Beranda Ā» Mari Kenali Weton Jawa dan Pasarannya

Mari Kenali Weton Jawa dan Pasarannya

Bgtekno.com – Saat ingin melangsungkan perayaan maupun kegiatan penting, Anda tentu ingin melakukan kegiatan tersebut saat hari baik. Dalam adat jawa, untuk menentukan hari baik tersebut digunakan suatu metoda. Metoda tersebut dikenal dengan nama weton jawa.

Selain kerap dikaitkan dengan cara menghitung hari dan tanggal baik, metode weton juga kerap kali dikenal sebagai metoda untuk menentukan sifat dan karakteristik seseorang. Hal ini memang sesuia dengan arti weton sendiri yaitu watak dan perilaku. Dalam kaitannya dengan mendeteksi sifat manusia, weton dikenal sebagai metoda untuk mengetahui sifat yang dimiliki seseorang melalui tanggal dan hari lahirnya.

Tak hanya itu saja, dalam adat Jawa, weton memiliki berbagai fungsi lain dan untuk menggunakan dan mendapatkan hal tersebut tak boleh sembarangan. Oleh sebab itu, bila Anda ingin mencoba menggunakan weton ada beberapa hal yang wajib Anda pahami.

Baca juga: efek instagram yang viral di tiktokĀ 

Hal ini berkaitan dengan napa arti weton yang sebenarnya, apa saja kegunaan weton, serta bagaimana cara menghitung weton tersebut. Jika Anda sudah memahaminya, Anda baru boleh melakukan praktik weton tersebut.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai weton tersebut, berikut disajikan pembahasan mengenai weton mulai dari pengertian weton hingga cara menghitung weton tersebut.

Apa Itu Weton Jawa?

Macam-macam weton

Seperti yang sudah dibahas tadi, weton merupakan metode meramal hari baik dan sifat seseorang yang didasarkan pada tanggal lahir orang tersebut. Ramalan ini nantinya akan mengikuti kalender tradisional Jawa. Sementara itu, berdasarkan KBBI, weton sendiri berarti hari lahir seseorang dengan pasaran lahirnya.

Trending:  Sadap WA Melalui Socialspy WhatsApp, Aman atau Tidak?

Apa Saja Fungsi Weton?

Dalam adat Jawa, weton memiliki beragam fungsi penting dalam kehidupan masyarakat. Beberapa fungsi penting weton menurut adat Jawa adalah sebagai berikut.

Mengetahui Kecocokan Calon Pengantin

Salah satu fungsi weton yang sering diterapkan dalam adat Jawa adalah menghitung kecocokan calon pengantin yang akan menikah dan bersanding di pelaminan. Untuk melakukannya, dilakukan penjumlahan neptu hari lahir calon pengantin. Sisa dari penjumlahan neptu ini lah yang menjadi tanda apakah pasangan tersebut cocok atau tidak.

Meramal Sifat dan Perilaku Seseorang

Seperti yang sebelumnya sudah diketahui, salah satu fungsi weton adalah meramal sifat seseorang berdasarkan tanggal lahirnya. Untuk dapat melakukan hal ini, Anda harus mengerti siklus dari kalender tradisional Jawa.

Menolak Kesialan

Orang Jawa percaya, bahwa dengan mengetahui weton lahir dan berpuasa saat hari lahir untuk memperingati weton mereka dapat menjauhkan mereka dari kesialan yang mungkin menimpa mereka.

Meraih Kesuksesan

Dalam adat Jawa, untuk memperingati hari kelahiran, akan dilakukan selametan. Fungsi dari selametan ini adalah untuk meraih kesuksesan.

Nah, itulah beberapa fungsi weton dalam adat Jawa yang patut Anda pahami.

Bagaimana Cara Menghitung Weton Jawa?

Selain memahami arti dan fungsi weton, Anda juga dapat memahami bagaimana cara untuk menghitung weton.

Cara menghitung weton jawa

Sebelum mengetahui cara menghitung weton, Anda harus tau dulu bahwa weton sendiri terdiri dari hari (tujuh hari) dan dino pasaran (lima hari) dan dalam kalender tradisional Jawa, satu minggu ada tujuh hari, tujuh hari tersebut kemudian ditambahkan dengan hari pasaran di Jawa yaitu pon, pahing, legi, wage, dan kliwon.

Untuk mengetahui weton, Anda harus terlebih dahulu memahami cara kerja kalender Jawa. Untuk mengetahui weton Anda, Anda perlu mengetahui hari Anda lahir dan pasaran lahir Anda. Perputarannya akan terjadi setiap tiga puluh lima hari. Hari lahir Anda akan mempengaruhi bagaimana sifat dan tingkah laku Anda.

Trending:  Mengenal Arti Kata Tentatif dan Fungsinya Menurut KBBI

Bagi Anda yang masih bingung dengan hal ini, berikut ini merupakan perhitungan hari pasaran yang dapat Anda gunakan. Minggu: 5, Senin: 4, Selasa: 3, Rabu: 7, Kamis: 8, Jumat: 6, Sabtu: 9, Legi: 5, Pahing: 9, Pon: 7, Wage: 4, dan Kliwon: 8.

Karena perhitungan ini cukup rumit, bila Anda tak memahaminya, Anda dapat menyerahkan perhitungan weton ini pada orang yang benar benar paham dan orang yang dituakan.

Itulah beberapa hal terkait weton yang perlu Anda ketahui saat ingin mencoba mengetahui sifat dan ramalan tentang Anda menggunakan metode weton.