Beranda » Cara Memindahkan Data dari HP Xiaomi Lama ke HP Baru

Cara Memindahkan Data dari HP Xiaomi Lama ke HP Baru

bgtekno.com – Ketika mengganti HP Xiaomi yang lama dengan yang baru, pastinya para pengguna akan mencari tahu cara memindahkan data dari HP Xiaomi lama ke HP baru. Sehingga data penting yang ada di  perangkat yang lama, tetap bisa diakses dan disimpan.

Memindahkan data satu per satu, tentu saja akan memakan waktu yang lama. Apalagi, jika masih merasa kebingungan data mana saja yang harus dipindah dan mana yang harus dihapus.

Sebenarnya, Xiaomi sudah menyediakan cara yang lebih praktis untuk memindahkan data dari HP lama ke HP yang baru. Sehingga tidak perlu melakukan pemindahan file satu per satu. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan, antara lain.

cara memindahkan data dari hp xiaomi lama ke hp baru

Memindahkan Data dengan Mensinkronisasikan Akun Google

Xiaomi sebenarnya sama dengan kebanyakan hp Android lain dari berbagai brand. Untuk sistem dan aplikasinya masih menggunakan layanan dan fitur dari Google. Karena itu, akun Google sangatlah berpengaruh dalam penggunaan perangkat Xiaomi.

Salah satunya untuk melakukan sinkronisasi file dan data, pengguna bisa mensinkronisasikan data dan file yang ada di dalam file ke dalam email Google. Data yang bisa disimpan sangatlah beragam. Mulai dari kontak, kalender, bahkan sampai foto dan video.

Langkah untuk melakukan sinkronisasi dan pemindahan dengan memanfaatkan cara ini sangatlah mudah. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa langkah berikut.

  1. Login akun Google pada HP Xiaomi lama.
  2. Sinkronisasikan semua data pada smartphone dengan akun Google yang sudah dimasukkan.
  3. Pastikan bahwa data-data yang ada di dalam smartphone sudah di backup oleh akun Gmail.
  4. Kemudian, keluar dari akun Google pada HP Xiaomi lama.
  5. Buka ‘Pengaturan’ pada HP Xiaomi yang baru.
  6. Masuk ke Google Account dan login dengan email yang digunakan pada HP Xiaomi yang lama.
  7. Pada halaman login aktifkan fitur sinkronisasi pada email.
  8. Biarkan proses sinkronisasi berjalan sampai selesai.
  9. Setelah itu, cek data yang ada di smartphone setelah sinkronisasi selesai.
Trending:  5 Jenis Output Device Komputer yang Sering Dijumpai

Akan ada kemungkinan beberapa data tidak bisa masuk ke smartphone. Maka, para pengguna hanya tinggal mengulang proses sinkronisasi saja.

Memindahkan Data dengan Memanfaatkan Aplikasi Mi Mover pada Smartphone

Xiaomi sendiri sebenarnya punya aplikasi yang akan memudahkan penggunanya untuk beralih pada smartphone yang baru. Aplikasi tersebut bernama Mi Mover dan sudah menjadi aplikasi bawaan pada HP Xiaomi.

Berikut adalah langkah memindahkan data dari HP Xiaomi ke HP baru dengan fasilitas aplikasi Mi Mover. Dengan begitu, akan semakin mudah untuk para pengguna mengganti smartphone. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa langkah berikut.

  1. Buka aplikasi Mi Mover pada smartphone.
  2. Pastikan baik HP yang lama maupun yang baru, tersambung dalam jaringan WiFi yang sama.
  3. Set dalam aplikasi agar HP yang baru menjadi ‘Penerima’. Sedangkan HP yang lama menjadi ‘Pengirim’ dari data yang akan dikirimkan.
  4. Kemudian Pilih data yang ingin dipindahkan dari HP lama dan arahkan ke pemindahan perangkat penerima.
  5. Tunggu beberapa saat sampai data berhasil dikirimkan pada HP yang baru.

Ada kemungkinan juga sebagian data gagal dikirim, karena ukuran terlalu besar atau sebab tertentu. Para pengguna bisa mencoba untuk mengulangi proses pengiriman lebih dulu.

Baca Juga: Cara Menambah Memori Internal Xiaomi Memasang Custom ROM

Itulah cara memindahkan data dari HP Xiaomi lama ke HP baru. Beberapa cara di atas mudah sekali bukan? Dengan menggunakan cara di atas, pengguna tidak perlu lagi para pengguna memindahkan data satu per satu saat ganti HP.