Beranda » Begini Cara Membuat Suara Google di Capcut

Begini Cara Membuat Suara Google di Capcut

Sering mendengar nada ala asisten Google menjadi pengisi suara sebuah video? Ternyata untuk membuatnya, kamu tidak perlu susah payah berlatih agar suaramu mirip, loh. Cukup menggunakan aplikasi dan ikuti cara membuat suara Google di Capcut pada artikel ini. 

Meski terkesan datar dan tanpa ekspresi, suara khas asisten Google ini cukup eksis di dunia maya. Bagaimana tidak, banyak video di platform sosial media seperti TikTok dan Instagram yang memanfaatkannya sebagai dubbing alias narator video. 

Pun suara ala asisten Google ini memudahkan kamu yang tidak ingin menggunakan suara asli saat mengisi video. Selain itu, penggunaan suara ala Google juga menambah sisi menarik video yang Sobat jostbgt buat.

Ternyata, untuk memiliki video dengan narator asisten Google tidaklah sulit. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi edit video ‘Capcut’ sebagai tools cara membuat suara Google di HP. 

Tidak rumit, langkah-langkah berikut akan memandu kamu menggunakan fitur Capcut untuk memberikan efek suara. 

Cara Membuat Efek Suara di Capcut

Sebelum membuat efek suara ala Google di Capcut, pastikan kamu telah menyiapkan klip atau video yang hendak mendapatkan dub atau narasi. Juga rekaman audio apabila telah memilikinya. 

Selanjutnya, kamu bisa mengombinasikan video dan audio dengan langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Capcut sebagai tools voice suara Google
  2. Saat aplikasi sudah terbuka, kamu bisa memilih header dengan tanda plus dan keterangan proyek baru untuk menambahkan video yang hendak kamu edit
  1. Pilih video atau potongan klip yang ingin kamu tambahkan dub voice
  1. Setelahnya, kamu akan diarahkan menuju jendela editor seperti pada tampilan berikut
  1. Apabila videomu telah memiliki pengisi suara, kamu bisa mengekstraknya agar lebih mudah untuk mengedit. Caranya dengan menyeleksi video dan pilih ekstrak suara.
  1. Apabila videomu belum memiliki suara, kamu bisa menambahkan dub terlebih dahulu dengan mengimpor suara rekaman yang telah kamu siapkan
  1. Opsi lain apabila kamu belum memiliki suara masukan atau dub, kamu juga bisa merekamnya secara langsung di aplikasi Capcut
  1. Setelah isi suara telah tersedia, kamu bisa memilih hendak menambahkan efek suara serupa Google yang tersedia di aplikasi Capcut. Jika sudah, pilih centang dan suara video otomatis berubah.

Meski tidak seratus persen sama seperti suara asisten Google, pilihan cara mengubah efek suara di Capcut bisa membuat videomu semakin menarik. Pun kamu bisa menambahkan efek fade sehingga suara dub videomu terdengar memudar. 

Trending:  Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan HP Vivo Tanpa Menghapus Aplikasi

Cara Menambahkan Dub Efek Suara Google di Capcut

Selain mengubah suara yang telah ada, aplikasi Capcut juga bisa membantu kamu mengimpor suara yang telah lebih dahulu kamu edit sebelumnya. Untuk mengikuti langkah ini, kamu perlu mengetik naskah suara yang hendak kamu masukkan ke videomu. 

Untuk penulisan naskah, bisa kamu sesuaikan panjang atau pendeknya. Pun jika panjang, kamu bisa memotongnya nanti di aplikasi Capcut. Bagaimana caranya?

  1. Pertama, kamu perlu mengunjungi situs pengubah suara Sound of Text. Situs ini hanya menyediakan satu efek suara yakni suara ala asisten Google
  1. Pada kolom text, masukkan naskah yang telah kamu siapkan 
  1. Step selanjutnya, pastikan menentukan pengaturan bahasa sesuai dengan bahasa naskahmu. Pilih bahasa Indonesia apabila naskahmu berbahasa Indonesia. Lalu klik tombol submit untuk memulai proses menghasilkan audio
  1. Setelah proses selesai, di bagian bawah tombol submit akan muncul naskah serta dua pilihan tindakan. Kamu bisa memilih opsi play untuk mendengarkan hasil pembacaan naskah atau download untuk langsung mendapatkan audio rekaman.
  1. Masuk kembali ke aplikasi Capcut, pilih video yang telah kamu siapkan untuk disisipkan dub audio yang telah Sobat jostbgt download sebelumnya
  1. Pilih menu suara
  1. Tambahkan audio yang telah kamu dapat dari Sound of Text sebelumnya.
  1. Sesuaikan penempatan audio dengan klip agar hasil edit video milikmu semakin menarik

Langkah cara membuat suara Google untuk video ini memungkinkan videomu memiliki dub atau isian suara dengan suara narator persis ala asisten Google. 

Pun kamu tidak perlu susah-payah merekam suara sendiri. Hanya perlu menunggu sepersekian detik dan biarkan bot pada Sound of Text yang mengubah naskah menjadi audio sesuai keinginanmu. 

Trending:  8 Cara Edit Foto Online yang Cepat dan Ramah bagi Pemula

Penutup

Menggunakan aplikasi Capcut sebagai tools mengedit audio pada videomu memang sangat mudah. Cara mengubah efek suara di Capcut ini bisa kamu dapatkan dengan gratis, pun aplikasi ini memiliki berbagai opsi yang tersedia. 

Hal ini tentu memfasilitasi kamu untuk mengeksplor kreativitas dalam mengolah video. Bahkan jika kamu seorang creator TikTok, kamu bisa mengekspor langsung suara asli dari TikTok tanpa perlu mengunduhnya secara terpisah. Tidak hanya suara ala Google, tetapi juga banyak audio lain yang telah tersedia. 

Sangat memudahkan, bukan?

Nah dengan kemudahan yang ada serta penjelasan dua langkah cara membuat suara Google di Capcut di atas dapat menjadi alternatif opsi kala mengedit video. Tentunya Sobat Josbgt bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan saat mengedit video. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar