Menyusun Silabus SD Kelas 4 Semester 2 Berdasarkan Kurikulum 2013

Bgtekno.com – Dengan menggunakan silabus SD kelas 4 semester 2 sangat membantu Anda dalam menyusun perangkat pendukung proses belajar mengajar yang akan digunakan di kelas 4 semester 2. Misalnya program tahunan, rencana pelaksanaan pembelajaran , serta pemetaan kompetensi dasar dan kompetensi inti.

Jika anda adalah seorang tenaga pendidik, anda sudah pasti akrab dengan yang dinamakan silabus. Tapi mungkin saja ada beberapa  yang belum mengetahui apa saja yang harus dilakukan dalam penyusunan silabus.

Silabus kelas 4 semester 2 merupakan perangkat dalam proses belajar mengajar yang di susun oleh guru yang nantinya dijadikan pedoman dalam memudahkan pencapaian tujuan pembelajaran.

Baca juga: silabus seni budaya kelas 7

Silabus sendiri adalah rencana pembelajaran yang dibuat berdasarkan standar kompetensi, materi pokok pembelajaran, kompetensi dasar, indicator pencapaian kompetensi penilaian, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, penilaian dan alokasi waktu.

Silabus kelas 4 semester 2 di khususkan bagi peserta didik yang menduduki bangku kelas 4 sekolah dasar. Dalam silabus ini di muat penguatan karakter siswa, mata pelajaran, kegiatan pembelajaran , KA, indikator, penilaian, materi, alokasi waktu serta sumber belajar.

Adapun tujuan penyusunan silabus dalam pelaksanaan proses pembelajaran yakni  memudahkan dalam kegiatan belajar mengajar serta meningkatkan hasil dalam proses pembelajaran.

Silabus SD menjadi salah satu perangkat dalam proses belajar mengajar yang harus dimiliki seorang guru. Hal ini diharapkan dapat mempermudah dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Tujuan Penyusunan Silabus Kelas 4 Semester 2

  • Sebagai acuan dalam membuat rencana pembelajaran, misalnya rencana pembelajaran tentang pengembangan penilaian hasil pembelajaran ataupun pengelolaan kegiatan pembelajaran.
  • Sebagai aktualisasi kurikulum, rencana pembelajaran yang anda buat akan dikembangkan menjadi sebuah perangkat pembelajaran.
  • Menjadi pedoman dalam penyusunan buku siswa, hal ini karena disesuaikan dengan kompetensi yang sesuai dengan  kurikulum yang berlaku.
Trending:  Menyusun Silabus Kelas 4 Semester 2 Berdasarkan Kurikulum 2013

Langkah – Langkah Menyusun Silabus SD Kelas 4 Semester 2

Silabus SD kelas 4

Dalam menyusun sebuah silabus SD ada beberapa hal yang harus disiapkan. Apa saja itu? Berikut ulasannya:

  • Mengkaji Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti

Langkah pertama yang harus anda lakukan melakukan kajian pada kompetensi inti dan kompetensi dasar. Apakah dalam penyusunannya telah berdasarkan hierarki konsep, dan terkait dengan mata pelajaran yang ada.

  • Melakukan Identifikasi Materi Pokok Pelajaran

Langkah kedua adalah mengamati apakah antara kompetensi inti dan kompetensi dasar memiliki manfaat bagi peserta didik. Perlu diperhatikan juga alokasi waktu serta kesesuaian dengan kebutuhan peserta didik dan terhadap tuntutan lingkungan.

  • Mengembangkan Kegiatan

Dalam pengembangan kegiatan pembelajaran ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Hal tersebut adalah apakah pembelajaran yang diberikan dapat membantu peserta didik?

Selain itu, dalam penyampaian pembelajaran dilaksanakan secara berurutan. Serta memberikan perubahan dalam pengalaman belajar peserta didik.

  • Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar

Indikasi yang menunjukkan telah tercapainya kompetensi dasar adalah terjadinya perubahan pada sikap dan perilaku peserta didik. Dapat juga dilihat peningkatan pengetahuan serta keterampilan peserta didik.

  • Menentukan Metode Penilaian

Langkah terakhir adalah anda menentukan bagaimana metode penilaiannya. Setiap guru atau tenaga pendidik memiliki metode yang berbeda. Ada yang menggunakan metode tes, pengamatan kerja, atau pun pengukuran sikap.

Prinsip Penyusunan Silabus Kurikulum 2013 

  • Relevan, sesuai dengan tingkat intelektual, perkembangan fisik, social, emosional serta spiritual peserta didik.
  • Ilmiah, seluruh materi serta kegiatan dalam silabus dapat dipertanggung jawabkan secara keilmuan.
  • Konsistensi, memiliki hubungan yang konsisten antara indikator, kompetensi dasar, pengalaman belajar, materi pokok, serta sistem penilaian.
  • Sistematis, setiap komponen saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
  • Fleksibel, semua komponen dalam silabus dapat mengakomodasi dinamika perubahan yang terjadi.
  • Kontekstual dan aktual, semua materi pokok, cakupan indikator, sumber belajar dan lain – lain memperhatikan perkembangan teknologi, ilmu pengetahuan serta seni dalam kehidupan dan peristiwa yang terjadi.
  • Menyeluruh, komponen dalam silabus mencakup seluruh ranah kompetensi.
  • Kecukupan, silabus yang disusun cukup untuk mendukung dalam pencapaian kompetensi dasar. 
Trending:  Pemetaan KD Kelas 4 Semester 1: Contoh dan Langkah penyusunannya

Itulah beberapa uraian tentang silabus kelas 4 semester 2 baik itu Langkah – Langkah penyusunan maupun tujuan penyusunannya. Semoga bermanfaat.