Beranda ยป Masalah Word Not Responding dan Cara Mengatasinya

Masalah Word Not Responding dan Cara Mengatasinya

Bgtekno.com – Terkadang permasalahan pada Microsoft Word adalah word not responding, yang mana dapat mengganggu aktivitas pekerjaan. Tentu di dalam hal ini wajib dicari akar masalah penyebabnya dan cara mengatasinya. Karena jika tidak, dokumen-dokumen pekerjaan akan terancam hilang dan rusak.

Menjelaskan penyebab keadaan not responding pada Microsoft Word, dapat sekaligus juga menjelaskan solusi mengatasinya. Berikut ini penyebab dan solusi Microsoft Word tidak merespons perintah atau not responding.

word not responding

Penyebab Microsoft Word is Not Responding

Berbagai penyebab Microsoft Word menjadi not responding dapat bervariasi. Pengguna wajib mengidentifikasi penyebab masalah sebelum mengatasinya. Penyebab-penyebab tersebut antara lain, pertama adanya malware atau bug pada perangkat laptop yang digunakan. Hal ini tentu mempengaruhi performa Microsoft Word.

Kedua, file Microsoft Word yang sedang dibuka corrupt atau rusak sehingga terdapat notifikasi word not responding yang diterima. Ketiga, adanya masalah hardware dan software pada sistem perangkat yang berpengaruh pada keseluruhan sistem perangkat.

Keempat, perangkat tidak up to date alias sistem belum dilakukan upgrade yang dapat mendukung performa Microsoft Word. Penyebab terakhir, yaitu kelima adalah adanya add ins yang mengganggu kinerja dokumen pada Microsoft Word.

Cara Mengatasi Microsoft Word is Not Responding

Jika mengalami masalah seperti ini, tentu hal yang perlu dilakukan adalah mencari cara sebagai solusinya. Kabar baiknya, solusi tersebut dapat diatasi dengan mandiri tanpa perlu membawa ke tempat jasa servis. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan.

1. Lakukan Restart Perangkat

Cara pertama, yang paling populer dan menjadi “pertolongan pertama” untuk masalah Microsoft Word yang tidak merespons adalah restart laptop/PC. Menghidupkan ulang perangkat dapat berpengaruh terhadap sistem yang sedang bekerja, termasuk mandeknya aplikasi Microsoft Word.

Trending:  Greater Jakarta Artinya Apa? Ini Penjelasannya

Langkah untuk melakukan restart perangkat hanya dengan langkah menekan tombol power selama beberapa waktu hingga perangkat mati. Lalu, hidupkan kembali perangkat dan Microsoft Word dapat digunakan seperti biasa kembali.

2. Hapus Add-ins

Jika Microsoft Word not responding, cara kedua yang dapat dilakukan sebagai solusi adalah hapus add-ins. Fitur add-ins merupakan fitur tambahan yang dapat meningkatkan performa Microsoft Word, namun terkadang fitur ini tidak dapat bekerja dengan maksimal. Langkah penghapusannya adalah:

  • Klik Insert pada Microsoft Word dan pilih Add-ins.
  • Pilih opsi Remove pada kotak Office Add-Ins.
  • Lakukan konfirmasi penghapusan add-ins.

3. Matikan Fitur AutoCorrect

Terkadang fitur autocorrect dapat menjadi penyebab performa Microsoft Word menjadi tidak maksimal. Maka dari itu, solusinya adalah mematikan fitur otomatis tersebut. Mematikan fitur autocorrect dapat menjadi solusi, karena jika mematikan fitur tersebut Microsoft Word dapat berjalan baik dan tidak lemot.

Untuk menonaktifkan fitur autocorrect, langkah yang harus ditempuh sangat mudah dan praktis. Simak panduan penjelasannya berikut ini.

  • Pilih opsi File dan Options pada program Microsoft Word.
  • Pada menu Word Options, klik opsi Proofing.
  • Klik tombol Autocorrect Options dan centang pilihan Show AutoCorrect Options Buttons.
  • Berikan centang juga pada pilihan Automatically use suggestions from the spelling checker.
  • Selesai.

4. Gunakan Fitur End Task

Solusi berikutnya adalah menggunakan fitur End Task Manager yang terdapat pada perangkat Windows. Pengguna hanya perlu menghentikan sistem dari fitur tersebut dengan cara yang sudah tersedia pada sistem perangkat laptop/PC. Fiturnya dapat dicari pada kolom search dan ketik Microsoft Word.

Jika sudah, maka pilihan End Task akan tersedia pada daftar menu. Klik pilihan tersebut maka Microsoft Word otomatis berhenti dan pengerjaan dokumen di dalamnya dapat diulang dari awal. Solusi ini cukup efektif untuk mengatasi not responding pada Microsoft Word.

Trending:  Hikaku Sitatter Ukur Tinggi Badan Online Dengan Tepat

Baca Juga: Cara Mengatur Spasi di Word untuk Huruf, Baris, dan Paragraf

Kesimpulannya, masalah Word not responding dapat disebabkan oleh berbagai variasi alasan, seperti adanya virus dan lain-lain. Untungnya, cara mengatasinya tidak sulit dan ribet, yang mana pengguna hanya perlu teliti melakukan cara-cara yang sudah disebutkan.