Home » Cara Daftar dan Cek Penerima Bansos PKH dan BLT BPNT Kemensos Terbaru

Cara Daftar dan Cek Penerima Bansos PKH dan BLT BPNT Kemensos Terbaru

https://kataku.id – Cara daftar dan cek penerima Bansos PKH dan BLT BNT bantuan dari Kemensos merupakan salah satu pencarian yang banyak dicari banyak masyarakat yang merasa berhak akan bantuan tersebut.

Sekedar informasi bantuan sosial berupa BLT atau bantuan langsung tunai dan Bantuan Pangan Non Tunai atau BNPT merupakan upaya dari pemerintah untuk membantu meringankan masyarakat yang kurang mampu dan terdampak akan kesulitan ekonomi dimana penerima bansos ini ditujukan untuk program keluarga harapan atau disingkat PKH.

Dalam bansos PKH dan BLT dari Kemensos ini mencakup beberapa kategori peneriman bantuan yang berhak menerima bantuan sosial berupa dana tunai. Apa saja kategorinya? Simak sebagai berikut.

Kategori Penerima Bansos PKH dan BLT BPNT Kemensos

  • Siswa SD akan menerima Rp225.000 per tahap.
  • Siswa SMP akan menerima Rp370.000 per tahap.
  • Siswa SMA akan menerima Rp500.000 per tahap.
  • Ibu Hamil akan menerima Rp750.000 per tahap.
  • Balita akan menerima Rp750.000 per tahap.
  • Lansia akan menerima Rp600.000 per tahap.
  • Penyandang Disabilitas akan menerima Rp600.000 per tahap.

Cara Mendaftar dan Memeriksa Penerima Bansos PKH

Cara Daftar dan Cek Penerima Bansos PKH

Seperti yang kami sebutkan diatas, untuk bisa menerima dana BLT Bansos diatas, maka anda harus terdaftar dalam program PKH terlebih dahulu. Namun jangan kuatir, sebab caranya pun sangat mudah dimana anda bisa menyimak panduannya sebagai berikut.

  • Pertama, silahkan bukan browser di perangkat anda, lalu ketik dan menuju situs resmi di cekbansos.kemensos.go.id.
  • Isikan alamat dan nama lengkap sesuai KTP dengan benar.
  • Masukkan kode captcha yang muncul.
  • Klik tombol “Cari Data.”
  • Setelah beberapa saat, informasi mengenai penerimaan Bansos PKH Tahap 4 tahun 2023 akan muncul.
Trending:  Membahas TikTok, Aplikasi yang Bisa Menghasilkan Uang

Pencairan dan Cara Mengecek BLT BPNT

Selain BLT atau bantuan langsung tunai, terdapat juga bantuan Bantuan Pangan Non Tunai (BLT BPNT) yang memberikan bantuan bagi kelompok penerima manfaat. Adapun cara memeriksa penerima BLT BNPT ini bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Memeriksa Penerima BLT BPNT

  • Pertama, silahkan kunjungi situs DTKS Kemensos atau cekbansos.kemensos.go.id.
  • Anda bisa pilih Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan.
  • Lalu anda bisa isikan nama lengkap sesuai KTP.
  • Masukkan kode verifikasi yang muncul.
  • Klik tombol “Cari Data.”
  • Nantinya data anda akan ditampilkan apabila anda termasuk penerima manfaat.

Pertanyaan Yang Sering Diajukan (FAQ) Tentang Bansos PKH

1. Bagaimana caranya agar bisa memperoleh bantuan? ( Bagi msayarakat tidak mampu dan belum pernah mendapatkan bansos)

Jawab : Berdasarkan UU No 13 Tahun 2011 dan Permensos No 3 Tahun 2021 semua program bantuan dan pemberdayaan pemerintah dalam rangka penanganan fakir miskin harus berdasarkan Data Terpadu kesejahteraan Sosial (DTKS). Sedangkan DTKS berbasis data kependudukan. Pada dasarnya pengusulan untuk masuk dalam DTKS ataupun pengusulan menjadi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bansos yang merupakan program reguler Kementerian Sosial RI (Sembako, PKH, PBI) merupakan kewenangan pemerintah daerah Kabupaten/Kota bersama pemerintah lingkup terkecil yaitu desa/kelurahan. Artinya, setiap lurah dapat mengusulkan warga yang tidak mampu dan membutuhkan di wilayahnya untuk masuk DTKS dan mengakses bantuan.

Apabila ada warga yang merasa kurang mampu dan membutuhkan akses bansos namun belum masuk dalam DTKS, atau sudah ada dalam DTKS namun belum pernah diusulkan untuk mendapatkan bansos, dapat melaporkan diri melalui unsur pemerintah terkecil di wilayahnya (RT/RW/Kepala Dusun/Lurah) agar dapat diusulkan sebagai KPM bansos. Apabila pengusulan sudah dilakukan dari kelurahan, selanjutnya akan ada kunjungan rumah dalam rangka verifikasi kelayakan keluarga tersebut sesuai kriteria yang telah ditentukan oleh Menteri Sosial RI.

Trending:  Mau Cek Slip Gaji PT IMIP? Begini Caranya!

Pengesahan akhir dilakukan setiap menjelang periode salur bansos, dan merupakan kewenangan Menteri. Seseorang akan dinyatakan sah sebagai KPM apabila data-data usulan telah melalui proses validasi dan terverifikasi layak menjadi penerima bansos.

2. Bagaimana setelah dipastikan nama dan usia sesuai tetapi tidak/belum menerima bansos?

Jawab : Setelah dipastikan bahwa nama yang tertera adalah nama anda namun merasa tidak/belum menerima bansos, anda dapat secara berjenjang menghubungi Pendamping Bansos, Pengurus RT/RW atau Desa/Kelurahan setempat terlebih dahulu untuk klarifikasi informasi tersebut. Jika dengan langkah tersebut tidak diperoleh informasi yang dimaksud, anda dapat melakukan pengecekan langsung melalui bagian Pelayanan atau Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) di Dinas Sosial Kabupaten/Kota sesuai KTP anda.

3. Apa yang dapat diketahui dari laman Cek Bansos Kementerian Sosial RI?

Jawab : Kementerian Sosial RI telah menyediakan laman penerima bansos melalui tautan: cekbansos.kemensos.go.id. Laman tersebut menampilkan nama seluruh penerima bantuan sosial dari Kementerian Sosal RI di lingkup desa/kelurahan sesuai pengaturan alamat dan nama yang diketikkan. Tujuannya agar masyarakat dapat melakukan pengecekan mandiri apakah namanya masuk sebagai calon penerima bantuan sosial atau tidak. Selain itu juga dapat mememberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk dapat mengetahui nama penerima bantuan di sekitarnya, sehingga dapat turut menjalankan fungsi pengawasan akan ketepatan sasaran bantuan di lingkungannya. Jadi pastikan mengetikkan nama lengkap sesuai KTP untuk memastikan data yang keluar adalah data yang dimaksud.

Apabila nama lengkap dan usia yang keluar sama persis lebih dari satu, atau merasa bukan penerima tapi nama muncul di laman cek bansos, anda dapat mencari informasi langsung di wilayah yang dicari untuk memastikan siapa Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang dimaksud, karena sangat dimungkinkan nama yang mirip namun bukan yang dimaksud.

Trending:  Cara Dana ID Topup Games Mobile Legends dan Free Fire

4. Bagaimana cara mengetahui secara pasti apakah saya masuk dalam DTKS dan status kepesertaan bansos saya?

Jawab : Status keberadaan data seseorang dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan kepesertaan bansos dapat diketahui dengan cara menanyakan langsung (datang langsung ke bagian pelayanan masyarakat atau melalui email) ke Dinas Sosial Kabupaten/Kota setempat sesuai alamat KTP anda dengan menunjukkan atau mengirimkan foto/scan :

  • KTP,
  • KK
  • KKS (jika ada)

Pengecekan status keberadaan seseorang dalam DTKS serta status kepesertaan bantuan sosial berbasis NIK saat ini juga telah dapat dilakukan secara mandiri melalui aplikasi Cek Bansos. Aplikasi milik Kementerian Sosial RI tersebut dapat diunduh secara gratis di Playstore. Pengguna diharuskan membuat akun dan melengkapi data diri dan keluarga untuk dapat menggunakan aplikasi tersebut.

Demikian informasi mengenai cara daftar dan cek penerima Bansos PKH dan BLT BNT bantuan dari Kemensos dimana dengan bantuan ini diharapkan bisa membantu masyarakat yang tidak mampu dan tepat sasaran dimana hanya masyarakat yang benar-benar tidak mampu yang mendapatkan manfaatnya. Semoga berguna dan bermanfaat