Home » Begini Perbedaan Concealer dan Foundation Yang Wajib Anda Ketahui

Begini Perbedaan Concealer dan Foundation Yang Wajib Anda Ketahui

Masih banyak wanita yang menganggap bahwa concealer dan foundation adalah produk kecantikan yang sama dalam hal penggunaan dan fungsi. Maka dari itu penting bagi anda ketahui perbedaan concealer dan foundation sehingga anda tepat dalam memilih dan menggunakannya.

Bukan rahasia umum apabila dikatakan masih banyak wanita yang masih tidak mengetahui perbedaan concealer dan foundation sebagai base makeup khususnya para wanita pemula yang baru mengenal makeup yang baik dan benar.

Karena ketidak tahuan tersebut bisa berakibat besar pada hasil makeup yang tidak sempurna karena urutan serta cara yang salah dimana apabila anda mengetahui perbedaan kedua produk ini maka anda akan bisa melihat hasilnya yang akan tampak lebih sempurnah karena penggunaan dan penempatan yang benar.

Oleh karena itu penting bagi anda mengetahui perbedaan foundation dan concealer yang walaupun kedua jenis kosmetik ini tampak sama tetapi perlu anda ketahui dimana kedua produk ini memilki formulasibahan-bahan yang berbeda dengan cara penggunaan dan fungsi yang berbeda.

Untuk lebih jelasnya, berikut perbedaan concealer dan foundation yang wajib anda ketahui sebagai berikut.

Perbedaan Concealer dan Foundation

Concealer dan Foundation

Fungsi

Perbedaan antara concealer dan foundation pertama adalah dari segi fungsi, dimana foundation merupakan kosmetik yang digunakan untuk alas bedak pada tahap pertama melakukan riasan wajah. Foundation digunakan untuk meratakan warna kulit yang tidak merata sehingga nantinya tampilan makeup akan lebih sempurna. Foundation juga dihadirkan dalam berbagai tekstur, warna, dan tingkat coverage. Jadi, pemilihan foundation juga tidak boleh asal-asalan. Kamu harus menyesuaikannya dengan skin tone dan jenis kulitmu.

Sedangkan oncealer dibuat untuk menyamarkan area kulit wajah yang kurang bagus. Jadi, kulit wajah akan terlihat lebih mulus. Biasanya, concealer banyak digunakan untuk menyamarkan jerawat atau menutupi noda.

Trending:  Chord Lagu Pecah Seribu, Lagi Dangdut yang Populer

Jadi, penggunaan concealer tidak harus dilakukan pada setiap proses riasan wajah seperti halnya foundation. Concealer hanya digunakan ketika ada noda pada wajah. Selain itu, fungsi concealer atau color corrector yang lainnya adalah sebagai berikut.

  • Menutupi pori-pori wajah yang besar.
  • Menutupi bagian lingkar mata atau area bawah mata yang hitam (gelap).
  • Menyamarkan berbagai kekurangan lainnya yang ada pada kulit.
  • Menutupi bintik-bintik hitam di wajah.

Cara Pemakaian

Perbedaan concealer dan foundation yang kedua adalah terkait dengan waktu atau cara pemakaian. Karena foundation merupakan alas bedak, jadi foundation harus diaplikasikan terlebih dahulu pada bagian wajah. Setelahnya, baru dilanjutkan dengan pemberian concealer pada beberapa area di wajah.

Hal itu dikarenakan foundation merupakan produk kecantikan yang dibuat dengan warna yang tidak beda jauh dengan warna asli kulit. Jadi, produk tersebut harus digunakan pertama kali sebelum mengaplikasikan produk kosmetik lainnya.

Namun, kebanyakan wanita mengaplikasikan concealer terlebih dahulu. Hal itu sebenarnya tidak dibenarkan. Pasalnya, jika concealer diaplikasikan terlebih dahulu maka base makeup tidak akan bertahan lama dan mudah luntur. Akhirnya, warna base makeup tersebut (concealer) langsung menyatu dengan riasan.

Jadi, sebaiknya anda menggunakan concealer pada beberapa area noda di wajah setelah menggunakan foundation. Dan anda perlu perhatikan agar jangan sampai urutan pemakaiannya terbalik.

Apabila anda ingin lebih bagus lagi, anda bisa gunakan primer terlebih dahulu. Kemudian baru aplikasikan foundation dan disusul dengan penggunaan concealer. Primer sendiri merupakan produk kosmetik yang diaplikasikan sebelum foundation. Berbeda dari foundation, primer mempunyai tekstur gel atau cair.

Tekstur

Perbedaan concealer dan foundation yang selanjutnya adalah tekstur produk tersebut. Jadi, tekstur ini berkaitan dengan kekentalan produk. Concealer lebih kental daripada foundation. Selain itu, concealer juga lebih bersifat pigmented.

Trending:  Ternyata Mudah! Ini 4 Cara Cek SSD Laptop Windows 11

Nah, karena foundation harus digunakan pada seluruh area wajah, maka foundation mempunyai tekstur yang lebih cair dari concealer. Bukan hanya itu, foundation juga mempunyai tingkat penyerapan yang lebih lama dibandingkan dengan concealer.

Jadi, diharapkan untuk sabar dalam menunggu proses penyerapan foundation sebelum diaplikasikan produk lainnya pada wajah. Oleh karena itu, jangan langsung mengaplikasikan concealer setelah menggunakan foundation. Tunggu dulu hingga foundation menyerap sempurna, baru aplikasikan concealer.

Warna

Bedanya concealer dan foundation juga bisa dilihat dari warna dua produk kosmetik tersebut. Walaupun keduanya terlihat mirip, tetapi warna kedua produk tersebut mempunyai perbedaan. Foundation mempunyai warna-warna yang disesuaikan dengan jenis-jenis warna kulit orang. Sementara itu, concealer dihadirkan dalam beberapa variasi warna seperti hijau, biru, kuning, dan ungu. Semua warna concealer tersebut juga mempunyai fungsi masing-masing.

Contohnya adalah concealer kuning yang berfungsi untuk menyamarkan noda atau bintik hitam. Selain itu, concealer kuning tersebut juga bisa digunakan untuk menutupi area bawah mata yang gelap. Sementara itu, concealer hijau dan biru bisa digunakan untuk menyamarkan bintik merah dan bekas jerawat.

Ingin mengubah kulit wajah yang pucat agar terlihat lebih cerah? Maka gunakan saja concealer berwarna ungu sebagai solusinya. Sebenarnya, bukan hanya beberapa warna di atas saja. Ada juga concealer dengan warga coklat gelap. Concealer yang lebih gelap bisa dijadikan sebagai shading pada wajah. Jadi, concealer jenis ini bisa menggantikan produk shading lainnya.

Dengan begitu, tampilan wajah akan lebih berdimensi. Ini cocok digunakan untuk anda yang mempunyai wajah bulat agar bisa menghasilkan wajah tirus dan mempercantik riasan.

Coverage

perbedaan concealer dan foundation

Selanjutnya, perbedaan concealer dan foundation adalah tingkat coverage dari kedua produk kosmetik tersebut. Foundation mempunyai tingkat coverage mulai dari sheer hingga full coverage. Pengaplikasiannya dilakukan dengan menggunakan brush, spons, atau kuas untuk menciptakan coverage itu.

Trending:  Kelebihan dan Kekurangan Corning Gorilla Glass 5

Sedangkan concealer mempunyai tingkat coverage medium. Oleh karena itu, produk ini harus diaplikasikan berulang kali untuk menghasilkan tingkat coverage yang diinginkan. Disarankan untuk memastikan untuk memilih concealer dengan warna sesuai warna kulit. Anda bisa gunakan 1-2 shade dengan warna satu tingkat lebih cerah dari warna kulit. Dengan cara tersebut, noda pada area wajah akan bisa tersamarkan dengan baik.

Pigmen

Concealer diformulasikan dengan kandungan pigmen yang lebih banyak dibandingkan dengan foundation. Hal itu menjadikan warna concealer terlihat lebih pekat dari foundation. Itulah yang menjadikan concealer bisa menutupi noda dengan lebih bagus.

Formula

Hal lainnya yang membedakan foundation dan concealer adalah formula pembuatan dua produk kosmetik tersebut. Jadi, concealer dibuat dengan kemasan multi-formula. Ada berbagai warna yang tersedia pada concealer, mulai dari yang paling terang hingga paling gelap.

Bukan hanya itu, kemasan dari concealer juga lebih kecil jika dibandingkan dengan foundation. Tipe formula dari concealer juga lebih terbatas. Beberapa di antaranya concealer cair atau stick (padat).

Berbeda dari concealer, foundation tersedia dalam berbagai jenis formula yang berbeda. Contohnya adalah foundation yang bisa digunakan untuk kulit berminyak, kulit kering, dan kulit normal.

Selain itu, ada juga foundation dengan bahan dasar air atau berbahan dasar bedak. Tidak hanya itu saja, tipe produk foundation juga lebih mempunyai banyak varian. Beberapa di antaranya adalah foundation cair, cake, cream to powder, dan bedak.

Demikian informasi mengenai perbedaan antara concealer dan foundation yang harus anda ketahui agar anda tidak salah pilih produk dan juga salah dalam penerapan dan penggunannya. Semoga berguna dan bermanfaat.