Beranda ยป Guru Harus Tahu! Ini lah Syarat Tambah PTK

Guru Harus Tahu! Ini lah Syarat Tambah PTK

Bgtekno.com – Menambahkan PTK Baru pada Dapodik sekolah merupakan hal pokok yang harus dikuasi oleh pendidik yang memiliki tugas sebagai operator sekolah. Akun PTK sendiri adalah cara baru yang bisa digunakan untuk cek informasi guru secara online. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara Tambah PTK berikut.

Apa itu Akun PTK?

Dewasa ini semua dilakukan dengan basis online termasuk administrasi pendidikan. Akun PTK adalah akun yang gunanya adalah untuk memeriksa, mengubah informasi terkait tenaga pendidik. Dimana data guru dan tenaga pendidik akan masuk kedalam sistem Dapodik atau Data Pokok Pendidikan.

Baca juga: Cara Vervalponsel untuk Tenaga Pendidik

Sistem ini hanya bisa diakses guru yang telah verifikasi akun PTK, Akun terverifikasi akan secara otomatis masuk dalam administrasi pendidikan Nasional. Namun sayangnya hingga kini masih terdapat banyak pengajar yang kesulitan dalam mengakses Dapodik serta akun PTK.

Permasalah terkait administratif tentu sering kali terjadi. Oleh karenanya penting untuk memahami cara menambahkan PTK baru pada Dapodik Sekolah bagi data pengajar yang belum masuk dalam aplikasi.

Informasi Alur Tambah PTK Bagi para Tenaga Administratif

Cara tambah ptk yayasan

Bgtekno.com

Wewenang Sekolah

Satuan Pendidikan memiliki tugas serta tanggungjawab dalam menyiapkan dokumen terkait persyaratan proses tambah PTK pada dinas atau yayasan. Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) dapat ditarik data melalui Manajemen Dapodik. Selanjutnya yakni penarikan data yang hanya dapat diperoleh melalui sinkronisasi pada aplikasi.

Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan baru dirinci dan direkam pada aplikasi. Data baru yang sudah rinci kemudian di kirim kepada Pusat dan dilakukan sinkronisasi melalui aplikasi Dapodik.

Trending:  Modul Kimia Kelas 11 Bahan Pendukung Kegiatan Belajar Mengajar

Wewenang Dinas atau Yayasan Pendidikan

Tahap selanjutnya adalah verifikasi data uga validasi dokumen berdasar persyaratan yang disiapkan sekolah atau satuan pendidikan. Varifikasi tambah akun PTK baru ini dilakukan dengan cara rekam data pada laman Pengelolaan Data PTK baru.

Data mencakup identitas guru, tempat tinggal, kepegawaian, penugasan. Kemudian pemberian persetujuan dari Dinas pendidikan kota/kabupaten/provinsi atas pengajuan dari masing-masing sekolah.

Wewenang Pusdatin Kemendikbud

Usai persetujuan pengajuan penambahan PTK dari tingkat wilayah, selanjutnya tugas Pusdatin Kemendikbud dalam sinkronisasi NIK ke dalam database Arsip PTK. Operator pusat akan memastikan bahwa data PTK yang ditambahkan belum pernah terekam di dalam arsip.

Sinkronisasi identitas guru dan tenaga kependidikan baru dengan data Dukcapil berdasarkan pada data NIK. Penyediaan referensi daftar PTK baru yang sudah disinkronisasi selanjutnya akan dikirimkan kepada manajemen Dapodik.

Laman dan Hak Akses Tambah PTK

Tidak semua guru dapat mengakses laman penambahan akun PTK baru. Laman pengelolaan data PTK bisa dikases dengan terlebih dahulu login di laman resmi pemerintah yakni vervalptk. Kemudian hak akses penambahan pengajar baru di dapatkan berdasar keanggotaan pada laman jaringan pengelola data pendidikan dan kebudayaan Pusdatin.

Keanggotaan diperoleh dengan penugasan yakni sebagai operator GTK khusus naungan Dinas Pendidikan. Sedangkan pada sekolah dibawah naungan Yayasan, adalah petugas operator yayasan.

Syarat tambah PTK

Terdapat beberapa dokumen persyaratan yang harus dilengkapi oleh guru dalam proses tambah PTK. Syarat tersebut diantaranya adalah Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk, Surat Keterangan Tempat tinggal dari kantor kependudukan, dan Surat Keputusan Pengangkatan.

Anda dapat memperoleh SK Pengangkatan beradasarkan status Anda sebagai pengajar. Jika Anda Pendidik atau Tenaga Kependidikan dengan status CPNS, PNS, maka SK pengangkatan berupa surat keterangan berdasar ketetapan pejabat pembina kepegawaian. Kemudian bagi PTK dengan status tidak tetap dan mengajar di sekolah negeri, SK berupa surat perjanjian kerja oleh pejabat pembina kepegawaian.

Trending:  Inilah Berbagai Hal Mengenai Kuis Tindak Lanjut Laporan Hasil AKM

Sedangkan para pengajar di sekolah swasta, kelengkapan akun PTK diperoleh dari SK pengangkatan atau surat perjanjian kerja sesuai ketetapan ketua yayasan. Pastikan surat keputusan pengangkatan sudah sesuai dengan status kepegawaian Anda pada satuan pendidikan.

Syarat berikutnya adalah SK penugasan pada tingkat sekolah yang dikeluarkan oleh Kepada sekolah. Selain itu ada pula dokumen persyaratan yang sifatnya opsional, yakni sertifikat lisensi kepala satuan pendidikan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai PTK serta syarat tambah PTK pada Dapodik sekolah. Besar harapan informasi tersebut dapat bermanfaat bagi pengajar baik sebagai operator maupun dalam mengurus data baru.