Penyebab Sinkronisasi Gmail Lama dan Cara Mengatasinya

bgtekno.com – Melakukan sinkronisasi akun Gmail menjadi kunci dari penggunaan ponsel android yang nyaman. Terutama sebagai akun pencadangan terpadu yang disediakan oleh Google dan secara resmi digunakan sebagai akun utama di ponsel android. Lantas, bagaimana jika sinkronisasi Gmail lama? Bagaimana mengatasinya?

Kemungkinan ada beberapa hal yang salah saat sinkronisasi akun Gmail memakan waktu lama. Misalnya seperti jumlah data sinkronisasi yang terlalu besar. Tentu saja data yang besar akan memakan waktu cukup lama, bukan? Yuk, ketahui apa saja penyebab dan cara mengatasinya di ulasan berikut.

sinkronisasi gmail lama

Penyebab Sinkronisasi Akun Gmail Lama

Dengan adanya sinkronisasi Gmail lama tentu saja fungsi hp dan berbagai data tidak bisa digunakan secara normal dengan cepat. Tentu saja untuk mengatasinya, pengguna wajib tahu apa yang menjadi penyebab proses sinkronisasi berjalan lama. Berikut beberapa penyebabnya.

  • Data terlalu besar. Ukuran data terlalu besar menjadi penyebab yang banyak dialami oleh para pengguna. Biasanya, kasus demikian bisa memakan waktu beberapa menit sampai berjam-jam, lho.
  • Jaringan internet tidak stabil. Proses sinkronisasi memerlukan jaringan internet yang cepat dan data internet yang cukup besar. Inilah alasan mengapa proses sinkronisasi disarankan menggunakan Wifi yang lebih stabil.
  • Maintenance server Google. Tidak dipungkiri server Google juga dapat mengalami gangguan. Ini menyebabkan sinkronisasi menjadi lambat. Cara mengatasi penyebab ini pun hanya bisa dengan menunggu.

5 Cara Mengatasi Sinkronisasi Akun Gmail Lama

Usai mengetahui berbagai penyebab di atas, kira-kira sudah ada gambaran bagaimana cara mengatasinya atau belum? Tenang saja, jika belum maka sebaiknya ikuti ulasan berikut ini sampai selesai untuk mengetahuinya. Berikut penjelasannya.

Trending:  Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan yang Terhapus¬†

1. Update Aplikasi Gmail

Cara pertama untuk mengatasi sinkronisasi yang lambat ialah dengan melakukan update aplikasi. Meskipun gangguan karena sedang dilakukan perbaikan hanya memerlukan pengguna untuk menunggu, ada kalanya pengguna perlu melakukan update aplikasi. Pastikan pengguna mengunduh versi terbaru aplikasi Gmail pada ponsel.

2. Restart Jaringan Internet

Berikutnya, pengguna juga bisa menyegarkan kembali jaringan internet. Ada dua metode yang bisa pengguna pilih, pertama ialah restart data internet dan kedua, ialah reset mode pesawat. Mudah, bukan? Hal yang terpenting adalah bagaimana internet bisa tersegarkan kembali dan lebih stabil.

Selain melakukan restart data internet dan mode pesawat, pengguna juga bisa mengganti jaringan internet. Pastikan untuk menggantinya dengan jaringan internet yang stabil, ya! Dengan jaringan internet yang stabil, maka proses sinkronisasi berjalan lebih cepat.

3. Restart Ponsel

Selain kedua cara di atas, cara mengatasi sinkronisasi Gmail lama juga bisa diatasi dengan restart ponsel. Matikan dan biarkan ponsel beberapa saat. Kemudian nyalakan kembali dan biarkan proses sinkronisasi berjalan kembali dengan jaringan dan ruang RAM yang lebih stabil.

4. Bersihkan Email Tidak Diperlukan

Apabila terlalu banyak data yang ada di akun Gmail, sebaiknya bersihkan data-data yang tidak diperlukan. Beberapa email dengan lampiran memakan ukuran yang cukup besar. Bukalah akun Gmail dengan perangkat lain dan hapus beberapa email berukuran besar. Ini akan meringankan besar data.

5. Bersihkan Penyimpanan Hp

Terakhir, ada kalanya ruang penyimpanan hp yang terbatas menghambat jalannya proses sinkronisasi Gmail. Pastikan untuk memiliki ruang yang mencukupi. Hapus data-data dan aplikasi yang tidak diperlukan ataupun memakan ruang penyimpanan besar di hp. Dengan begitu, proses sinkronisasi bisa lebih cepat.

Trending:  Apa Itu HDC iPhone? Berikut Ciri-ciri dan Kekurangannya

Baca Juga: Cara Sinkronisasi Gmail yang Paling Mudah

Demikian ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi sinkronisasi Gmail lama. Kelola file dan ruang penyimpanan dengan bijak agar proses sinkronisasi lebih mudah. Ingat, jangan lupa lakukan pencadangan secara rutin juga, ya!