, untuk materi lain dari mata pelajaran selanjutnya (IPS) membahas mengenai interaksi sosial, pembangunan sosial budaya, sosialisasi, dan pembangunan ekonomi. Sementara, untuk pelajaran PPKn dalam tema ini membahas mengenai kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat.

Untuk bahasa Indonesia sendiri, biasanya membahas tentang ringkasan, teks penjelasan, surat undangan, dan kalimat efektif. Untuk SBdP membahas materi membuat gambar cerita dan memainkan alat musik yang sederhana.

Peristiwa dalam Kehidupan

Tema selanjutnya yang akan dibahas adalah tentang peristiwa dalam kehidupan. Di mana, masing-masing mata pelajaran memiliki materi pokok yang berbeda-beda. Pada silabus kelas 5 semester 2 ini untuk mata pelajaran IPA membahas tentang pengaruh kalor, baik terhadap suhu atau wujud benda.

Trending:  Mata Pelajaran Pendidikan Moral Pancasila ( PMP 2019.12 ) Kembali Diajarkan

Kemudian, untuk mata pelajaran IPS sendiri membahas tentang faktor penyebab penjajahan di Indonesia dan bagaimana cara mempertahankan kemerdekaan. Sudah pasti metode pembelajaran yang dilakukan adalah dengan membaca informasi dari berbagai sumber bacaan, dan mendiskusikannya.

Sementara itu, dalam mata pelajaran PPKn akan dibahas mengenai keberagaman sosial budaya masyarakat. Di mana, untuk lebih paham mengenai hal ini, maka harus dilakukan diskusi atau tanya jawab seputar materinya.

Terakhir, untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam silabus kelas 5 semester 2 membahas tentang teks narasi sejarah yang memuat semua unsur apa, kapan, di mana, siapa, mengapa, dan bagaimana. Untuk materi SBdP, pembahasan materinya berupa gambar ilustrasi, pembuatan gambar ilustrasi, lagu dalam berbagai nada, dan juga pola lantai tari kreasi daerah.

Lingkungan Sahabat Kita

Untuk tema selanjutnya, ada pembahasan mengenai manusia dan lingkungannya. Di mana, dalam mata pelajaran IPA sendiri, Anda akan menemukan pembahasan mengenai siklus air, dan dampaknya bagi kelangsungan hidup manusia. Sementara, untuk mata pelajaran IPS fokusnya pada berbagai kegiatan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa.

Materi pelajaran PPKn pada tema ini membahas tentang keberagaman sosial budaya masyarakat. Biasanya metode pembelajaran yang dilakukan hanya menyimak penjelasan saja. Sementara, untuk pelajaran Indonesia membahas tentang teks non-fiksi.

Benda-Benda di Sekitar Kita

Terakhir ada tema 9 yang membahas tentang benda-benda di sekitar kita. Di mana, untuk pelajaran IPA membahas tentang zat tunggal, zat campuran, sampai dengan sifat penyusun dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya, untuk metode pembelajarannya sendiri melalui berbagai macam percobaan.

Untuk pelajaran IPS, pada silabus kelas 5 semester genap nantinya akan membahas tentang letak dan luas Indonesia di dalam peta, kondisi alam, karakteristik kependudukan, sampai pengaruh negara maritim terhadap perekonomian masyarakat. Untuk metode pembelajaran yang digunakan tidak hanya mengamati saja, tetapi juga mendiskusikan, dan mengidentifikasi.

Trending:  Cara Cek Info GTK Dapodik 2021 Terbaru

Dalam pelajaran PPKn, materi yang akan dibahas mengenai manfaat persatuan dan kesatuan, serta kerukunan masyarakat. Untuk menunjang pembelajaran, biasanya akan disajikan video atau gambar yang berkaitan dengan materi tersebut. Sementara, pada pelajaran bahasa Indonesia, membahas tentang teks penjelasan, kalimat efektif, surat undangan, dan ringkasan yang tentu saja selalu menggunakan metode pembelajaran praktik langsung.

Itulah beberapa materi yang bisa ditemukan pada silabus kelas 5 semester 2. Silabus tentu akan membuat Anda lebih mudah dalam mempersiapkan pembelajaran. Selain itu, tujuan yang dicapai pun semakin jelas.