Home » Apa Arti Restricted View? Istilah Umum dalam Konser Musik

Apa Arti Restricted View? Istilah Umum dalam Konser Musik

kataku.id – Akhir-akhir ini banyak orang yang penasaran apa itu arti dari Restricted View? Dimana hal ini berkaitan dengan konser-konser musik besar skala nasional dan internasional yang marak digelar di tanah air.

Bagi anda yang sering menghadiri konser musik besar mungkin istilah restricted view sudah tidak asing bagi anda bukan? tetapi masih banyak yang belum mengetahui apa arti sebenarnya, apalagi bagi oranhg yang baru menonton konser musik. Kebanyakan orang hanya mengetahui hal tersebut berarti batasan, akan tetapi batasan apa?Tulisan Restricted View terdapat pada keterangan tambahan ketika berada pada tempat duduk penonton baik itu untuk kategori festival dan tribun.

Apa Arti Restricted View

Apa Arti Restricted View

Lalu apa itu Restricted View? Hal ini penting anda ketahui sebelum memilih dan membeli tiket tempat duduk untuk menonton konser dimana biasanya tertulis di tiket konser sebagai keterangan tambahan untuk penonton, agar mengetahui di mana letak tempat duduk saat menonton konser . Adapun Restricted View adalah tempat tersebut tidak dapat melihat ke arah panggung dari dekat dan kurang jelas. Lantaran posisi yang terbatas dan berada di zona yang tidak bisa melihat stage.

Apabila posisi menonton konser tidak pas dan banyak penghalang pastinya akan mengurangi kenyaman anda menonton konser bukan? maka dari itu, bagi anda yang akan membeli tiket dan memilih seat untuk nonton konser, maka anda wajib memperhatikan keterangan tambahan restricted view.

Namun kadang hal ini bukan menjadi masalah besar bagi penonton yang benar-benar ingin menonton konser musik favorit mereka dan tiket konser semua sudah sold our dan tiket dengan restricted view mau tidak mau harus diambil agar tetap bisa menyaksikan musisi favorit beraksi secara langsung walaupun dalam kondisi pandangan ke panggung yang agak terbatas.

Trending:  3 Fakta Menarik Serial Drama Squid Game yang Wajib Anda Ketahui

Itulah pentingnya mengetahui arti Restricted View, sebab apabila anda minim pengetahuan, maka bisa berakibat penyesalan dan pengalaman tidak maksimal ketika menonton konser artis favorit anda. Apalagi bisa konser tersebut merupakan artis ternama di dunia yang hanya terbatas datang di Indonesia dan tidak tahu kapan datang lagi seperti konser BTS, Konser Coldplay, dan lain sebagainya.

Istilah Umum dalam Konser Musik

Selain Restricted View, terdapat juga beberapa istilah umum dalam konser musik yang harus anda ketahui. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

FOH

Apa arti istilah FOH dalam konser? FOH adalah singkatan dari Front of House. Saat ini, biasanya FOH terletak sejajar dengan penonton atau di tengah. FOH adalah sebutan untuk tim utama yang bertugas mengontrol perangkat dari sound system (soundman), lighting, dan multimedia. Singkatnya, FOH merupakan ‘otak’ dari pertunjukan.

FOH juga berisi cameramen utama, video operator, dan lighting designer. Menurut beberapa orang sih, paling enak menonton dari posisi belakang FOH, karena suara yang akan didengarkan lebih stereo.

CAT

Istilah CAT dalam konser adalah akronim dari ‘Category’ dalam bahasa Inggris atau ‘kategori’ dalam bahasa Indonesia.CAT atau Category ini yang akan menentukan posisi di mana anda saat akan berada saat konser. Semakin dekat dengan panggung, CAT pun akan semakin mahal.

Festival

Perlu anda ketahui bahwa CAT terbagi lagi ke dalam beberapa pilihan. Salah satunya adalah festival. Tiket festival adalah tiket yang diperuntukkan bagi anda yang ingin menonton tepat di depan panggung. Spesifiknya, tiket festival ini adalah tiket untuk menonton secara berdiri, tanpa tempat duduk. Tiket festival dikatakan merupakan tiket untuk pengalaman konser yang paling maksimal. Selain dekat dengan panggung, anda juga ikut bergoyang dan melompat.

Trending:  10.000 Follower Tiktok Gratis Tanpa Harus Beli

Wristband

Wristband sendiri adalah jenis tiket yang diberikan dalam bentuk gelang. Biasanya, wristband terbuat dari kertas atau kain dengan sistem perekat khusus dengan sistem keamanan berupa barcode untuk mencegah duplikasi.

Saat konser musik, wristband menjadi penanda akhir bahwa anda adalah penonton yang sah sesuai dengan kategori tiket yang anda beli. Wristband juga digunakan untuk memudahkan perbedaan kursi atau kategori antar penonton, Kawula Muda.

Early Bird

Early bird adalah jenis tiket yang dijual sebelum presale. Jenis tiket ini biasanya disediakan dalam kuota terbatas dengan harga yang sangat murah. Terkadang, tiket early bird dijual dengan harga setengah dari harga tiket presale. Umumnya, pemegang tiket early bird membeli tiket jauh sebelum pihak penyelenggara mengumumkan siapa penampilnya.

Tidak hanya itu, beberapa penyelenggara juga membuat aturan bagi pemegang early bird untuk early entry yang merupakan batas yang diberikan oleh penyelenggara konser bagi pemegang tiket khusus untuk memasuki area konser sesuai waktu yang ditentukan. Biasanya sebelum konser atau festival dimulai, pemegang tiket early bird ini harus sudah berada di venue.

Soundcheck

Walaupun soundcheck merupakan proses umum pemeriksaan dan penyesuaian suara sebelum konser dimulai, namun belakangan ini banyak konser yang menyediakan pilihan soundcheck bagi para penonton.

Jadi apabila anda membeli tiket dengan tulisan ‘soundcheck’, anda bisa menikmati proses latihan terakhir idola anda sebelum penonton lain masuk. Bahkan, anda bisa menyaksikan idola anda dengan tampilan biasa saja. Soundcheck merupakan salah satu pengalaman yang tidak bisa semua orang rasakan. Untuk itu, harga tiket soundcheck biasanya lebih mahal.

Encore

Apakah anda pernah atau sering mendengar permintaan ‘encore’ atau obrolan mengenai encore yang tidak terlupakan? Istilah encore berasal dari bahasa Prancis yang artinya ‘lagi’ atau ‘sekali lagi’. Dalam konser, encore merujuk pada permintaan penonton kepada penyanyi atau band untuk tampil kembali setelah pertunjukan utama telah berakhir.

Trending:  Cara Daftar Paket TRI 25gb 25rb 2022

Demikian informasi mengenai apa itu arti dari Restricted View? semoga berguna dan bermanfaat bagi anda agar nantinya tidak menjadi bingung ketika dihadapkan dengan sejumlah istilah diatas yang umum digunakan dalam sebuah konser musik.