Berawal Dari Coba-coba, Anak Muda Ini Hasilkan Jutaan Rupiah Dari Kopi

0
215

Kataku.id – Berawal dari coba-coba, anak muda 0asal Kabupaten Poso ini sukses bangun usaha di Kota Palu dengan omset jutaan rupiah perharinya.

Namanya Ardie Sigilipu (27 Tahun). Ia adalah anak muda asal Kabupaten Poso, Salawesi Tengah, yang saat ini mengadu nasib di Kota Palu dengan membuka usaha coffee shop di Jalan Swadaya, Kelurahan Tanamodindi, Kecamatan Mantikulore.

Ardi merupakan salah satu alumni Universitas yang berada di Kota Malang. Usaha coffee shopnya ia berinama AM dan telah berdiri sejak bulan Maret 2020.

Sejak duduk dibangku kuliah, Ardi telah bekerja sebagai seorang Barista selama dua tahun. Berbekal pengalaman itu, ia memutuskan untuk membuka usaha ketimbang harus melamar pekerjaan.

“Saya awalnya coba-coba sejak pulang dari Malang. Saya buka usahanya tidak sendiri, tapi berdua bersama Gatra,” ujarnya, pada Kamis 10 Juni 2021.

Bersama Gatra (26 Tahun), ia mendirikan AM Coffee Shop. Mereka bermodalkan Rp5 juta saat awal memulai usaha. Jalan Swadaya dipilih karena Ardi mempunyai teman yang mau menyediakan tempat untuk Coffee Shopnya.

Ardi mengaku kesulitan untuk meminta modal kepada orang tuanya untuk memulai usaha. Karena mampu meyakinkan orang tuanya, ia pun diberikan modal.

“Modalnya kami patungan dengan Gatra. Saat itu, tepat sekali teman punya lahan untuk diolah. Tapi lahannya itu di dalam area kostan,” ujarnya.

Karena niat dan keyakinan yang cukup besar dengan usahanya, Ardi dan Gatra pun memulai bisnisnya di tempat tersebut. Seperti pengusaha lainnya, coffee shop miliknya sepi. Namun mereka berdua pantang menyerah.

Mereka memanfaatkan kerabat dan keluarga dekat, untuk mampir meluangkan waktu bersantai di Coffee Shop tersebut. Tempatnya pun kian ramai dari mulut ke mulut.

“Kami juga terbantu dengan sosial media untuk memperkenalkan usaha ini,” ucap Ardi.

Seiring berjalannya waktu, mereka memutuskan untuk merenovasi tempatnya dengan modal Rp30 juta. Sekarang AM diminati banyak kalangan muda hingga tua. Tempatnya yang cozy, membuat pelanggannya betah duduk lama sambil nikmati kopi.

“Saat ini kami telah memiliki 15. Untuk karyawan kami punya satu,” terangnya.

Perhari, AM Coffee Shop dapat menghabiskan 30 hingga 50 cup minuman di hari sening hingga jumat. Namun di saat weekend, tempat ini dapat mengeluarkan ratusan cup minuman.

Sedangkan untuk omset yang didapat dari usaha ini dimulai dari Rp900 ribu di hari biasa dan Rp2,5 juta untuk weekend. AM Coffe Shop, buka mulai dari jam sembilan pagi hingga 11 malam. (SDK)

LEAVE A REPLY