Home » 7 Jenis Pakaian Adat Korea Bersejarah Yang Ikonik

7 Jenis Pakaian Adat Korea Bersejarah Yang Ikonik

Adat Korea menjadi salah satu adat yang menjadi populer di Indonesia dan membuat banyak orang penasaran. Hal ini tidak terlepas dari kepopuleran KPOP dan drakor di tanah air. Oleh karena itu kali ini kami akan membagikan jenis pakaian adat korea yang besejarah dan ikonik.

Bukan rahasia lagi dimana negara Korea adalah salah satu negara yang mulai banyak dikenal diseluruh dunia termasuk di Indonesia. Tidak hanya karena negaranya yang maju dan berkembang, tetapi Korea juga terkenal akan hiburan KPOP dan drakornya yang menjadi hiburan favorit banyak orang, khusus para remaja dan wanita.

Jika anda termasuk pecinta drakor, pastinya drakor yang mengangkat tema kerajaan sudah tidak asing bagi anda bukan? dimana terdapat banyak drakor tema kerajaan yang menjadi hits dan trending di berbagai negara termasuk di tanah air.

Dalam drakor tersebut mungkin anda penasaran atau terpukau dengan pakaian adat negeri ginseng tersebut dengan desain yang unik dan hanya bisa anda temukan di Korea. Oleh karena itu, untuk memperdalam wawasan anda tentang korea, kali ini kami akan membagikan jenis pakaian adat korea yang besejarah dan ikonik untuk anda simak sebagai berikut.

Jenis Pakaian Adat Korea Bersejarah yang Ikonik

Berikut beberapa jenis pakaian adat korea bersejarah yang ikonik untuk anda simak dibawah ini.

Hanbok Kasual

Jenis Pakaian Adat Korea Bersejarah

Jenis pakaian adat bernama Hanbok adalah jenis pakaian adat Korea yang sudah sangat tersohor dan terkenal.Sesuai namanya, Hanbok Kasual termasuk jenis pakaian yang mengusung gaya kasual. Walaupun begitu, juga mengandung unsur tradisional dengan mengkombinasikan antara pola bunga, renda, dan beragam aksesori.

Trending:  Cara Membuka File BIN yang Paling Mudah 

Jenis pakaian adat Korea ini umumnya dikenakan oleh kaum wanita di kehidupan sehari-hari. Hal ini karena modelnya lebih simple karena bawahannya menggunakan rok berukuran panjang. Secara menyeluruh juga lebih ringan karena tidak dibuat secara berlapis-lapis. Sangat cocok untuk yang ingin tampil lebih sederhana, tetapi tidak menghilangkan kesan tradisional sehingga sangat menarik.

Hanbok Tradisional

Hanbok tradisional dibuat dengan dua bagian penting, yaitu pakaian bawah dan pakaian atas. Namun untuk model ini bersifat umum, sehingga bisa digunakan oleh kaum wanita ataupun pria. Jika digunakan untuk wanita, maka bawahannya bisa menggunakan rok atau yang biasa disebut chima. Sedangkan hanbok pria biasanya menggunakan celana atau baji sebagai bawahannya.

Pakaian untuk wanita sudah dilengkapi dengan yang namanya goreum atau pita. Kegunaan dari pita ini adalah mengikat bagian atasnya supaya tidak terlepas dengan mudah. Seiring berjalannya waktu, modal pakaian ini sudah mengalami banyak perubahan. Sekarang ini sudah hadir Hanbok Tradisional dengan model yang lebih kasual dan modern untuk kegiatan sehari-hari.

Jeogori

Jeogori termasuk baju tradisional untuk wanita maupun pria. Tetapi pakaian untuk wanita memiliki sedikit perbedaan dengan pakaian yang dikenakan untuk pria. Perbedaan yang paling utama ada pada ukuran, dimana ukuran pria lebih panjang dan besar. Memang dibuat seperti demikian supaya bisa menutupi tubuh pada bagian atas sampai bagian tengah.

Sementara itu, baju pria memiliki batas yang ada di bawah tubuh dan bagian atas. Dimensi ukuran Jeogori yang digunakan untuk wanita sengaja dibuat lebih pendek. Bagian kerah keduanya memiliki bentuk V yang diikat menggunakan pita atau goreum. Sedangkan untuk lengan baju didesain dengan garis lurus dan ditekuk supaya dalam penggunaannya lebih leluasa.

Trending:  5 Cara Edit Foto Aesthetic Mudah dan Cepat

Dangui

Dangui adalah model pakaian khusus atasan yang hanya digunakan untuk wanita Korea. Model atasan ini digunakan untuk acara formal seperti upacara adat, seremonial dan masih banyak lagi.

Motif yang ada pada pakaian Dangui sangatlah khas, yaitu bunga dengan beragam warna. Jadi motifnya sangat berbeda karena tidak menggunakan motif burung maupun naga. Selain itu, warna Dagui untuk ratu biasanya lebih cenderung polos dibandingkan untuk tuan putri.

Magoja

Magoja biasa digunakan bersamaan dengan jenis pakaian adat Korea lainnya seperti hanbok. Jenis pakaian ini sudah populer sejak Dinasti Qing yang awal mulanya untuk menghangatkan tubuh ketika memasuki musim dingin.

Bahan dasar yang digunakan adalah sutra sehingga sangat nyaman ketika digunakan. Polanya sangat unik karena biasanya memiliki bordir berupa bunga, warna emas yang cerah, dan berbagai macam desain. Pakaian Magoja sudah banyak ditemukan di beberapa destinasi wisata yang ada di Seoul, seperti Insa-dong. Destinasi wisata tersebut menyewakan pakaian ini untuk mengambil foto di beberapa spot yang menarik.

Hwarot

Hwarot sebenarnya termasuk dalam jenis pakaian adat korea yang biasa dikenakan untuk acara pernikahan. Berbeda dengan model sebelumnya, pola dan motifnya dibuat lebih beragam dan rumit. Hal tersebut untuk melambangkan pernikahan yang bahagia, kelahiran buah hati sesuai keinginan, dan keluarga yang rukun. Variasi warna yang dimiliki cukup banyak, namun lebih dominan warna merah.

Masyarakat banyak menggunakannya di acara pernikahan dengan tujuan untuk menjaga tradisi. Namun untuk Hwarot pria, biasanya sudah dikombinasikan dengan desain Barat. Seperti misalnya dengan mengenakan jas bewarna hitam supaya lebih modern.

Durumagi

Durumagi bisa dibilang merupakan mantel atau bagian luar dari sebuah hanbok. Istilah Durumagi sendiri dapat diartikan sebagai pakaian yang di area sekitarnya tertutup. Masyarakat negeri Ginseng biasa menyebutnya dengan juchaui, juui, atau jumagui.

Trending:  Cara Membuat Nick FF yang unik dan aesthetic

Khusus untuk model pakaian ini dikenakan untuk berbagai acara seremonial dan formal. Apabila dilihat secara menyeluruh, bentuknya tidak berbeda jauh dengan Jeogori. Hanya saja ukurannya lebih panjang sampai lutut dan memiliki lengan yang lebih besar.

Pakaian untuk bagian luar tubuh ini sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu. Hal terbukti dengan cat pada permukaan tembok pada area pemakaman yaitu Tiga Kerajaan Korea. Durumagi juga bisa digunakan untuk melindungi bagian tubuh dari hawa dingin.

Gwanbok

Dan terakhir adalah pakaian Gwanbok yang digunakan khusus oleh Kerajaan sejak periode Silla sampai Dinasti Joseon. Di jaman modern kini sudah banyak dikenakan oleh kalangan pejabat pemerintah. Penggunaannya bisa dibilang cukup variatif karena disesuaikan dengan hierarki yang ada. Bahkan banyak digunakan oleh aktor dalam drama Korea sehingga kini sudah sangat populer di masyarakat umum.

Demikian informasi mengenai jenis pakaian adat Korea yang bersejarah dan ikonik. Jadi Hanbok bukanlah salah satunya pakaian adat di Korea dimana masih terdapat banyak macam pakaian adat untuk menambah referensi anda. Semoga berguna bermanfaat