Beranda » Verval Ponsel untuk Mendapatkan Paket Internet Gratis dari Pemerintah

Verval Ponsel untuk Mendapatkan Paket Internet Gratis dari Pemerintah

Bgtekno.com – Sejak terjadinya Pandemi Covid – 19, banyak kebijakan baru yang dikeluarkan oleh pemerintah. Salah satunya di bidang pendidikan dengan memberikan bantuan paket internet gratis untuk mendukung proses belajar daring. Dengan kebijakan tersebut maka muncul lah istilah verval ponsel.

Diketahui dana sebesar Rp. 7,2 triliun telah dialokasikan oleh Kemendikbud untuk menjalankan program pemberian paket internet gratis. Bantuan ini disalurkan ke setiap nomor telepon seluler yang telah terdaftar di PD – Dikti dan Dapodik.

Verval ponsel sendiri adalah singkatan dari kata verifikasi dan validasi telepon seluler. Aturan ini dikeluarkan oleh Kemendikbud agar bantuan paket internet gratis dapat disalurkan tepat kepada sasarannya sehingga dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.

Proses verifikasi dan validasi ponsel bertujuan untuk memastikan terhadap kebenaran nomor ponsel yang dijadikan sebagai dasar dalam menjalankan program pemberian paket internet gratis. Verval ponsel tidak hanya dilakukan oleh siswa saja, tetapi juga dilakukan oleh guru.

Dalam Tahapan proses verval ini sangat diperlukan peran kepala sekolah dalam memastikan kebenaran nomor ponsel yang ada. Sehingga bantuan yang diberikan tepat pada sasaran dan dimanfaatkan dengan sebaik – baiknya.

Banyak masyarakat yang merasa antusias terhadap program pemberian paket internet gratis. Karena hal ini sangat membantu dalam proses belajar mengajar yang dilakukan secara daring selama pandemi Covid – 19.

Baca juga: Cara vervalponsel untuk mendapat kuota gratis

Dalam melakukan verifikasi tentunya memiliki beberapa tahapan yang harus dilalui terlebih dahulu. Apa saja tahapannya ? Berikut penjelasannya.

Pertama, pihak staf atau pendidik melakukan dan kemudian memeriksa verifikasi dan validasi nomor ponsel peserta, baik siswa maupun guru.

Selanjutnya, setelah dilakukan verval nomor ponsel, Pusat Data dan Teknologi Informatika Kemendikbud akan memeriksa langsung hasil verifikasi dan validasi nomor ponsel guru atau pun peserta didik yang telah terdaftar.

Trending:  2 Prosedur Cara Daftar PayPal Bagi Bisnis Serta Pribadi 

Setelah itu, operator provider akan menerima data yang telah dikirim oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemendikbud. Sehingga akan sesuai dengan data registrasi operator.

Nah, nomor ponsel yang tidak sesuai akan dikembalikan ke Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemendikbud untuk dilakukan proses perbaikan. Jika anda ingin memeriksa data yang telah masuk, anda dapat melihatnya di website yang tersedia.

Dalam penerimaan bantuan paket internet gratis, ada dua jenis verval ponsel. Ada verval nomor ponsel untuk peserta didik atau siswa. Ada juga verval ponsel untuk guru pendidik.

Lalu, bagaimana cara melakukan verval untuk peserta didik atau siswa dan guru pendidik ? Berikut langkah – langkah nya.

Langkah – Langkah Verval Ponsel untuk Siswa Atau Peserta Didik

Verval ponsel

Bgtekno.com

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan data awal peserta didik secara lengkap. Dan tentunya anda harus terhubung ke jaringan internet terlebih dahulu.

Jika anda telah terhubung dengan jaringan internet, selanjutnya anda bisa membuka situs verifikasi dan validasi nomor ponsel yang tersedia. Vervalponsel.data.kemdikbud.go.id.

Setelah masuk ke situs tersebut, anda akan diminta untuk memasukkan email dan password. Email dan password tersebut cukup anda sesuaikan dengan data yang anda miliki di Dapodik.

Jika terjadi kesalahan dalam langkah – langkah verval nomor ponsel ini, atau login yang anda lakukan tidak berhasil anda dapat meminta bantuan satuan pendidikan yang merupakan operator awal untuk mendaftarkan anda kembali.

Nah, setelah login berhasil maka akan muncul tampilan layar yang berisi urutan No, NIK, NISN, Nama dan sebagainya. Perlu juga anda ketahui dalam menu tampilan layar ada 4 pilihan yang dapat anda pilih. Cukup sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Trending:  Nama Font IPhone di Zfont 3

Menu pertama adalah pengajuan untuk verifikasi nomor ponsel siswa atau peserta didik. Menu kedua ada SPTJM yang digunakan untuk membuat atau mencetak surat Pertanggung Jawaban Mutlak yang akan ditandatangani Kepala Sekolah.

Menu selanjutnya merupakan panduan yang berisi tutorial untuk mengunduh file, cara verval nomor ponsel dan cara menggunakan aplikasi. Dan menu terakhir merupakan menu untuk logout setelah anda selesai menggunakannya.

Langkah – langkah Verval Ponsel Guru Pendidik

Langkah – langkah verifikasi nomor ponsel untuk guru tidak jauh berbeda dengan peserta didik. Yang membedakannya hanya pada tampilan menu saja.

Menu pertama adalah rangkuman. Pada menu ini anda dapat meihat keseluruhan jumlah siswa dan guru yang telah melakukan verval ponsel. Di menu kedua digunakan untuk melihat nama – nama guru yang melakukan verval.

Pada menu selanjutnya adalah peserta didik. Digunakan untuk melihat nama – nama peserta didik yang melakukan verval ponsel. Dan menu terakhir adalah residu provider. Menu ini berisi informasi jika ada kesalahan pada nomor ponsel atau data entry.