Beranda » Berbagai Hal Seputar Silabus Seni Budaya Kelas 7 2022

Berbagai Hal Seputar Silabus Seni Budaya Kelas 7 2022

Bgtekno.com – Memasuki semester baru, kerap kali sekolah menyiapkan silabus baru untuk tahun ajaran baru. Salah satunya silabus seni budaya kelas 7 tahun 2022 yang mengalami beberapa pembaharuan.

Berbicara mengenai silabus, sebenarnya apa sih pengertiannya? Apa manfaat silabus di dunia pendidikan? Nah kali ini kami akan membahas beberapa informasi terkait silabus itu sendiri. Jadi simak ulasan yang akan kami berikan di bawah ini dengan baik.

Apa itu Silabus?

Silabus merupakan salah satu perangkat pembelajaran wajib bagi guru, sebagai sarana mempermudah pembelajaran sesuai yang diharapkan. Biasanya silabus disusun secara sistematis yang berisi rencana pelaksanaan pembelajaran dan penilaian.

Maka dari itu, komponen-komponen dalam silabus akan saling berkaitan untuk mencapai pemahaman materi kompetensi dasar.

Setiap mata pelajaran yang diajarkan di sebuah sekolah memiliki silabusnya tersendiri, begitupun dengan mata pelajaran seni budaya. Di mana setiap tingkatan atau kelas, memiliki komponen materi yang berbeda-beda.

Sehingga silabus seni budaya kelas 7 akan berbeda dengan silabus kelas 8 ataupun kelas 9. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, seluruh komponen atau materi yang ada mengikuti kurikulum 2013 atau dikenal dengan sebutan kurtilas.

Baca juga: Silabus Kelas 5 Semester 1 

Berbagai Fungsi Silabus

Fungsi pertama dari silabus adalah memberikan informasi mengenai rencana pelaksanaan pembelajaran dan penilaian secara sistematis. Sehingga nantinya dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.

Nantinya guru dapat mengamati, melihat sekaligus menganalisis dan memperbaiki proses pembelajaran. Sehingga nantinya akan menjadi sebuah kerangka kerja yang terencana.

Fungsi lain dari silabus adalah sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran, sehingga menjadi dasar pembuatan rencana pengelolaan pembelajaran.

Trending:  Tips Cepat Mempelajari Modul Bahasa Indonesia Kelas 11

Berperan juga sebagai sumber pokok dalam upaya penyusunan rencana pembelajaran sehingga semua sesuai prosedur. Dan beberapa fungsi lainnya yang begitu membantu dalam proses pembelajaran, baik untuk guru ataupun murid.

Komponen-Komponen yang Harus Ada dalam Silabus

Adapun beberapa komponen yang harus ada di setiap silabus, adalah sebagai berikut:

  • Membuat identitas pelajaran, meliputi nama mata pelajaran yang diampu guru.
  • Membuat identitas sekolah, meliputi nama satuan pendidikan serta kelas yang akan diampu oleh guru
  • Kompetensi inti yakni pencapaian standar kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan dan juga keterampilan
  • Kompetensi dasar, meliputi kemampuan spesifik dalam aspek sikap, pengetahuan dan juga keterampilan
  • Indikator pencapaian kompetensi yakni sebuah pengukuran yang menunjukan pencapaian kompetensi dasar tertentu. Biasanya hal ini diperuntukan dalam penilaian sebuah mata pelajaran
  • Membuat materi pokok. Meliputi fakta-fakta, konsep, prinsip, prosedur yang harus relevan dengan kondisi kelas. Anda bisa menuliskannya dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi
  • Kegiatan belajar di dalam kelas untuk penentuan pencapaian kompetensi yang diinginkan
  • Penilaian, merupakan sebuah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar. Penilaian pun dapat diambil dengan dan tanpa melalui tes baik tertulis maupun lisan
  • Membuat alokasi waktu sesuai dengan jumlah jam minggu efektif pembelajaran untuk setiap satu semester, dan
  • Sumber belajar yang dapat berasal dari buku, media cetak maupun elektronik, alam sekitar hingga sumber belajar lain yang relevan.

Silabus Seni Budaya Kelas 7 Meliputi Komponen Dasar

Berikut akan kami berikan beberapa kompetensi dasar silabus seni budaya kelas 7 tahun ajaran baru:

  • Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman karya seni rupa sebagai bentuk tanda syukur kepada anugerah Tuhan
  • Menunjukan sikap menghargai, jujur serta disiplin melalui aktivitas kesenian
  • Menunjukan sikap bertanggung jawab, sopan dan juga santun terhadap sebuah karya seni beserta pembuat karya tersebut
  • Menunjukan sikap percaya diri, inovasi internal, dan kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
  • Memahami konsep dasar menggambar flora, fauna dan juga alam, serta
  • Menggambar flora, fauna dan benda alam
Trending:  Dokumen 1 Kurikulum 2013 SD Tahun 2021/2022

Contoh gambar seni rupa yang dipelajari di kelas 7

Silabus seni budaya kelas 7

Bgtekno.com

Kesimpulannya, pembelajaran seni budaya kelas 7 memang hanya belajar mengenai seni rupa saja. Di sini siswa akan dituntut untuk memahami dan mempelajari apa itu seni rupa dengan contoh menggambar flora, fauna atau benda alam.

Itu saja yang dapat kami sampaikan seputar beberapa informasi mengenai silabus dan juga silabus seni budaya kelas 7. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat membantu dan bermanfaat untuk kita semua.