Inilah Berbagai Hal Mengenai Kuis Tindak Lanjut Laporan Hasil AKM

Bgtekno.com – Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, tentu akan ada banyak sekali program-program yang luncurkan. Salah satu program yang cukup ramai diperbincangkan adalah AKM. Nantinya akan ada kuis tindak lanjut laporan hasil AKM.

AKM sendiri merupakan konsep baru dalam dunia pendidikan yang diusung oleh kemendikbud. AKM sendiri merupakan bagian dari Asesmen Nasional yang ternyata menjadi pengganti dari Ujian Nasional. AKM bisa dikatakan sebagai sistem yang nantinya digunakan untuk mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar siswa.

Mengenal AKM dan Kuis Tindak Lanjut Laporan Hasil AKM

Seperti yang sudah disinggung di atas, AKM merupakan sebuah sistem yang akan menggantikan UN. Sistem ini dirancang untuk bisa mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar kognitif, yaitu numerasi dan literasi.

Biasanya, kuis tindak lanjut dari laporan hasil AKM menyajikan masalah-masalah dengan berbagai konteks. Peserta didik diharapkan bisa menyelesaikannya menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi.

Tujuan AKM

AKM sendiri ternyata dirancang untuk mengukur sejauh mana capaian peserta didik dari hasil kognitif. Nantinya, tingkat kompetensi ini dapat dimanfaatkan guru untuk menyusun strategi pembelajaran yang berkualitas dan efektif.

Nantinya, pembelajaran yang dirancang berdasarkan AKM akan memudahkan peserta didik dalam menguasai kompetensi yang diharapkan. AKM dirancang untuk bisa mengukur kompetensi secara mendalam.

Baca juga: Tindak lanjut dari aplikasi SKP

Kompetensi yang Diukur Oleh AKM

Pada kuis laporan hasil AKM, tentu akan menemukan pembelajaran berbasis kompetensi dan konten. Nah, untuk pembelajaran berbasis kompetensi sendiri ada dua jenis, yaitu literasi membaca dan literasi matematika (numberasi).

Trending:  Kamu Haus Tahu! Pentingnya Kisi- kisi Ujian Sekolah SMP 2021

Untuk literasi membaca pada AKM sendiri adalah kemampuan untuk bisa memahami, menggunakan, mengevaluasi, sampai merefleksikan berbagai jenis dari teks tertulis. Dengan literasi membaca ini, tentu diharapkan peserta didik lebih paham terhadap beberapa materi dari literasi membaca.

Selanjutnya, ada literasi numerasi. Kompetensi pada AKM satu ini merupakan kemampuan berpikir menggunakan alat matematika, prosedur, fakta dan konsep untuk bisa menyelesaikan masalah sehari-hari. Tentu saja masalah yang relevan untuk individu sebagai WNI dan dunia.

Beberapa Komponen dalam Kuis Tindak Lanjut Laporan Hasil AKM

Tindak lanjut laporan hasil AKM

Bgtekno.com

Dalam kuis tindak lanjut laporan hasil AKM, tentu saja akan menemukan beberapa komponen. Beberapa komponen yang dimaksud antara lain:

Komponen Konten

Konten sendiri bisa dikatakan sebagai bentuk dari adanya kompetensi. Untuk konten pada literasi membaca biasanya akan menunjukkan jenis teks yang biasa digunakan. Teksnya sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu teks fiksi dan informasi.

Sementara itu, untuk literasi numerasi, kontennya dibedakan menjadi 4 konten. 4 konten yang dimaksud adalah pengurangan dan geometri, bilangan, aljabar, serta data dan kepastian.

Konten Tingkat Kognitif

Kemudian, pada tindak lanjut laporan hasil AKM ini juga memuat konten tingkat kognitif. Konten ini menunjukkan bagaimana proses berpikir yang sangat diperlukan untuk menyelesaikan soal atau masalah.

Baik dalam literasi membaca atau literasi numerik ada 3 tingkatan kognitif. Untuk literasi membaca ada menemukan informasi dulu, kemudian interpretasi dan integrasi, terakhir ada refleksi dan evaluasi.

Untuk literasi numerik sendiri memang terbilang sangat mudah diketahui. Mulai dari pemahaman, penerapan, dan bagaimana penalarannya. Tentu saja konten ini memang sangat penting bagi para peserta didik.

Konteks

Terakhir, ada konteks yang biasanya menunjukkan aspek kehidupan agak sebuah situasi untuk konten yang digunakan. Untuk konteks pada AKM sendiri dibedakan menjadi 3, yaitu personal, saintifik, dan sosial budaya.

Trending:  Cara Mudah Cek info GTK 2021

Materi Pokok dalam Kuis Tindak Lanjut Laporan Hasil AKM

Ada beberapa materi pokok yang biasanya terdapat dalam kuis laporan hasil AKM. Beberapa materi yang dimaksud adalah menjelaskan bagaimana perbedaan pembelajaran berbasis konten dan kompetensi. Selanjutnya ada mengidentifikasi 4 kategori pada tingkt penguasaan kompetensi.

Ada juga analisis kategori penguasaan kompetensi bagi tidak lanjut pembelajaran. Merekomendasikan strategi pembelajaran, contoh strategi pembelajaran berbagai kompetensi.

Itulah berbagai hal mengenai kuis laporan hasil AKM. Ada banyak sekali hal yang tentunya harus diketahui lebih dulu. Sistem ini diharapkan mampu memberikan kualitas pembelajaran yang lebih baik lagi.