Home » Cara Menyimpan Video dari Telegram ke Galeri (Manual dan Otomatis)

Cara Menyimpan Video dari Telegram ke Galeri (Manual dan Otomatis)

Masih bingung dengan cara menyimpan video dari Telegram ke galeri? Sebagai pengguna baru, mungkin kamu belum tahu fitur untuk simpan video baik secara manual maupun otomatis.

Tapi tenang saja karena kamu bisa temukan panduan untuk download video Telegram tanpa aplikasi di artikel ini. dengan begitu, kamu bisa simpan video yang kamu suka dan menontonnya lewat galeri.

 Cara Menyimpan Foto dan Video dari Telegram ke Galeri secara Manual

Banyak orang yang memilih Telegram untuk berbagi video daripada aplikasi perpesanan lain seperti WhatsApp. Ini karena Telegram bisa memungkinkan penggunanya berbagi file video dengan ukuran yang besar, yakni hingga 2 GB.

Ini sebabnya, video yang terkirim kualitasnya tetap bagus dan tidak blur. Nah, kalau kamu dapat kiriman video Telegram dari teman dan tidak tahu cara mengunduhnya, ikutilah langkah-langkah simpan video ini:

  • Buka obrolan atau grup di mana ada video yang ingin kamu simpan.

bagaimana cara menyimpan video dari Telegram ke galeri

  • Kemudian, buka video tersebut.
  • Ketuk ikon tiga titik di bagian kanan atas.
  • Selanjutnya, pilihlah “Save to Gallery”.
  • Video tersebut akan tersimpan di galeri HP.
  • Untuk memeriksa apakah video sudah tersimpan, keluarlah dulu dari Telegram. Lalu, bukalah galeri-mu.

Proses download video ditandai dengan munculnya ikon anak panah di bagian atas layar. Jika proses pengunduhan sudah selesai, video tadi akan muncul di galeri.

Kamu bisa memutar video tersebut kapan saja bahkan tanpa koneksi internet. Selain itu, kamu juga bisa mengirimkan video tersebut ke orang lain melalui platform medsos lainnya.

Berbeda dengan WhatsApp, video yang kamu dapat dari Telegram tetap memiliki kualitas bagus karena tidak ada proses kompresi.

Cara Simpan Video dari Telegram Secara Otomatis

Selain dengan cara penyimpanan manual di atas, kamu juga bisa mengubah setting di Telegram. Sehingga, semua video yang kamu terima bisa langsung masuk galeri.

Trending:  Cara Hapus File di Laptop agar Performanya Cepat

Tapi sebelum melakukan pengaturan ini, pertimbangkan dulu kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan fitur simpan otomatis adalah kamu nggak perlu capek-capek menyimpan video satu per satu secara manual.

Akan tetapi, kekurangannya adalah memori penyimpanan HP-mu akan cepat penuh. Ini karena semua video yang dikirim ke akunmu akan otomatis tersimpan.

Tertarik untuk mengubah pengaturan agar bisa simpan video otomatis? Ikuti cara menyimpan video dari Telegram ke galeri terbaru berikut:

  • Pada halaman awal aplikasi Telegram, klik tiga garis horizontal di kiri atas.
  • Selanjutnya, pilihlah Settings.

cara menyimpan video dari telegram ke galeri terbaru

  • Ada banyak opsi di menu “Pengaturan” ini, pilihlah “Data and Storage”.
  • Fokus pada menu “Automatic Media Download”, kamu bisa memilih kapan video akan terunduh. Jika tidak ingin kuota internetmu cepat habis, aktifkan “When connected to WiFi” saja.
  • Akan tetapi, jika kamu ingin menyimpan media kapan saja meskipun tanpa sinyal wifi, aktifkan juga “When Using Mobile Data”.
  • Kemudian, aturlah video kiriman siapa yang ingin kamu simpan secara otomatis. Ada 3 pilihan tersedia yaitu: chat pribadi, grup, dan channel.
  • Jika kamu hanya ingin simpan file video kiriman orang lain melalui chat pribadi, aktifkan “Private Chat”.
  • Jangan aktifkan opsi “Groups dan Channels” kalau kamu tidak ingin galerimu penuh dengan file foto dan video. Apalagi, kalau kamu tergabung di banyak grup.

Setelah menyelesaikan pengaturan ini, setiap ada orang yang mengirimimu foto dan video lewat private chat, maka file tersebut akan langsung tersimpan di galeri. Jadi, tidak perlu lagi repot menyimpannya satu per satu secara manual.

Kenapa Tidak Bisa Menyimpan Video dari Telegram?

kenapa tidak bisa menyimpan video dari Telegram

Ada kalanya kamu mungkin mengalami video dari Telegram tidak bisa tersimpan. Jangan panik, sebab ada banyak faktor yang bisa menyebabkan masalah ini. Misalnya ada masalah jaringan, memori penyimpananmu sudah penuh, atau aplikasi Telegram butuh update.

Trending:  Langkah-Langkah Cara Reset Mac agar Kembali Seperti Baru

Nah, kini kamu sudah tahu cara menyimpan video dari Telegram ke galeri. Metode mana yang kamu pilih? Manual atau otomatis? Pertimbangkan dulu kelebihan dan kekurangan metode tersebut untuk menentukan mana yang terbaik.