Beranda » Berbagai Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Silabus Kelas 2 Semester 1

Berbagai Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Silabus Kelas 2 Semester 1

Bgtekno.com – Dalam pembelajaran, biasanya tujuan pembelajaran akan tercapai jika sudah menyusun perangkat pembelajaran terlebih dahulu. Dengan adanya perangkat pembelajaran ini, maka akan lebih mudah untuk menyampaikan materi. Salah satu perangkat pembelajaran adalah silabus kelas 2 semester 1.

Silabus sendiri merupakan sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran pada satu kelompok mata pelajaran. Silabus harus memuat standar kompetensi, materi pokok, kompetensi dasar, indikator pencapaian pembelajaran, kegiatan pembelajaran, alokasi waktu, sampai dengan sumber belajar.

Penyusunannya sendiri tidak bisa dilakukan secara asal. Sebab, nantinya akan berdampak buruk pada pembelajaran yang dilakukan. Penyusunan silabus justru harus berdasarkan pada SKL (Standar Kompetensi Lulusan) dan standar isi.

Untuk Anda yang sedang menyusun silabus kelas 2 semester 1, mungkin bisa menggunakan referensi di bawah ini.

Baca juga: Silabus Kelas 5 Semester 1 

Silabus Kelas 2 Semester 1 Buku Tema 1

Untuk menyusun silabus pada buku tema 1, Anda harus tau dulu isi dari buku tema tersebut. Untuk tema 1 sendiri mengenai hidup rukun, dengan sub tema adalah hidup rukun di rumah.

Akan ada kompetensi inti yang nantinya bisa menjadi pengembangan terhadap kompetensi dasar. Salah satu kompetensi inti yang bisa ditemukan dalam silabus ini adalah menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Pada silabus kelas 2 kali ini alokasi waktu yang dibuat biasanya 24JP. JP di sini merupakan singkatan dari Jam Pelajaran atau akumulasi dari banyaknya jam pelajaran yang ada.

Untuk materi yang akan dibahas pada pelajaran Matematika di silabus ini adalah menjelaskan makna bilangan cacah, menentukan lambangnya, membaca, sampai dengan menyajikan bilangan cacah itu sendiri. Untuk sumber belajar bisa dari buku guru, buku peserta didik, sampai dengan internet.

Trending:  Tips Membuat Puisi Pendek yang Bisa Anda Coba!

Untuk Bahasa Indonesia, materinya mengenai ungkapan, perintah, penolakan, dan ajakan dalam sebuah teks. Lebih lanjut lagi ada materi mengenai menirukan ungkapan, perintah, ajakan, dan penolakan.

Sementara itu untuk materi PPKn dalam silabus kelas 2 semester 1 adalah tentang hubungan gambar dengan lambang sila-sila pada pancasila. Untuk kegiatan pembelajarannya sendiri tidak hanya menyimak, tetapi juga menceritakan pengalaman dalam menerapkan sila Pancasila.

Pada mata pelajaran PJOK sendiri, materi pembelajaran yang akan disampaikan mengenai prosedur gerak variasi pola gerak dasar. Biasanya untuk metode pembelajaran sendiri adalah mengamati gambar dan memperagakan gerakan dasarnya.

Terakhir, materi pembelajaran untuk pelajaran SBdP adalah menampilkan pola irama sederhana, mengamati gambar dan memperagakannya. Nantinya, pada mata pelajaran ini akan ada praktik pembuatan karya hias dengan bahan alami.

Silabus kelas 2 semester 1

Bgtekno.com

Silabus Kelas 2 Buku Tema 2

Untuk silabus siswa kelas 2 pada semester 1 memiliki tema bermain di lingkunganku dengan sub tema bermain di lingkungan rumah. Ada beberapa kompetensi inti yang harus diperhatikan terlebih dahulu.

Pada silabus ini, untuk pelajaran PPKn kompetensi dasarnya adalah menunjukkan sifat yang patuh terhadap aturan agama yang dianut. Selain itu, juga melaksanakan aturan yang berlaku baik di rumah atau di sekolah. Kemudian, peserta didik juga harus mengidentifikasi aturan dan tata tertib di sekolah.

Sementara, untuk mata pelajaran bahasa Indonesia KD-nya meminta peserta didiknya untuk menguraikan kosa kata. Selain itu juga melaporkan penggunaan kosa kata bahasa Indonesia yang tepat.

Silabus kelas 2 semester 1 untuk KD pada pelajaran matematika sendiri adalah menjelaskan perkalian dan pembagian yang tentu saja melibatkan bilangan cacah.

Kemudian untuk SBdP Kompetensi Dasarnya berisi tentang pengenalan elemen musik lagu. Selain itu, nantinya para peserta didik juga akan menampilkan elemen musik melalui sebuah lagu. Dari kompetensi dasar ini bisa dilihat pengembangan yang dilakukan untuk peserta didik.

Trending:  Catat…! Bacaan Takbiran Idul Fitri Mudah

Untuk PJOK berisi pemahaman variasi gerak dasar non lokomotor. Nantinya, peserta juga akan diminta untuk mempraktikkan variasi gerak dasar non lokomotor. Tentu saja gerak dasar ini disesuaikan dengan konsep tubuh, usaha, ruang, dan hubungan dengan beberapa member.

Demikianlah beberapa hal dalam silabus kelas 2 semester 1. Dalam silabus sudah banyak hal yang bisa ditemukan. Mulai dari materi, kompetensi dasar, alokasi waktu, sampai dengan sumber pembelajaran.