Trik dan Cara Melanjutkan Download IDM yang Gagal

Mengunduh sebuah file besar tentu memerlukan effort, apalagi kalau sinyalnya kurang memadai. Untuk itu, IDM atau Internet Download Manager seringkali diandalkan oleh para downloader. Tapi, terkadang IDM gagal men-download file atau download-an berhenti di tengah jalan.

Untuk mengatasi itu, sebenarnya kamu bisa melakukan trik khusus. Seperti apa?

Trik dan Cara Melanjutkan Download IDM yang Gagal

Ada beberapa cara melanjutkan download IDM yang gagal, kok. Ingin tahu? Cek pada beberapa langkah di bawah ini.

A.     Download Ulang

Sumber: Dokumen Pribadi

Dengan jaringan internet di Indonesia, file dengan jumlah Giga yang besar bisa cukup sulit untuk diunduh. Bagaimana rasanya kalau kamu mengunduh file sekitar 5 GB dan kamu menunggunya berjam-jam tetapi download-an berhenti di tengah jalan atau bahkan berhenti ketika sudah mencapai 97%?

Tentunya kamu akan kesal, ya. Cara untuk mengatasi download IDM berhenti di tengah jalan adalah dengan mengulang prosesnya. Ini dia langkah-langkahnya.

–        Kembali ke Website

Pada langkah pertama ini, kamu perlu kembali ke website atau alamat tempat file yang gagal diunduh tersebut. Lalu, download kembali layaknya kamu men-download file sebelumnya seperti biasa.

Eits, jangan mundur dulu ketika kamu mendengar kata harus men-download ulang. Langkah pertama ini sebenarnya ditujukan agar kamu bisa mengambil alamat unduhan atau URL file baru dari file yang sebelumnya gagal di-download. Jadi, kamu nggak perlu mengulang dari awal, kok.

Setelah beberapa saat, pause atau jeda download-an tersebut.

Trending:  Mau Tahu Cara Mempercepat Download di Android?Simak Rahasianya!

–        Salin URL

Setelah proses download dihentikan sementara, kamu bisa mengambil alamat atau URL file yang kamu pause dengan beberapa langkah lanjutan. Pertama, silakan masuk ke halaman utama IDM dan cari file yang baru saja kamu hentikan prosesnya.

Kedua, klik dua kali file tersebut dan kotak identifikasi file akan terbuka. Kamu perlu cari kolom alamat atau address untuk menyalin alamat URL-nya. Salin Alamat URL itu dengan cara klik kanan dan pilih “Salin” atau “Copy”. Klik tanda (x) untuk keluar dari laman file.

Ketiga, cari file yang telah berhenti proses pen-download-annya dan klik dua pada file tersebut. Keempat, taruh kursor pada alamat dan hapus alamat yang lama. Lalu, paste atau tempel pada alamat tersebut untuk menempelkanalamat baru.

Kelima, keluar dari laman file lama, lalu klik kanan pada file yang akan di-resume dan klik Resume download”. Setelah itu, IDM akan melanjutkan proses pengunduhan data dan kamu tinggal menunggunya.

Baca juga Begini Cara Download Game di Laptop dengan Mudah

–        Pastikan Jaringan Stabil

Pada cara melanjutkan download di Free Download Manager ini, pastikan internet tempatmu mengunduh memiliki jaringan yang kuat dan stabil, ya. IDM akan melakukan proses untuk melanjutkan download. Kamu tinggal menunggu file hingga berhasil diunduh.

B. Resume Download

Sumber: dokumen pribadi

Selain cara di atas, ada cara melanjutkan download file yang gagal di IDM lainnya. Langkah untuk melanjutkan download file ini terbilang sudah banyak terbukti dan cukup simpel tetapi tidak banyak orang yang mengetahuinya. Berikut adalah cara untuk me-resume download langsung.

  1. Buka kembali halaman utama IDM dan tandai file yang sebelumnya berhenti di tengah jalan atau gagal di-download.
  2. Kalau file sudah kamu temukan, lakukan klik kanan pada file dan pilih “Resume download”.
  3. IDM akan memunculkan peringatan “cannot resume downloading the file”, kalau file tidak bisa di-resume. Cara melanjutkan download IDM yang “resume capability no” itu adalah tinggal klik “OK” pada bagan peringatan tersebut.
  4. Setelah itu, IDM akan mengarahkanmu ke tempat web unduhan file yang gagal diunduh. Ketika diarahkan ke web, IDM akan memunculkan juga peringatan kecil yang berisikan klik “Stop Waiting”.
Trending:  Gampang Banget! Ini Cara Nonton TV di Youtube

Hindari mengeklik kata “Stop Waiting” tersebut karena kalau diklik, maka file tidak akan bisa di-resume.

  1. Sekarang kamu tinggal unduh kembali file layaknya mengunduh sebelumnya. Jika tanda “Stop Waiting” tadi tidak kamu klik, IDM akan memunculkan peringatan “Is this the new address for your expired download?” di saat proses unduhan dimulai.

Klik yes dan ok pada peringatan itu.

  1. Setelah itu, IDM akan menghubungkan dengan alamat secara otomatis dan file akan otomatis melanjutkan download-an meski proses unduhan sebelumnya sudah lama kamu lakukan.

Baca juga Begini Cara Download Scribd Gratis 100% Work

Penyebab IDM Tetap Gagal Melanjutkan Download

Kalau cara kedua masih saja gagal atau file tiba-tiba berhenti dengan tulisan 0 bytes meski internet lancar, kamu perlu memeriksa hal berikut. Cara melanjutkan download IDM 0 bytes di atas akan tetap sulit berhasil kalau server memakai sesi.

Biasanya, download-an sistem sesi ini diberlakukan pada download pada Gdrive. Jadi, resume IDM Gdrive kemungkinan gagal karena adanya limit per sesi. Lalu, beberapa server biasanya juga punya tautan yang bersifat temporary, sehingga kamu perlu melakukan langkah di atas secara berulang.

Beberapa website seperti Zippyshare, Dropbox, Solidfiles, dan lainnya melakukan langkah di atas untuk mencegah tautan terhapus oleh sistem.

Nah, itulah beberapa cara melanjutkan download IDM yang gagal yang bisa kamu coba salah satunya. Kalau kamu tetap saja gagal, cek jaringan internetmu atau kamu bisa ulangi langkah di atas berkali-kali, ya. Kalau memang masih gagal, itu berarti kamu memang butuh mengulang dari awal.

Tinggalkan komentar