Beranda » Untuk Memilih Jenis Kertas yaitu Pada Menu Page Layout Memilih

Untuk Memilih Jenis Kertas yaitu Pada Menu Page Layout Memilih

 

Kataku.id – Dalam membuat dokumen, surat, laporan, skripsi dan pekerjaan lainnya yang melibatkan Ms Word. Nantinya Anda akan membutuhkan beberapa jenis kertas yang berbeda. Nah untuk memilih jenis kertas yaitu pada menu page layout memilih.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa informasi mengenai page layout termasuk cara memilih jenis kertas. Untuk lebih jelasnya lagi, maka simak ulasan di bawah ini hingga selesai ya!

Informasi Menarik Mengenai Page Layout

Untuk memilih jenis kertas yaitu pada page layout memilih

Page layout merupakan salah satu fitur yang tersedia di MS Word dalam proses mengedit atau mengelola dokumen. Sama hal dengan fitur lainnya, page layout berfungsi untuk membantu pengguna yang ingin mengelola atau mengedit sebuah dokumen.

Baca juga: cara menggunakan printer

Pengertian dari page Layout

Page layout merupakan salah satu fitur yang tersedia di Microsoft Office. Di mana merupakan salah satu menu yang ada di halaman Microsoft Office Word dengan fungsi utamanya sebagai pengatur atau untuk mengatur tampilan pada dokumen.

Fitur page layout ini menjadi hal penting yang harus Anda pahami dan kuasai. Sebab sebelum Anda menulis naskah atau mengetik teks, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengatur page layout. 

Sebab page layout merupakan sebuah pengaturan yang mengatur tampilan dokumen pada Ms  Word. Dan tampilan dokumen menjadi salah satu hal yang harus di perhatikan ketika ingin menbuat sebuah dokumen.

Nantinya page layout akan menampilkan berbagai bentuk kertas yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Pemilihan tersebut harus Anda lakukan sebelum melakukan print atau pencetakan. 

Trending:  7 Rekomendasi Aplikasi Penguat Sinyal Xiaomi

Ketika Anda memahami cara mengatur tampilan page layout, maka akan lebih memudahkan dalam mengetik teks atau mengatur dokumen. 

Page layout akan mengatur bagaimana halaman pada teks akan ditulis, sehingga nantinya dokumen yang Anda buat bisa full halaman dan tidak terpotong. 

Page layout sendiri memiliki lima kategori yang masing-masingnya memiliki fungsi dan manfaatnya sendiri. Kategori tersebut terdiri dari Themes, Page Setup, Paragraph, Arrange dan Page Background. 

Meskipun memiliki fungsi yang berbeda, kelima kategori tersebut sama-sama berperan aktif dalam mengelola dokumen. 

Cara untuk Memilih Jenis Kertas yaitu pada Menu Page Layout Memilih

Jika Anda ingin mengatur sebur lembar kerja atau dokumen dengan jenis kertad atau ukuran kertas menggunakan A4. Maka cara untuk memilih jenis kertas yaitu pada menu page layout sebagai berikut:

  • Langkah pertama klik menu Page Layout pada Microsoft Word
  • Langkah kedua, Anda bisa pilih menu atau fitur size. Di sini kita bisa memilih ukuran kertas yang diinginkan atau dibutuhkan. 

Karena kita ingin membuat dokumen dengan size A4, maka Anda bisa membuat lebar kertas dengan ukuran 8,27 inci x 11,69 inci. Atau jika dalam milimeter, rubahlah ukurannya ke dalam 210 x 297 milimeter atau 21,0 x 29,7 centimeter

  • Kemudian klik more Paper Size jika ingin memilih ukuran kertas lainnya. Carilah ukuran yang dibutuhkan atau Anda bisa melakukan custom. Jika ukuran kertas yang diinginkan atau dibutuhkan tidak tersedia.
  • Paper size menyediakan berbagai macam ukuran kertas mulai dari A4, A3, F4 dan lainnya
  • Tak hanya ukuran kertas saja, ternyata Anda pun bisa mengatur atau menentukan posisi kertas atau orientasi. Di mana posisi kertas ini memiliki dua pilihan, yakni potrait dan landscape.
  • Sedangkan fitur adjust to berfungsi untuk menentukan besar kecilnya skala percetakan dokumen. Defaultnya 100, namun jika Anda merasa kebesaran tentu saja dapat dirubah sesuai keinginan. 
Trending:  Review Opinion World Penipuan atau Terbukti Membayar?

Memilih kertas di page layout

Pada dasarnya menu page layout yang ada di microsoft word begitu sangat membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan dokumentasi. Di bagian page layout, Anda tidak hanya berurusan dengan jenis atau ukuran kertas saja loh.

Pasalnya di menu ini, ada banyak sekali fitur menarik lainnya. Seperti background, watermark, margin kertas dan lain sebagainya.

Hanya itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai untuk memilih jenis kertas yaitu pada menu page layout memilih. Semoga apa saja yang telah kami berikan di atas, bisa memberikan kita manfaat.