Beranda » Puasa Syawal Berapa Hari? Ini Jawaban dan Keistimewaannya!

Puasa Syawal Berapa Hari? Ini Jawaban dan Keistimewaannya!

Bgtekno.com – Puasa Syawal merupakan salah satu puasa sunnah yang memiliki banyak keistimewaan. Biasanya, umat Islam melaksanakan puasa syawal setelah 30 hari puasa di bulan Ramadhan. Namun, masih banyak ditemukan pertanyaan seperti puasa syawal berapa hari di kalangan masyarakat. Mereka pun juga bertanya kapan waktu yang tepat untuk puasa Syawal.

Perlu diketahui, puasa yang dilaksanakan di bulan Syawal tersebut bisa dilaksanakan di bulan Syawal selain tanggal 1. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan tanggal 1 Syawal merupakan hari kemenangan bagi umat Muslim sehingga mereka harus merayakannya.

Sebelum itu, pernahkah Anda bertanya-bertanya mengapa puasa Syawal ini dianjurkan? Pada beberapa hadist ditemukan bahwa puasa Syawal dapat menjadi sebuah bentuk dari rasa syukur atas segala berkah di bulan Ramadhan.

Tentu Anda dapat merasakan bagaimana antusias umat Islam dalam berlomba-lomba melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan. Tidak jarang Anda temukan orang-orang yang berbagi rezeki, tadarus Al-Qur’an, dan lain-lain. Hal tersebut dikarenakan pahala di bulan Ramadhan sangat melimpah.

Nah, hal tersebut yang menjadi alasan mengapa puasa Syawal dianjurkan. Ya, singkatnya puasa Syawal ini dianjurkan karena sebagai bentuk syukur umat Islam dalam keberkahan pada bulan Ramadhan.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk puasa Syawal? Yuk, simak dengan cermat ulasan di bawah ini.

Waktu Pelaksanaan Puasa Syawal

Berapa hari puasa Syawal itu

Puasa Syawal berapa hari

Hadist di atas merupakan hadist tentang puasa syawal yang menjawab pertanyaan Anda yakni puasa Syawal berapa hari. Ya, puasa Syawal tersebut hanya dilaksanakan selama enam hari. Umat Islam bebas melaksanakan puasa tersebut kapan pun selain tanggal 1 Syawal yang bertepatan dengan Idul Fitri.

Trending:  RPP Kelas 5 Semester 2 Untuk Wali Kelas 5

Namun, terdapat anjuran untuk menjalankan ibadah puasa Syawal secara berturut-turut mulai dari tanggal 2 sampai 7 Syawal. Anjuran tersebut merupakan pendapat dari Imam Syafi’i namun tergolong hadis yang lemah keshahihannya.

Oleh karena itu, Anda juga bisa melaksanakan ibadah puasa Syawal secara berpisah jika memiliki halangan, yakni seperti haid dan lain-lain.

Niat Puasa Syawal

Masih banyak umat Islam yang tidak mengetahui atau mungkin lupa dengan niat ibadah puasa di bulan Syawal. Seperti yang diketahui, niat merupakan salah satu dari rukun puasa. Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah SAW bahwa segala sesuatu itu bergantung pada niat, tidak terkecuali dengan puasa Syawal.

Bagaimana? Cukup mudah, bukan?

Anda juga tidak perlu khawatir, niat tersebut tetap bisa diucapkan walaupun Anda lupa berniat di malam hari. Hal tersebut lantaran puasa Syawal merupakan ibadah puasa sunnah. Namun dengan syarat bahwa Anda belum makan, minum, dan lain-lain yang menjadi sebab batalnya puasa.

Niat puasa syawal

Keutamaan Puasa Syawal

Banyak umat Islam yang belum mengetahui keutamaan atau keistimewaan berpuasa di bulan Syawal. Oleh sebab itu, masih banyak umat Islam yang cenderung tidak peduli atau enggan untuk melaksanakan ibadah puasa Syawal.

Nah, seperti apa keutamaan-keutamaan dan keistimewaannya?

Bagaikan Berpuasa Setahun Penuh

Keutamaan ini sangat menggiurkan mengingat Allah menjamin pahala ibadah umat Islam selama setahun penuh. Tentu, banyak godaan yang akan dihadapi jika akan melaksanakan ibadah sunnah. Namun, dengan mengetahui keutamaan ini Anda dapat mengencangkan niat Anda untuk konsisten melaksanakan puasa Syawal.

Sebagai Penyempurna Ibadah Puasa Wajib

Amalan ibadah puasa dapat menjadi penyempurna ibadah puasa wajib. Maksudnya, jika terdapat kekurangan pada ibadah puasa wajib seorang umat Islam, puasa Syawal dapat menyempurnakan ibadah wajib tersebut.

Trending:  Kapan Ijazah SMK 2021 Keluar? Berikut Informasi Selengkapnya

Hal tersebut sama halnya dengan adanya shalat rawatib di mana fungsinya menjadi penyempurna dari shalat fardhu atau shalat wajib.

Baca juga: Cara cek progres pengiriman PMP 

Mendapatkan Syafaat Rasulullah

Dalam hal ini sangat jelas bahwa ibadah puasa Syawal dapat mengantarkan seorang muslim atau muslimah untuk mendapatkan syafaat Rasulullah. Hal tersebut dikarenakan amalan ibadah sunnah merupakan anjuran Rasulullah sehingga puasa Syawal ini sangat sayang untuk tidak diamalkan.

Sebagai Sebuah Tanda Diterimanya Puasa Ramadhan

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa salah satu tanda diterimanya sebuah amalan adalah adanya keinginan untuk melakukan amalan yang lain.

Sama halnya dengan adanya puasa Syawal, besar kemungkinan bahwa puasa Ramadhan Anda diterima oleh Allah sehingga Anda tergerak untuk melaksanakan ibadah sunnah yang lain.

Demikian ulasan mengenai puasa syawal berapa hari beserta keutamaan-keutamaannya. Semoga membantu Anda mendapatkan jawaban mengenai waktu puasa syawal yang tepat dan menjalankan ibadah puasa di bulan yang penuh keistimewaan tersebut.