Penyusunan SOP Pembelajaran Daring Paud Selama Covid – 19

Bgtekno.com – Setelah menyebarnya virus Covid – 19 memberikan dampak yang besar dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Bahkan PAUD pun merasakan dampaknya. Itulah mengapa disusun SOP pembelajaran daring PAUD.

PAUD merupakan singkatan dari Pendidikan Anak Usia Dini. PAUD merupakan upaya dalam membina anak di bawah 6 tahun dengan memberi rangsangan Pendidikan sehingga anak memiliki kesiapan sebelum memasuki Pendidikan yang lebih lanjut.

SOP pembelajaran daring ini dibuat guna menjadi dasar dalam mengatur alur dan tahapan pembelajaran sehingga lebih jelas. SOP sangat membantu suatu Lembaga Pendidikan dalam mencapai pembelajaran yang efektif dan efisien.

SOP pembelajaran PAUD berbeda dengan sebelum dan sesudah terjadinya pandemi. Tentunya ada beberapa perubahan baik itu ditambah, dikurangi atau bahkan diganti.

Untuk lebih jelasnya berikut beberapa tujuan penyusunan SOP pembelajaran untuk siswa PAUD secara daring.

Baca juga: Tindak lanjut dari aplikasi SKP

Tujuan Penyusunan Pembelajaran Daring Paud di Masa Pandemi

Peran serta fungsi dari tiap – tiap posisi dalam organisasi PAUD jelas. Sehingga dapat meminimalisir terjadinya situasi yang tumpeng tindih dalam pekerjaan.

Para tenaga pendidik PAUD dapat menjaga tingkat kinerja baik individu maupun tim sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

Sebagai pedoman kerja. Dalam SOP berisi tahapan serta urutan dalam pemberian materi pembelajaran kepada peserta didik PAUD. Sehingga tujuan pembelajaran lebih mudah tercapai.

Memudahkan proses adaptasi. Dengan adanya SOP pembelajaran daring PAUD para tenaga pendidik lebih mudah untuk menyesuaikan terhadap perubahan proses pembelajaran yang sebelumnya secara tatap muka.

PAUD belajar daring

Bgtekno.com

Membantu dalam mecapai target PAUD. Hal ini karena dengan adanya SOP menjadi panduan bagi tenaga pendidik dalam melaksanakan tugas masing – masing.

Trending:  Dibuka Seleksi, Berikut Jawaban Esai Guru Penggerak

SOP pembelajaran daring PAUD

Dalam penyusunan SOP pembelajaran bagi siswa PAUD, ada beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan. Salah satunya yaitu prinsip penyusunannya. SOP tidak dapat dibuat sembarangan, melihat tujuannya yang begitu penting.

Berikut ini beberapa prinsip penyusunan SOP yang perlu diperhatikan.

Prinsip Penyusunan SOP Pembelajaran Daring PAUD

Efektif dan Efisien

Dalam pembuatan Standar Operasional Prosedur atau SOP harusnya bisa menghasilkan sistem pembelajaran yang efektif dan efisien, tidak hanya tenaga, tetapi juga waktu dan biaya.

Untuk menghasilkan SOP pembelajaran yang efektif dan efisien, maka penyusunannya harus berdasarkan pada tujuan dari lembaga pembelajaran.

Jelas dan Mudah Dipahami

Sebuah SOP haruslah bersifat jelas sehingga mudah untuk dipahami. Hal ini dikarenakan akan menjadi pedoman dalam pelaksanaan program pembelajaran.

Dinamis

SOP yang baik harus bisa menyesuaikan dengan keadaan yang ada. Artinya, SOP dapat berubah sewaktu – waktu.

Seperti sekarang ini, karena terjdi pandemi Covid – 19, maka disusun SOP pembelajaran daring PAUD untuk menyesuaikan keadaan yang terjadi.

Keselarasan

SOP harus selaras dengan tujuan, visi, misi, tujuan dan beberapa hal lainnya dalam Lembaga Pendidikan termasuk PAUD.

Terbuka

Terbuka artinya sebuah SOP harus bersifat transparan. Jadi, semua pihak mengetahui dengan jelas tugas serta tanggung jawabnya.

Setelah mengetahui prinsip – prinsip dalam penyusunan SOP, berikut ini juga ada beberapa tips dalam Menyusun SOP yang efektif. Berikut uraiannya.

Tips Penyusunan SOP Pembelajaran Daring PAUD

  • Memilih Orang yang Tepat. Untuk menghasilkan SOP yang efektif tentunya membutuhkan orang yang memang memiliki keterampilan dalam merumuskan standar kinerja. Selain itu, juga harus memahami alur kerja suatu Lembaga atau instansi.
  • Gaya penulisan disesuaikan dengan target SOP.
  • Memperhatikan proses kerja di lapangan, mulai dari siapa penggunanya sampai bagaimana pelaksanaannya.
  • Melakukan pengujian sebelum ditetapkan. Hal ini dimaksudkan untuk melihat apakah telah sesuai dengan yang diharapkan atau belum serta menilai apakah memudahkan atau justru menambah rumit.
  • Disetujui oleh semua pihak. Perlu dipastikan bahwa SOP yang disusun telah disetujui oleh semua pihak yang terlibat. Hal ini guna meminimalisir dan menghindari konflik dikemudian hari.
Trending:  Menyusun RPP Kelas 1 semester 2 Beserta Contohnya

Itulah beberapa hal yang terkait dengan penyusunan SOP pembelajaran daring PAUD. Semoga bermanfaat.