Beranda » Software Pembuat Aplikasi Exe Terbaik

Software Pembuat Aplikasi Exe Terbaik

Untuk membuat aplikasi dengan ekstensi .exe pada laptop atau PC berbasis Windows, tentunya membutuhkan software pembuat aplikasi exe terbaik, agar format file executable ini dapat dipasang di komputer dengan mudah. Berikut rekomendasinya.

Sebagai pengguna komputer pastinya sudah tidak asing lagi dengan format exe, ekstensi file yang didalamnya berisi resource, icon, grafik bitmap, dan komponen lainnya. Kemudian file exe ini dapat dieksekusi dan dijalankan oleh sistem operasi Windows. 

Ketika belum di install, aplikasi exe masih berupa file yang belum bisa difungsikan. Namun setelah di install, pada aplikasi ini terdapat file-file yang didalamnya berisikan kode program dan baris perintah untuk melakukan berbagai fungsi pada komputer.

Apa itu Exe?

Sebelum membahas tentang software pembuat aplikasi exe, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu pengertian format exe. Suatu ekstensi yang biasanya hanya bisa dijalankan atau dioperasikan pada perangkat komputer dengan sistem operasi Windows.

Exe adalah format file atau ekstensi file berisikan kode program yang dapat dieksekusi oleh pengguna. Executable file ini akan membentuk sebuah aplikasi yang dapat dijalankan oleh kode program tersebut pada Microsoft Windows melalui perintah.

Aplikasi dengan ekstensi file .exe hanya dapat dijalankan pada sistem operasi tertentu, pada umumnya yaitu Windows. Untuk menjalankan aplikasi tersebut harus di install terlebih dahulu, meskipun ada yang dapat dibuka langsung tan harus di install.

Software Pembuat Aplikasi Exe

Jika Anda ingin belajar membuat aplikasi exe, maka bisa menggunakan beberapa software yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, pilih software mana yang menurut Anda paling mudah digunakan. Adapun software pembuat aplikasi exe, sebagai berikut: 

Trending:  5 Aplikasi Mirror Android Terbaik dan Gratis Digunakan

1. Inno Setup Compiler 

Inno Setup Compiler adalah software gratis terbaik untuk membuat aplikasi yang dikembangkan oleh Jordan Russel. Software ini dapat memungkinkan Anda membuat file ekstensi .exe menjadi aplikasi yang dapat dijalankan pada sistem operasi Windows.

Cara menggunakan Inno Setup Compiler untuk membuat instalasi aplikasi sangat mudah. Sebab, didalamnya sudah disertakan jendela panduan atau wizard yang dapat memandu Anda secara bertahap hingga selesai untuk membuat installer.

2. IExpress 

IExpress adalah software yang dapat digunakan untuk membuat file installer format exe. IExpress mudah digunakan terutama bagi yang ingin belajar membuat aplikasi. Software ini juga sudah hadi dengan antarmuka yang disebut grafis front-end.

IExpress sebagai software yang tersembunyi pada Windows, berfungsi untuk membuat self-extracting atau self-installing package. Selain itu, Anda juga dapat membuat file installer dengan file Self Extraction Directive (SED) yang ditulis tangan.

3. 7-Zip

7-Zip adalah software yang dapat digunakan membuat file installer exe. Software ini memiliki tampilan antarmuka sederhana sehingga sangat mudah digunakan dan dipahami terutama oleh pemula. Menariknya, ukuran file instalasi ini pun cukup kecil.

 7-Zip sering digunakan untuk mengekstrak file, padahal software ini juga bisa digunakan untuk membuat file Exe, yang disebut dengan SFX archive (self-extracting) yang dapat mengkompres semua file dengan menyematkan file exe di dalam arsip ini.

Penutup

Sebenarnya ada banyak software yang dapat dimanfaatkan untuk membuat aplikasi atau file installer exe, namun tidak semuanya bisa digunakan dengan mudah, khususnya bagi pemula yang baru terjun atau ingin menjadi seorang programmer.

Jika Anda sedang mencari software pembuat aplikasi exe, maka tidak ada salahnya mencoba menggunakan software yang sudah disebutkan diatas. Demikian yang bisa kami sampaikan pada pembahasan kali ini, semoga informasinya bermanfaat.

Trending:  Cara Menghapus Akun Facebook dan Langkah Cepatnya