Ciptakan Diagram Visual Dengan 7 Aplikasi Flowchart Terbaik

Menciptakan flowchart yang terlihat profesional bukanlah hal yang sulit bila kamu menggunakan aplikasi yang tepat. Aplikasi flowchart tidak hanya bisa kamu manfaatkan untuk membuat diagram alur, tapi juga struktur organisasi, atau denah rumah.

Ada beberapa faktor yang perlu kamu pertimbangkan sebelum menggunakan aplikasi flowchart. Selain kemudahan untuk pembuatan diagram, keindahan template dan variasi bentuk file akhir tentu juga penting. 

Rekomendasi 7 Aplikasi Flowchart Terbaik

Sumber: https://pixabay.com/

Flowchart yang baik adalah yang mudah dibaca dan dipahami. Ada aplikasi yang mampu menciptakan flowchart sederhana, dan ada juga yang menawarkan begitu banyak fitur.

Kali ini, kami merekomendasikan 7 aplikasi flowchart terbaik yang cocok dipakai untuk keperluan individu maupun secara profesional. Simak ulasan berikut ini.

1.     Lucidchart

Dirilis tahun 2010, Lucidchart adalah aplikasi berbasis web yang memberikan platform bagi pengguna untuk menggambar, mengedit, maupun berbagi diagram. Tak hanya di laptop, Lucidchart juga menyediakan aplikasi untuk membuat flowchart di HP.

Kelebihan Lucidchart terletak pada kemudahannya untuk digunakan, banyaknya fitur export dan import, integrasi, serta kolaborasi real time. Aplikasi ini dapat dibuka dengan berbagai browser dalam gadget berbasis Mac, Windows, ataupun Linux.

Selain itu, Lucidchart juga terintegrasi dengan G Suite, Slack, Atlassian, Microsoft Office, serta Salesforce. File diagram dari Lucidchart juga bisa kamu edit lagi di aplikasi lain seperti Microsoft Visio, Gliffy, Draw.io, dan sebagainya.

2.     SmartDraw Cloud

SmartDraw Cloud yang diciptakan pada tahun 1994 ini memiliki kelebihan pada banyaknya jumlah template menarik yang tersedia.

Trending:  Cara Melihat Kunjungan Profil Instagram Tanpa Aplikasi Mudah dan Aman

Jumlah aplikasi SmartDraw Cloud lebih dari 4500 template, dan ini jauh lebih banyak dari Lucidchart yang hanya sekitar 1000 template. Meskipun demikian, alokasi biaya yang perlu kamu siapkan juga sedikit lebih tinggi daripada Lucidchart.

SmartDraw Cloud memiliki beragam contoh flowchart aplikasi. Ada contoh untuk alur bisnis, alur produksi barang, lanskap perkebunan, bahkan rekonstruksi sebuah kecelakaan. Selain itu, ada juga lebih dari 34 ribu simbol unik yang dapat kamu manfaatkan.

Sumber: https://unsplash.com/s/photos/flow-chart

3.     GitMind

Sampaikan inspirasimu dalam diagram alur dengan GitMind. Aplikasi flowchart Android dan iOS ini juga dapat kamu pakai di PC atau laptop, baik Windows, Mac, maupun Linux. Kamu bisa mengerjakan diagram lintas platform, sehingga waktu akan lebih efisien.

Baca juga Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4√ó6 di Android Termudah

Selain untuk membuat flowchart, GitMind juga cocok untuk aktivitas brainstorming, mencatat ide, dan kegiatan kreatif lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan ruang kolaborasi untuk mengerjakan sebuah diagram bersama. 

4.     Draw.io

Awalnya, Draw.io adalah plugin untuk Jira dan Confluence. Namun sekarang aplikasi flowchart free download ini telah berdiri sendiri, dan menjadi open source. Draw.io sangat sederhana dengan sistem tarik dan lepaskan (drag and drop).

Aplikasi ini dapat kamu pakai secara gratis, meskipun ada juga versi berbayar yang menawarkan lebih banyak fitur. Secara umum, aplikasi ini kami rekomendasikan untuk individual atau bisnis kecil yang memiliki budget terbatas.

5.     Microsoft Visio

Visio dikembangkan sejak tahun 1992, dan saat ini menjadi salah satu aplikasi flowchart yang paling banyak digunakan. Salah satu kelebihan penting dari aplikasi ini adalah karena terintegrasi dengan Microsoft Office. Ini menyebabkan user interface-nya lebih terasa familiar bagi para pengguna Office.

Trending:  Safedana.com Dapat Saldo Dana Gratis

Visio dapat mengekspor diagram menjadi file dalam bentuk gambar, web file, PDF, atau AutoCAD. Microsoft Visio memudahkan para pengguna untuk bekerja bersama dengan gadget yang berbeda secara real time. Template yang disediakan pun tergolong cukup banyak, sehingga kamu tak akan kehabisan ide.

6.     Miro

Aplikasi flowchart online ini menawarkan kanvas yang bisa diperbesar dan papan kerja yang luas dengan banyak pilihan untuk pengguna. Miro memiliki versi gratis maupun berbayar, yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Baca juga Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus pada HP, Mudah dan Terbukti

Miro menyediakan banyak template yang bisa kamu pakai. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan Dropbox, Box, Google Suite, JIRA, Slack, dan Sketch.

7.     VisualParadigm Online

Aplikasi flowchart free ini cocok untuk kamu yang ingin membuat flowchart yang membutuhkan banyak analisis data. Kamu tinggal klik atau drag untuk membuat bentuk dan garis untuk flowchart yang diinginkan.

Saat masuk ke website VisualParadigm Online, kamu dapat menyimak berbagai video tutorial tentang bagaimana cara membuat flowchart dengan aplikasi ini. Ada banyak tools yang bisa kamu pilih dan coba.

Secara umum, kelebihan VisualParadigm Online terletak pada tampilannya yang menarik.

Baca juga 7+ Aplikasi Edit Foto Terbaik di HP, Dijamin Jadi Keren!

Memilih Aplikasi Flowchart Sesuai Kebutuhan

Berbagai aplikasi di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada yang harganya lebih terjangkau dan sederhana, tapi tentu jumlah template-nya terbatas. Ada juga yang punya jauh lebih banyak template menarik, dan bisa kamu gunakan untuk presentasi dengan hasil yang lebih optimal.

Intinya, pilihlah aplikasi flowchart yang memang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Periksa kembali seberapa sering kamu akan membuat flowchart, dan seperti apa tampilan hasil yang diinginkan. Selamat mencoba!

Trending:  7 Rekomendasi Permainan Berdua, Main Game Jadi Lebih Seru

Tinggalkan komentar