Beranda » Cara Cek Progres Pengiriman PMP Termudah

Cara Cek Progres Pengiriman PMP Termudah

Bgtekno.com – Cukup bingung dengan bagaimana cara cek progres pengiriman PMP? Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) saat ini menjadi beban pihak operator sekolah. Ditambah lagi aplikasinya sering terjadi eror.

Dari mulai instalasi, pengisian kuesioner, backup serta restore, hingga waktu syncronisasi yang butuh waktu berjam-jam lamanya. Sebelumnya, pengisian kuesioner itu sudah memakan waktu tak sebentar

Pasalnya responden yang perlu mengisinya bukan hanya satu orang saja. Namun beberapa responden yang terdiri dari seorang kepala sekolah, 15 orang guru, dan 3 orang komite. Apalagi, jumlah pertanyaan yang diajukan sangat banyak sekali.

Sehingga responden harus mengisinya lebih teliti. Supaya tidak malah terjadi kesalahan pengisian atau memberikan jawaban yang tak tepat. Hingga sekarang aplikasi PMP masih banyak kekurangan dan perlu pembaharuan setiap tahunnya.

Baca juga: Menyusun RPP Kelas 1 semester 2

PMP Harus Dipastikan Terkirim

Pihak yang paling disulitkan dalam pengisian PMP adalah operator sekolah yang ditunjuk sebagai admin. Khususnya yang bertugas dalam penanganan perkembangan PMP di sekolah masing-masing.

Salah satu yang perlu diperhatikan oleh operator sekolah memastikan semua data pengisian pada aplikasi PMP oleh seluruh responden sudah benar-benar terkirim. Terkirimnya ke server pusat.

Dengan begitu, baru semua data isian kuesioner PMP tadi dapat tersinkronisasi dengan baik. Jika sudah demikian, pihak sekolah akan mendapatkan rapor mutu PMP. Sebagai informasi saja, rapor PMP akan diterbitkan setiap tahun.

Trending:  Cara Simpel Ubah Video Youtube Jadi Audio Mp3 Tanpa Aplikasi

Khususnya pada sekolah-sekolah yang sudah berhasil mengirimkan data pengisian kuesioner PMP. Bagi sekolah yang telah melakukan pengisian kuesioner PMP namun belum melakukan pengiriman, rapor PMP tak akan diberikan.

Begitu juga bagi sekolah yang sudah mengirimkan tapi belum berhasil tersinkronisasi oleh server pusat. Sama saja rapor PMP tidak akan begitu saja diberikan. Maka, sangat penting untuk memastikan pengiriman data pengisian PMP ke server pusat.

Pengiriman pmp

Bgtekno.com 

Bagaimana Cara Cek Progres Pengiriman PMP?

Anda bisa jadi kurang paham tentang bagaimana cara cek progres pengiriman PMP dengan baik dan benar. Jangan khawatir, karena Anda tetap bisa mengetahui langkah-langkahnya di bawah ini. Jadi ada baiknya perhatikan sampai akhir

Buka Browser Anda Untuk Mengakses Situs

Langkah pertama tentu saja buka browser. Untuk langkah satu ini mungkin sudah Anda pahami di luar kepala. Namun, tidak ada salahnya untuk diperhatikan lagi. Jika browser sudah Anda buka, silahkan akses situs pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id

Klik Tab “Progres Data”

Jika Anda sudah mulai membuka situs resmi PMP, tunggu sebentar supaya website dapat terbuka seluruhnya. Nanti setelah berhasil terbuka seluruhnya akan muncul beberapa pilihan menu. Kali ini Anda klik saja opsi “progres data”

Muncul Halaman Baru

Saat menu “progres data” sudah Anda klik, nanti akan muncul halaman baru. Kali ini laman yang muncul tersebut adalah http://118.98.166.82:2019/progres-pengiriman.

Pilih Tahun Pendataan

Sebagai informasi pilihan data tahun pendataan dipergunakan untuk menampilkan progres pengiriman pada tahun pilihan. Maka, untuk tahap satu ini pastikan Anda mengklik tahun pendataan yang ingin dilihat hasil pengirimannya.

Klik Proses Pengiriman

Berikutnya akan muncul seluruh data wilayah “provinsi” secara urut. Urutan berdasarkan persentase pengirim terbesar hingga terkecil. Selain itu, terdiri dari beberapa jenjang seperti SD sederajat, SMP sederajat, dan SMA sederajat, klik saja “proses pengiriman”.

Trending:  Socialspy Whatsapp: Tool Sadap WA Online Terbaik 2022

Pilih Wilayah Provinsi

Langkah berikutnya Anda hanya tinggal klik salah satu provinsi. Hal ini bertujuan untuk membuka seluruh data rinciannya. Jangan lupa double klik, biasanya masih ada yang hanya satu kali klik saja, dan membuat proses jadi lambat.

Pilih Nama Kabupaten

Lanjutkan dengan memilih nama kabupaten Anda. Jangan lupa double klik, karena hanya dengan begitu semua perinciannya akan muncul.

Pilih Nama Kecamatan

Sama dengan langkah sebelumnya, kali ini Anda pilih nama kecamatan. Double klik juga jangan sampai hanya satu klik untuk mempercepat proses. Satuan pendidikan yang diurutkan dari SD, SMA, SMK, dan SMP.

Pilih Nama Sekolah

Tinggal Anda pilih nama sekolah Anda. Jangan sampai salah, pasalnya biasanya ada beberapa nama sekolah yang mungkin kelihatan mirip.

Cek Menu “Status Kirim”

Cek progres pengiriman pmp

Bgtekno.com

Terakhir, silahkan Anda cek “status kirim”. Apabila muncul tulisan “Sudah Terkirim” artinya sekolah Anda sudah berhasil mengirimkan data PMP ke server pusat. Sebaliknya jika masih kosong, artinya belum mengirimkan data tersebut.

Itu dia tadi cara mudah untuk cek progres pengiriman PMP. Pastikan ada memperhatikannya dengan baik. Dengan begitu sekolah Anda bisa mendapatkan rapor PMP dengan segera.